in

Pasar Burung Satria di Denpasar Utara – Bak Kebun Binatang Mini

Sumber Gambar: Google Maps @Thomas
Ketika liburan sekolah tiba mungkin bagi kamu yang sudah memiliki buah hati akan nampak sedikit kerepotan akibat memikirkan destinasi wisata mana yang akan di datangi untuk mengisi waktu libur bersama si kecil. Salah satu tujuan wisata yang banyak di datangi dengan membawa si kecil biasanya adalah kebun binatang, kebun buah atau mungkin arena bermain di dalam sebuah pusat perbelanjaan (mall). Mengisi liburan bersama anak pastinya harus ke tempat – tempat yang ramah anak dan setidaknya ada wawasan atau ilmu yang akan di dapatkan oleh anak selepas pulang dari tempat wisata tersebut.
Kali ini Wisato.id akan mengajak kamu mengulas sebuah tempat yang dapat kamu kunjungi saat bersama si kecil bahkan untuk kamu para pecinta hewan khususnya burung pastinya salah satu sudut di kota Bali ini tak boleh terlewatkan. Tempat ini adalah sebuah pasar hewan khususnya burung yang dikenal dengan Pasar Burung Satria. Yuk, simak ulasan mengenai Pasar Burung Satria berikut ini!

Pasar Burung Satria

Sumber Gambar: denpasarkota.go.id
Mengajak si kecil melihat berbagai jenis hewan khususnya jenis burung di Pasar Burung Satria nampaknya bisa jadi pilihan yang baik. Apalagi untuk kamu para pecinta  burung pastinya ingin mengunjungi pasar hewan terbesar di Bali tepatnya berada di Denpasar. Pasar yang sudah berdiri sejak 1980 an ini banyak di datangi pecinta hewan yang ingin membeli hewan yang pastinya untuk tujuan di pelihara.
Pasar burung terbesar di Bali ini awalnya tak langsung berdiri dengan seleluasa seperti sekarang, dulunya pasar ini hanya memiliki luas sekitar 6 x 15 meter saja dengan jumlah penjual yang bisa dihitung jari dan jenis burung yang dijual saat itu juga tak banyak.
Sumber Gambar: baliexpress.jawapos.com
Selama di pasar ini kamu tak akan merasa seperti di pasar hewan namun justru seperti di sebuah kebun binatang mini karena kamu bisa menemui berbagai jenis hewan lainnya disana selain berbagai jenis burung. Untuk jenis burung yang bisa kamu lihat di Pasar Burung Satria misalnya burung cucakrowo, burung robin, burung jalak keling, burung pipit, burung perkutut hingga burung langka lainnya dan burung yang berasal dari luar Pulau Bali.
Untuk harga burung disana tak begitu mahal semuanya sesuai dengan jenis dan keunikan yang dimiliki burung tersebut misalnya bila burungnya langka, kicauannya bagus dan warna nya cantik maka dipatok harga jutaan rupiah. Harga umum di pasar burung ini dimulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta dan pastinya kondisi burung disini sehat – sehat.
Salah satu contoh jenis burung dan harganya yakni burung cendet muda hutan dengan harga mulai dari Rp 125.000, burung punai dengan harga mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 100.000, burung ciung batu dengan harga mulai Rp 450.000, burung murai batu berkisar dari Rp 4.000.000 dan masih banyak lagi.
Buat kamu yang tak begitu suka dengan burung kamu bisa melihat berbagai hewan lainnya di pasar ini misalnya berbagai jenis ayam, reptil, anjing, marmut, hamster, kelinci, ikan hias dan masih banyak lagi. Harga yang di bandrol untuk hewan selain burung juga tak begitu mahal karena semuanya sesuai dengan jenis dan ukuran serta keunikan hewan tersebut misalnya ayam kalkun yang dijual seharga Rp 1.000.000, ayam cemani atau ayam hitam dengan harga mulai dari Rp 1.200.000, aneka ikan hias mulai dari Rp 5.000 hingga ratusan ribu dan masih banyak lagi.
Seperti pasar pada umumnya, di pasar burung ini juga kamu bisa menawar harga hingga akhirnya penjual memberi harga terbaik untukmu. Biasanya 1 kios pedagang bisa menjual hingga ratusan ekor burung dengan berbagai macam jenis ditambah juga dengan hewan lainnya walau tak sebanyak jumlah burung. Disini juga tersedia kios yang menjual berbagai perlengkapan untuk hewan peliharaan mulai dari sangkar, akuarium, makanan hewan, multivitamin khusus hewan hingga aksesoris untuk hewan.
Bila kamu sengaja membawa si kecil ke pasar burung ini jangan lupa untuk memberi sedikit ilmu kepadanya mengenai jenis hewan yang ia jumpai disini atau bila memungkinkan kamu bisa membelikan si kecil sebuah hewan lucu untuk ia pelihara di rumah. Fasilitas umum di pasar ini cukup baik misalnya adanya toilet umum dan lahir parkir yang cukup luas untuk mobil dan motor. Tenang saja, untuk masuk ke area pasar ini sama sekali tak dipungut biaya apapun, kamu cukup menyiapkan uang parkir kendaraan saja biasanya sebesar Rp 2.000.
Sedikit tips untuk kamu bila mau berkunjung kesini baiknya datang di pagi hari agar bisa melihat – lihat dengan leluasa dan kondisi pasar juga tak begitu ramai saat pagi lalu pastikan kamu memakai masker karena bau menyengat dari kotoran berbagai hewan tercium sangat kencang.

Rute ke Pasar Burung Satria

Lokasi pasar ini berada tepat di pinggir jalan raya yaitu di Jl. Veteran no. 66, Denpasar Utara. Bila kamu memulai perjalanan dari Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai maka hanya sekitar 25 km saja atau setara dengan 25 menit, lokasinya tak jauh dari Puri Agung Denpasar dan Satria Art Space.