in

Pesona Pantai Baluk Rening Yang Begitu Eksotis

Pantai Baluk Rening
Sumber Gambar: ksmtour.com

Pantai Baluk Rening adalah salah satu objek wisata yang wajib banget untuk dikunjungi saat kamu berada di daerah Jembrana. Pantai ini tepatnya berada di Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Lokasinya berada sekitar 4 kilometer sebelah selatan jalan raya utama Denpasar – Gilimanuk.

Dari pantai ini kamu bisa melihat keindahan yang begitu menakjubkan, pegunungan Jawa Timur akan menjadi latar belakang pantai ini. Selain itu, pasir hitam dan air laut di pantai ini semakin menambah keeksotisannya. Konon katanya, pasir dan air lautnya memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit lho!

Ketahui Apa Saja Daya Tarik Pantai Baluk Rening

Sumber Gambar: Google Maps @Ben Sanjaya

Pantai Baluk Rening biasanya akan ramai dikunjungi pada saat akhir pekan maupun pada saat libur nasional. Untuk kamu yang tidak begitu menyukai keramaian namun penasaran dengan keindahan Baluk Rening bisa mengunjunginya pada saat hari-hari biasa. Kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam disini dengan tenang dan nyaman.

Objek wisata Baluk Rening menyuguhkan hamparan laut biru, pantai pasir hitam, tebing-tebing indah serta deretan pohon nyiut berpadu indah menyuguhkan pemandangan eksotik. Dengan nuansa alami dan menyegarkan akan membuat pikiran kembali fresh. Berikut ini beberapa daya tarik lain yang dimiliki oleh Pantai Beluk Rening.

  • Spot Terbaik Untuk Menikmati Sunset

Sumber Gambar: Google Maps @Devi Jayanti

Selain memiliki pemandangan pegunungan Jawa Timur yang tampak menjulang dengan gagah, pantai ini akan menyuguhkan pemandangan sunset atau matahari terbenam yang sangat memukau. Waktu terbaik untuk mengunjungi Baluk Rening adalah sore hari.

Menikmati keindahan momen matahari terbenam akan menjadi waktu terbaik. Perpaduan antara pemandangan sekitar dan sunset akan sangat terasa sempurna. Jadi, jangan heran jika banyak wisatawan yang berkunjung pada sore hari.

  • Menjadi Tempat Rekreasi Sekaligus Berobat

Sumber Gambar: Google Maps @IDHOFI IZZ

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika pasir dan air laut di Baluk Rening konon memiliki manfaat untuk bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Hal inilah yang membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi. Beberapa memanfaatkan pantai ini sebagai sarana rekreasi sekaligus berobat.

Tidak semua penyakit bisa disembuhkan di pantai ini, beberapa penyakit yang dipercaya bisa disembuhkan seperti penyakit kulit, rematik dan asam urat. Caranya cukup sederhana dengan ditimbun pasir dan berendam di air laut.

  • Fasilitas Yang Lengkap dan Memadai

Sumber Gambar: Google Maps @sulung budi

Untuk membuat pengunjung semakin betah dan nyaman, pengelola pantai telah memberikan fasilitas yang sudah lengkap dan memadai. Mulai dari penginapan, restoran, café, area parkir, toilet, hingga tempat beribadah. Semua fasilitas ini disediakan dengan optimal. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menjumpai warung-warung kecil penjual makanan. Untuk kamu yang berencana liburan dengan budget hemat bisa memanfaatkan pedagang-pedagang kaki lima.

  • Dihiasi Tanggul-tanggul Yang Dibangun Dengan Cantik

Sumber Gambar: Google Maps @Ben Sanjaya

Baluk Rening sebenarnya merupakan salah satu pantai di Bali dengan ombak yang tidak seberapa tinggi. Namun adakalanya pada bulan-bulan tertentu gelombang laut akan sangat tinggi. Karena sering terjadi abrasi air laut, tanggul-tanggul dibangun di bagian pesisir guna menanggulangi terjadinya abrasi.

Meskipun demikian, tanggul-tanggul yang dibangun tidak akan mengurangi keindahan Baluk Rening. Sebab tanggul dibuat dari batuan alami yang kian memberi kesan indah pada pantai ini. Bagian yang diberi tanggul juga menjadi spot foto terbaik incaran para wisatawan untuk mengabadikan momen.

  • Akses Menuju Pantai Yang Mudah

Akses menuju Baluk Rening yang mudah semakin membuat pantai ini menjadi favorit bagi wisatawan lokal. Tak perlu melewati jalan yang sulit, kamu akan bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Jika kamu berangkat dari Denpasar, waktu yang akan dibutuhkan setidaknya adalah 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 105 kilometer. Sedangkan jika dari Pelabuhan Gilimanuk sekitar 30 menit dengan jarak hanya 30 kilometer.

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Baluk Rening, kamu bisa mengunjungi objek wisata lain yang ada di Kawasan Bali Barat. Beberapa objek wisata yang berdekatan dengan Baluk Rening seperti Bendungan Palasari, Pantai Medewi, Pantai Perancak, dan Taman Nasional Bali Barat.

Itu dia beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Baluk Rening. Bersantai di pinggir pantai sembari menikmati es kelapa muda dengan pemandangan matahari terbenam atau sunset merupakan pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan. Jadi, kapan giliranmu untuk membuktikannya?

Geomedia - JFK 2022