OUR NETWORK

Pulau Bira, Bagian Dari Pulau Seribu yang Mempesona Mata

Keindahan alam Kepulauan Seribu memang tidak ada duanya. Dimana, ada banyak pulau yang bisa dijelajahi yang memiliki keindahan dan panorama berbeda-beda. Seperti halnya, saat kamu berkunjung ke Pulau Bira, surga tersembunyi yang menjadi favorit wisatawan menghabiskan waktu di akhir pekan.

Mengenal Pulau Bira

Sumber: Instagram @agnanya

Kawasan Pulau Bira sendiri terbagi menjadi dua bagian. Ada yang besar dan juga ada yang kecil. Dengan total luasnya mencapai 29,5 hektar. 

Konon dahulu di kawasan ini di bangun sebuah resort pribadi yang dilengkapi dengan lapangan golf dan kolam renang. Tetapi, entah mengapa resort ini tiba-tiba tutup. Semenjak itu, Pulau Bira mulai dipegang tata kelolanya oleh pemerintah kota. Menariknya, lapangan golf dan kolam renang jejaknya masih ada walaupun, sudah lama tidak digunakan dan terlihat usang, tak terawat 

Keindahan Pulau Bira

Kawasan Pulau Bira Besar menjadi tempat favorit untuk melepas penat. Jalan-jalan sore di pinggir pantai yang luas dengan butiran pasirnya yang halus menjadi kesukaan wisatawan. Apalagi, senja yang dihadirkan membuat kamu lupa diri. Seakan momen indah ini akan berjalan dalam waktu yang lama.

Sumber: Instagram @spiderio

Salah satu aktivitas yang tidak boleh ditinggalkan adalah diving dan snorkeling. Kegiatan wajib yang harus kamu lakukan disini. Karena, bawah laut adalah surga sesungguhnya. Potensi wisata yang akan terus dikembangkan oleh pihak pengelola pulau Bira.

Sumber: Instagram @icoco23

Tetapi, ada satu yang harus kamu perhatikan sebelum masuk ke dalam. Keberadaan, bulu babi yang begitu banyak. Bila terkena bulunya efek gatal dan bisa juga menyebabkan demam hingga beberapa hari. Jadi, perhatikan benar ya. Walaupun, kalau dilihat binatang ini lucu namun, menakutkan.

Kalau berkunjung ke Pulau Bira kamu wajib menginap. Karena, keindahan malamnya tidak kalah cantik dengan senjanya. Bintang-bintang dilangit menjadi suguhan romantis yang akan selalu terkenang dalam benak..

Sumber: Instagram @santilim1990

Keindahan lain dari Pulau Bira adalah suasana nyaman saat duduk di atas tikar. Kalau beruntung, kamu bisa melihat lumba-lumba yang berkeliaran kesana-kemari dan sedang mencari makan.

Kamu tidak perlu takut soal penginapan, karena ada banyak hotel, resort, fasilitas berbintang yang siap memanjakan kamu. Rasa-rasanya nggak mau pulang cepat dan ingin selamanya menikmati semua fasilitas yang disediakan. Tidak hanya berkonsep mewah saja, liburan hemat juga bisa terasa menyenangkan dengan camping mendirikan tenda. Mencari kayu-kayu kecil menghidupkan api unggun, makan dengan ikan hasil tangkapan memancing juga bisa mengundang keseruan lain.

Hanya saja, untuk keperluan tenda kamu perlu membawa sendiri dari rumah. Karena disini belum menyediakannya. Keunggulan lain dari camping adalah kamu bisa merasakan ombak yang berderu setiap malam.

Mitos

Bukan Indonesia namanya kalau setiap lokasinya tidak berbau dengan mitos. Salah satunya adalah sebuah mercusuar yang mempunyai tinggi 42 meter yang didirikan pada tahun 1869.

Kamu bisa naik kesana dan melihat pulau ini dari atas ketinggian. Tetapi, kamu tidak boleh takut kalau saat datang kamu akan disambut dengan keluarga Belanda yang kadang sering muncul dan suara-suara aneh.

Tips Mengunjungi Pulau Bira

 

Nah, ada beberapa tips seru yang bisa kamu lakukan jika ingin menikmati keindahan kawasan ini. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berangkatlah pada pagi hari. Karena, kamu bisa puas menjelajah seluruh kawasan.

Pilihlah, angkutan kapal tongkang atau ferry. Selain, harganya lebih murah dua kapal tersebut mampu menampung lebih banyak orang. Waktu yang ditempuh memang lama. Tetapi, perjalanan dari jakarta menuju ke pulau mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Sumber: Instagram @ronnyarmando

Sehingga, kalau kamu memilih menggunakan speedboat rasanya kurang puas menikmati berbagai gugusannya. Jangan lupa bawa bekal secukupnya. Kecuali, bila kamu ingin camping disini. Beban yang berat akan mempengaruhi langkahmu untuk berjalan.

Jangan lupa bawa foto, baterai cadangan dan power bank. Karena, disini listrik belum terlalu ramah. Kecuali, bagi kamu yang ingin menginap di hotel atau resort. Mereka sudah menyediakan fasilitas colokan listrik.

Kesimpulan

Keindahan Pulau Bira memang menyajikan kesan yang berbeda dari pulau lainnya. Panoramanya yang elegan membuat kamu tidak akan rugi mengeluarkan uang banyak dan berlibur mewah disini. Jadi, kapan kamu mau pergi ke Pulau Bira?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…