OUR NETWORK

Pesona Pulau Sangiang Serang – Banten yang Siap Membuat Anda Selalu Terngiang-Ngiang

Pulau Sangiang  merupakan sebuah pulau kecil yang berada di ujung barat Pulau Jawa. Tepatnya di Selat Sunda yang memisahkan antara Pulau Sumatera dan Jawa. Dulunya pulau ini adalah cagar alam dengan luas 700,35 HA, kemudian pada tahun 1991 menjadi wisata perairan dengan total luas 720 HA.

Sumber: Instagram @divanyalf

Pulau Sangiang memiliki daya tarik tersendiri khususnya bagi para pekerja Jakarta. Lokasinya yang tidak terlalu jauh ibukota sangatlah cocok untuk anda yang mencari liburan menyenangkan tapi tidak ingin bepergian jauh.

Dengan luas tersebut Pulau Sangiang menyimpan berbagai pesona keindahan yang bisa menghipnotis siapapun yang mengunjunginya. Mulai dari panorama pantai dengan pasir putih sampai dengan rimbunnnya vegetasi hutan bakau yang masih terjaga.

Sumber: Instagram @explorebantentravel

Tidak perlu berlama-lama lagi, inilah potret dan segala hal menarik tentang Pulau Sangiang  yang siap membuat anda terngiang-ngiang dengan pesonanya, check this out.

Trekking di Atas Bukit

Sumber: Instagram @afierda

Pada dasarnya wisatawan yang berlibur ke pulau ini ingin menikmati pemandangan alam dari ketinggian. Ya, di Pulau Sangiang  terdapat beberapa bukit, maka aktivitas yang sering dilakukan adalah trekking ke atas bukit sambil bersantai dipuncaknya.

Sumber: Instagram @giopanimalik

Walaupun jalur trekking disini terbilang sudah cukup baik, namun anda tetaplah harus hati-hati sebab cukup terjal dan licin. Di atas puncak bukit itulah anda bisa melihat ombak yang menyapu garis pantai. Sungguh pemandangan yang begitu memanjakan mata.

Spot Snorkeling Terindah

Sumber: Instagram @exploresangiang-

Bagi anda pecinta snorkeling, lakukanlah di Pulau Sangiang . Kenapa? Sebab terumbu karang di pulau ini masing sangat bagus. Biota laut yang bisa anda jumpai salah satu diantaranya adalah sekumpulan ikan nemo. Ikan badut lucu dengan warna merah menyala tersebut akan menemani anda selama snorkeling.

Sumber: Instagram @exploresangiang

Aktivitas snorkeling  ini bisa anda lakukan di sekitar Tanjung Raden. Sst … ketika menyelam anda juga akan menemukan spot unik, yaitu container yang hanyut dan terbawa arus. Keren, kan? Ini tidak kalah menarik dibandingkan dengan tulamben yang punya spot kapal karam.

Oh, ya, sebagai saran jika anda membawa sunblock atau pun sunscreen guna melindungi kulit dari sengatan matahari, sebaiknya jangan mengoleskannya ketika anda melakukan snorkeling, karena kandungan bahannya bisa menjadi polusi dan sumber yang mampu merusak ekosistem bawah laut.

Sekaligus Berwisata Sejarah

Sumber: Instagram @taniarasidi

Selain berwisata bahari, di Pulau Sangiang  pun anda bisa sekaligus menikmati wisata sejarah. Ya, di pulau ini terdapat sisa-sisa peninggalan dari masa perang dunia ke 2 yaitu Benteng Pertahanan Jepang lengkap dengan peralatan perangnya

Kendati demikian, apabila anda ingin melihat peninggalan tersebut membutuhkan izin dari pos TNI angkatan laut.

Ada Goa Kelelawar

Sumber: Instagram @v_johni

Tidak hanya di Bali, di Pulau Sangiang  pun anda bisa menemukan Goa Kelelawar. Hewan yang identik dengan warna hitam tersebut akan tampak terlihat bermain-main dengan deburan ombak. Jika anda melempar pandangan pada ujung goa akan terlihat lubang sebagai tempat masuknya air, jadi wajar jika goa tersebut selalu terendam oleh air laut.

Konon katanya goa itu merupakan tempat bagi si ikan bergigi tajam alias para hiu menanti mangsa. Tentu saja mangsanya adalah para kelelawar yang jatuh dari langit-langit dan siap jadi umpan sang hiu.

Kendati demikian apabila anda ingin melihat aksi tersebut harus di moment yang tepat. Biasanya aksi sang hiu melahap kelelawar bisa disaksikan pada bulan Mei sampai Agustus dari pagi sampai siang hari.

Akses Lokasi

Sumber: Instagram @drone_banten

Lantas bagaimana, sih, jika anda ingin ke Pulau Sangiang ? Anda bisa memulai perjalanan dari Kampung Rambutan dengan memakai bus umum menuju Cilegon. Nah, dari Cilegon kurang lebih memakan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Setelah sampai di Cilegon, lanjutkan kembali perjalanan anda ke Pelabuhan Anyer. Dari perlabuhan inilah anda bisa menyebrang dengan kapal untuk menuju Pulau Sangiang.

Sumber: Instagram @wowbanten

Kapal yang bisa anda sewa biasanya hanya mampu menampung 15 orang saja. Anda akan dibawa menikmati perjalanan laut selama 1 jam hingga sampai ke Pulau Sangiang . Di sepanjang perjalanan ombak besar Selat Sunda siap mendampingi anda. Oh, ya, bagi anda yang tidak mau mabuk laut, jangan lupa untuk mengkonsumsi obat anti mabuk terlebih dahulu sebelum berangkat.

Nah, itulah keunikan dan hal menarik tentang Pulau Sangiang . Jadi apabila anda saat ini tengah bingung mencari tempat wisata yang seru, maka pergi ke Pulau Sangiang dapat menjadi alternatif yang tepat. Dijamin, deh, anda tidak akan menyesal karena mengunjunginya. Bahkan bisa jadi ketagihan dan selalu terngiang-ngiang. Semoga bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu kembali pada pembahasan menarik berikutnya.

Salam

Comments

Loading...