OUR NETWORK

Curug Cikotak, Tempat Santai Paling Nyaman di Serang

Serang merupakan bagian dari Banten yang mempunyai berbagai macam keindahan yang sangat lengkap. Mulai dari pantainya, gunung, air terjun, bahkan sampai ke kulinernya sekalipun Serang tetap menjadi idaman. Kali ini, kita akan mengunjungi objek wisata Curug Cikotak yang konon lokasinya seperti tempat mandi para bidadari.

Mengenal Curug Cikotak

Curug Cikotak mempunyai tinggi kurang lebih 40 meter. Dengan tebing dan pepohonan yang tumbuh di sampingnya. Debitnya cukup deras dan adanya kolam alami yang sangat jernih. Waktu terbaik mengunjungi curug ini adalah saat musim pancaroba. Karena, di musim penghujan air cenderung menjadi keruh.

Sumber: Instagram @qodratj

Hal yang paling menarik saat kamu datang kesini adalah duduk di bebatuan sembari menikmati kopi dan mie instan. Sungguh, surga dunia yang tidak akan pernah bisa kamu lupakan. Tetapi, jangan sampai buang sampah sembarangan ya. Ingat, alam juga perlu dijaga dan dirawat agar tetap lestari sampai nanti.

Menuju ke tempat ini lebih baik sebelum jam 3 sore. Karena, kalau kamu datang sekitar pukul 4 dengan perjalanan pulang pergi mencapai 50 menit kamu tidak akan puas. Lepas dari jam 5 sore suasana akan tampak gelap. Rasanya teramat berbahaya kalau malam-malam masih berjalan ke arah kampung.

Perjalanan Menuju Ke Sana

 

Curug Cikotak terletak di Kampung Cikotak, Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten. Menuju ke lokasi kamu harus memacu kendaraanmu menuju Kampung Cikotak terlebih dahulu.

Kawasan ini berjarak kurang lebih 1 kilometer dari Alun-Alun Kota Serang. Atau memakan waktu kurang lebih 10 menit sampai 20 menit. Jalan yang dilalui memang cukup mengesankan. Disana, kamu sudah ditunggu dengan lahan parkir yang cukup luas. Bisa menampung puluhan motor sekaligus. Setelah itu, kamu harus berjalan kurang lebih 20 menit. Trek yang harus kamu lalui adalah perbukitan dengan kontur naik turun.

Jadi, jangan dipaksakan kalau lelah istirahat dan ambil nafas. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Harga tiket masuknya sendiri Rp10 ribu dan untuk parkir juga dikenakan Rp10 ribu untuk kendaraan bermotor. Serta Rp15 ribu bagi kamu yang naik mobil.

Panorama Curug Cikotak

Sumber: Instagram @billy.widjaja

Sepanjang perjalanan kamu pasti tidak akan menemukan kesulitan, karena tinggal lurus saja mengikuti jalan setapak. Selama perjalanan kamu akan menemukan jembatan kayu yang dinamakan PDKT. Untuk menyamarkan rasa lelah, penduduk sekitar sudah menempatkan beberapa tulisan lucu dan yang viral. Jadi, perjalananmu semakin berkesan dengan tawa kecil setelah membacanya.

Di antara jalan setapak kamu juga bisa melihat tempat duduk yang sudah disediakan apalagi, bagi mereka yang ingin beristirahat. Bila kamu beruntung, kamu bisa mendengar suara burung-burung yang berkicau disini. Suaranya nyaring dan merdu seperti nyanyian alam.

 

Sesampainya di titik lokasi, kamu sudah disuguhkan dengan air yang sangat jernih. Dibawah guyuran nya ada kolam alami yang bisa kamu manfaatkan untuk berenang. Di tengah-tengah kamu bisa melihat betapa jernih dan birunya air ini. Dingin memang, tetapi sangat segar apalagi, kalau kamu datang saat siang hari.

Spot-spot cantik juga sudah menunggumu disini. Bebatuan yang besar dan kecil bisa dijadikan sebuah bahan foto. Suasananya yang sangat asri membuat kamu pasti betah berlama-lama disini.

Sumber: Instagram @raflihardianto

Menariknya disini, bila saat malam tahun baru tiba, curug ini menjadi yang paling banyak dikunjungi. Biasanya dari siang sampai sore banyak wisatawan yang mandi dan bermain air atau juga berendam. Ada pula yang duduk diatas ranting pohon dan melihat kawasan ini dari sudut yang lain.

Mau memacu adrenalin, kamu bisa juga melakukan cliff jumping. Dengan syarat kondisi curug sedang sepi, karena kondisi air yang paling dalam ada di tengah. Tetapi, kalau kamu datang saat musim penghujan jangan sekali-kali masuk kedalamnya ya, karena luapan air terjun yang melimpah menjadi banjir dan membahayakan keselamatan kamu.

Kesimpulan

Curug Cikotak adalah satu dari beberapa bagian keindahan yang dimiliki oleh Serang. Kesejukan, kedamaian, dan ketenangannya memang sudah bisa kamu rasakan saat memasuki areanya. Bagi kamu yang bingung memilih tempat liburan, tidak ada salahnya lho, untuk berkunjung ke sini.

Comments

Loading...