OUR NETWORK

Pesona Piramida Waterfall Air Terjun Sarasah Padang

Sumber Gambar: kompasiana.com

Air Terjun Sarasah adalah sebuah air terjun yang mempunyai bentuk yang sangat unik. Dengan keunikan tersebut menjadi ciri khas dari air terjun yang terletak di Padang, Sumatera Barat ini.

Lokasi Air Terjun Sarasah

Letak dari air terjun unik ini berada di tepi kota Padang, tepatnya berada di Jl Koto Baru, Indarung, Kec Pauh, Padang. Karena masih berada di dalam satu kawasan dengan kota Padang, akses menuju ke lokasi wisata cukup mudah.

Terlebih lagi Air Terjun Sarasah juga dekat dengan jalan raya. Hal ini membuat destinasi wisata iki mendukung akses dengan alat transportasi umum. Meskipun dapat dijangkau dengan alat transportasi umum, sayangnya jalur BRT Padang tidak melakukan jalan Koto Baru. Sehingga akomodasi transportasi mungkin cukup menguras dompet.

Oleh karena itu, lebih baik gunakan alat kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah Sumatera Barat, tidak perlu khawatir tentang alat kendaraan pribadi. Sebab di kota padang terdapat puluhan jasa sewa mobil / motor, baik merupakan pelayanan hotel maupun luar hotel.

Rute Menuju Ke Lokasi Air Terjun Sarasah

Waktu perjalanan yang akan ditempuh dari pusat kota Padang menuju ke Air Terjun Sarasah cukup singkat, hanya selama ±40 menit. Jalur yang sebaiknya diambil adalah jalan Padang Bundar – Padang Besi. Selama perjalanan di jalur raya Padang, akan menjumpai persimpangan Sekoteng & Bandrek Simpang Gadut. Tempat tersebut adalah sebuah rumah makan kecil.

Sumber Gambar: travel.detik.com

Sesudah sampai di persimpangan tersebut, ambil jalan masuk yang terdapat di depan rumah makan. Jalan tersebut adalah jalan raya Gadut / Gaduik. Kemudian telusuri saja jalan tersebut tanpa henti. Jalan Raya Gadut satu jalur dengan jalan raya Koto Baru yang menjadi lokasi Air Terjun Sarasah. Sehingga telusuri saja jalan tersebut hingga sampai di destinasi.

Rute Tracking Menuju Ke Lokasi Air Terjun Sarasah

Setelah sampai di lokasi air terjun, selanjutnya harus melakukan tracking selama ±30 untuk mencapai ke lokasi air terjun. Akses tracking di Air Terjun Sarasah tidak terlalu bahaya dan curam. Namun karena hanya merupakan jalan setapak, jalur tracking menjadi cukup licin. Apalagi pada musim penghujan, jalan setapak bukan hanya licin namun juga penuh dengan lumpur.

Sumber Gambar: rentalmobilpadang.co.id

Untuk mendapatkan jalur tracking yang cukup baik, sebaiknya kunjungi destinasi wisata ini pada musim kemarau. Pada musim kemarau bukan hanya sekedar mempunyai jalan setapak yang baik, tetapi kondisi air di Serasah waterfall tidak begitu dingin. Sehingga sangat menyenangkan jika digunakan untuk berendam serta berenang.

Harga Tiket Masuk Menuju Ke Lokasi Air Terjun Sarasah

Di destinasi wisata air terjun ini terdapat biaya kontribusi tiket masuk dan parkir. Biaya kontribusi tiket masuk Air Terjun Sarasah adalah sebesar 5.000 IDR per orang. Lalu bagi yang menggunakan kendaraan pribadi harus membayar biaya kontribusi parkir. Tarif untuk parkir motor sebesar 10.000 IDR. Sedangkan untuk parkir mobil sebesar 20.000 IDR.

Pesona Air Terjun Sarasah

Sumber Gambar: kompasiana.com

Air Terjun Sarasah ini mempunyai bentuk bertingkat, jadi nampak seperti sebuah piramida yang diguyur dengan air. Kondisi aliran air terjun yang berbentuk piramida tersebut yang menjadi ciri khas dari air terjun ini sekaligus menjadi daya tarik utama.

Jumlah tingkatan pada air terjun ini yaitu 7 buah tingkatan / layer. Tinggi masing – masing air terjun juga berbeda – beda. Pada setiap layer terdapat jalur masing – masing yang menghubungkan ke tingkat tersebut. Sebagian besar dari jalur tersebut mempunyai jalan setapak yang didominasi dengan bebatuan.

Sumber Gambar: portalwisata.co.id

Layer air terjun pertama dan kedua mempunyai ukuran setinggi ±15 meter. Tepat di bawah arus air terjun layer kedua terdapat sebuah kolam. Kolam pada layer ini tidak begitu luas dan tidak begitu dangkal, sehingga dapat digunakan pengunjung untuk berendam. Sedangkan untuk layer pertama tidak terdapat kolam.

Pada layer ketiga setinggi ±2 meter. Pada layer ini juga mempunyai kolam yang dapat digunakan untuk berenang. Dari arah air terjun layer ketiga dapat menyaksikan view sebagian kota Padang. Sedangkan pada layer keempat mempunyai tinggi sebesar ±1,5 meter. Pada layer ini tidak terdapat kolam, hanya saja terdapat sebuah sekat sebagai pembatas dengan layer yang kelima.

Untuk layer yang kelima adalah layer paling tinggi diantara layer lain, dengan ukuran tinggi sebesar ±5 meter. Kondisi layer ini hampir sama dengan layer yang keempat yang tidak terdapat kolam. Hanya saja aliran air pada layer yang kelima terbelah menjadi 2. Sehingga seolah – olah membentuk seperti air terjun kembar.

Sumber Gambar: Youtube @Mulyadi Sianturi

Sementara itu pada layer yang keenam mempunyai tinggi sebesar ±4 meter. Pada layer ini juga mempunyai kolam. Kondisi kolam pada layer ini paling istimewa dari kolam lain. Sebab air kolam nampak berwarna hijau tosca.

Walaupun kolam pada layer yang keenam adalah istimewa, tetapi kolam tersebut merupakan kolam yang paling dalam. Besar kedalaman kolam ini mencapai ±2 meter. Sehingga bagi yang tidak pandai berenang sebaiknya gunakan ban.

Tingkat layer yang terakhir / ketujuh hanya mempunyai tinggi kurang dari 1 meter. Tingkat yang terakhir ini adalah tingkat yang paling rendah. Namun pada layer terakhir mempunyai view yang paling mempesona dari layer lain.

Sumber Gambar: Google Maps @Manish Bhansali

Pada tingkat yang terakhir ini dapat menyaksikan seluruh pesona Kota padang. Walaupun pada layer yang ketiga dapat menyaksikan view kota Padang, namun hanya sebagian saja. Sedangkan pada layer ketujuh view dari kota Padang yang terlihat jauh lebih kompleks.

Layer yang terakhir ini juga mempunyai kolam. Kondisi kolam pun tidak begitu dalam, hanya sekitar ±1,5 meter. Suasana berendam kolam layer yang paling atas cukup istimewa. Meskipun kondisi kolam tidak seindah kolam layer keenam.

Dari kolam layer ketujuh, juga dapat menyaksikan view Kota Padang. Sehingga pada kolam tersebut sangat sempurna untuk bersantai sambil menikmati panorama kota Padang. Di samping pesona air terjun, terdapat sebuah batu besar yang dapat digunakan untuk Free cliff jumping. Batu besar tersebut tidak begitu tinggi dan mudah untuk didaki.

Fasilitas Di Air Terjun Sarasah

Sumber Gambar: google Mpas @August Deswan

Fasilitas yang tersedia di destinasi wisata alam ini tidak begitu kompleks. Hanya saja fasilitas yang tersedia sangat standar. Setidaknya fasilitas tersebut cukup berguna bagi semua pengunjung yang ada.

Di destinasi wisata ini telah tersedia spot foto. Jumlah dari spot yang tersedia cukup minim, sehingga harus menunggu giliran dengan yang lain. Spot tersebut adalah sebuah bangku yang dibelakang terdapat hiasan love gate.

Untuk fasilitas lain yang tersedia hanya berupa fasilitas umum, seperti tempat parkir, toilet, tempat ibadah dan beberapa warung kelontong dengan didominasi kuliner khas kota Padang.

Meskipun fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Air Terjun Sarasah cukup minim, hal tersebut tidak begitu dipermasalahkan oleh pengunjung. Sebab dari air terjun merupakan fasilitas utama dari destinasi wisata alam tersebut.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…