From Korea With Love Concert

Pulau Asok, Pulau Cantik Bak Surga Di Tanah Serambi Mekkah

Traveler, bila kamu merasa lelah setelah sibuk bekerja dari Senin sampai Jumat ini waktunya ketika weekend tiba kamu harus beristirahat dan melupakan pekerjaan mu sebentar. Berkunjung ke sebuah pulau nampak seru ya!
Setelah kamu sibuk melakukan banyak aktivitas diluar maupun di dalam kantor maka kali ini Wisato.id menyarankan kamu untuk pergi sejenak berlibur ke sebuah pulau. Khusus bagi kamu yang berdomisili di Aceh nampaknya akan senang membaca ulasan Wisato.id kali ini.
Salah satu pulau yang layak kamu kunjungi adalah Pulau Asok yang terletak di Aceh Singkil tepatnya di Kepulauan Banyak.

Mengenal Pulau Banyak

Kepulauan Banyak terletak di Kabupaten Aceh Singkil. Kabupaten ini terletak di sebelah barat Indonesia. Tak heran bila Aceh Singkil dikatakan sebagai salah satu surga wisata di Indonesia karena disini banyak sekali wisata bahari yang masih alami mulai dari pasirnya, air lautnya bahkan udaranya.

Sumber Gambar: Google Maps @Zulfikar Coet

Kepulauan Banyak sendiri sebenarnya adalah sebuah kecamatan yang memiliki banyak gugusan pulau dan rata – rata gugusan pulau tersebut memiliki hamparan pasir putih dan kini sudah dijadikan tempat berwisata. Dari sekian banyak gugusan pulau yang dimiliki Kepulauan Banyak salah satu yang menjadi favorit bagi wisatawan kini adalah Pulau Asok.

Keindahan Pulau Asok

Sumber Gambar: kepulauanbanyak.com

Pulau Asok adalah salah satu gugusan dari Kepulauan Banyak yang tidak berpenghuni. Di pulau ini sungguh sangat membuat mata terpana. Jelas betul terlihat amparan pasir putih yang lembut dan air laut yang biru kehijauan sangat jernih hingga kita bisa melihat isi dalam laut tersebut seperti biota laut dan terumbu karang. Pulau ini tidak terlalu besar, ia memanjang dari utara ke selatan.
- Advertisement - From Korea With Love Concert

Ketika kamu berada di Pulau Asok ini kamu dapat melakukan berbagai kegiatan misalnya :

  • Snorkeling

Sumber Gambar: Google Maps @ Pohan

Karena air lautnya yang sangat bening dan bersih maka ber – snorkeling adalah salah satu kegiatan yang harus kamu lakukan disini. Selama ber snorkeling kamu pasti merasa senang karena melihat biota laut yang banyak terdapat disana. Pastikan kamu membawa peralatan lengkap karena di Pulau Asok tidak ada tempat yang menyewakan perlengkapannya.
  • Bermain pasir

Sumber Gambar: kepulauanbanyak.com

Liburan di Pulau Asok cocok sekali bila kamu membawa si kecil karena si kecil akan merasa senang bermain pasir di tepi pantai tanpa cemas karena ombak di pulau ini tidak tinggi. Pastikan kamu menyiapkan peralatan main dan baju ganti untuk si kecil ya!
  • Mendirikan tenda atau hammock

Sumber Gambar: readers.id

Berbeda dari beberapa pulau lain di Kepulauan Banyak yang sudah dibangun resort atau penginapan kalau di Pulau Asok ini kamu hanya bisa bermalam di tepian laut. Kamu cukup membawa tenda sendiri serta alat masak dan stock makanan. Kamu bisa membuat api unggun untuk penerangan pada malam hari. Namun jika kamu memilih untuk bersantai saja kamu dapat memasang hammock di batang – batang pohon rindang yang berdiri di pulau ini.
  • Hunting foto

Sumber Gambar: travel.detik.com

Walau pulau ini tak terlalu luas tetapi pemandangan yang ditawarkan sangat priceless. Kamu harus siap sedia kamera selama berada disini. Tiap sisi dari pulau ini sungguh indah dan sayang jika kamu tidak menjepret nya sebagai kenang – kenangan.
  • Island Hopping
Dalam bahasa Indonesia, Island hopping artinya meloncat dari satu pulau ke pulau lainnya. Kegiatan Island Hopping cocok sekali kamu lakukan selama berada di Kepulauan Banyak. Misalnya bila kamu sudah sampai di Pulau Asok dan sudah selesai menikmatinya kamu bisa melanjutkan perjalanan mengunjungi pulau – pulau lainnya dengan menyewa boat.
Pastikan kamu memulai perjalanan dari pagi hari agar kamu merasa puas ketika Island Hopping.

Bagaimana Cara Menuju Ke Pulau Asok

Bagi kamu yang ingin perjalanan tanpa ribet dan mudah maka kamu bisa menggunakan jasa tour yang banyak tersedia via online. Banyak sekali jasa tour yang membuka open trip menuju Kepulauan Banyak. Pada umumnya trip yang ditawarkan ini berkisar 3 hari 2 malam. Dengan tour ini kamu akan dijamin perjalanannya.
Tak hanya mengunjungi Pulau Asok tapi juga pulau – pulau lain yang terdapat di Kepulauan Banyak. Mulai dari proses antar – jemput, penyewaan boat, penyewaan snorkeling set, dokumentasi, kegiatan selama 3 hari 2 malam, makan sampai tempat penginapan semuanya akan diatur oleh jasa tour tersebut dan kamu bisa menegosiasikan keinginan mu jika ada kegiatan yang kurang berkenan.
Range harga trip bervariasi dimulai dari Rp 850.000 / orang jika kamu datang bersama rombongan hingga Rp 3.000.000 / orang jika kamu datang hanya sendiri atau sebanyak-banyaknya 5 orang.  Namun harga trip biasanya bervariasi tergantung banyaknya pulau yang kamu kunjungi dan kegiatan yang akan dilakukan dalam 1 paket tersebut.
Jika kamu lebih memilih perjalanan santai tanpa ada jadwal kegiatan yang diatur maka kamu dapat memulai perjalanan dari Pelabuhan Ferry Singkil. Di pelabuhan ini kamu harus memastikan bahwa kamu menaiki kapal yang menuju ke Pulau Balai. Perjalanan yang akan kamu tempuh sampai ke Pulau Balai kurang lebih 4jam dengan ongkos yang dipatok rata – rata Rp 30.000 saja.
Setibanya di Pulau Balai kamu harus melanjutkan perjalanan menggunakan kapal
menuju Pulau Asok. Tak perlu khawatir, para penyedia jasa sewa boat sudah paham dan hafal rute menuju Pulau Asok kamu cukup memberitahu mereka jam berapa kamu perlu dijemput kembali dari Pulau Asok.
Yuk segera kosongkan jadwal mu untuk liburan di Pulau Asok!
From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.