in

Pulau Cot Klah, Keindahan Aceh yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Foto Dari Instagram _haryato_harby

Satu yang menjadi ciri khas dari negeri ini adalah banyaknya pulau baik yang sudah diberi nama maupun yang belum. Pulau-pulau kecil ini memang menghadirkan pesan nan menawan. Salah satunya adalah Pulau Cot Klah yang terletak di kawasan Sabang, Aceh.

Memang belum banyak wisatawan yang mengetahuinya apalagi, mengunjunginya. Walaupun tidak memiliki luas yang terlalu besar, tetapi panoramanya tidak kalah dengan kawasan lain. Pesona pantai dengan bebatuan karangnya menjadi perpaduan yang sangat mengesankan.

Mengenal Pulau Cot Klah

Sumber: horesabang.co.id

Luas kawasan ini sendiri kurang lebih 18,66 hektar. Masih banyak pepohonan yang bisa kamu temui disini. Suasananya sangat asri dan nyaman. Bahkan, ada beberapa wisatawan yang enggan untuk pergi dari sini.  Bila kamu beruntung, kamu bisa mendengarkan bagaimana kicauan burung-burung yang datang dan berteduh di tempat ini.

Hal menarik lain yang bisa kamu dapatkan adalah ikan cakalang dan ikan layaran yang menjadikan kawasan ini seperti sebuah rumah. Tidak heran bila banyak wisatawan yang memanfaatkan kawasan ini untuk mencari keduanya, dimasak dan disantap selagi hangat.

Keindahan Pulau Cot Klah

Sumber: Twitter @fteukuz

Keindahan dari tempat ini bisa kamu lihat dari pesona pantainya yang jernih. Bebatuan karang yang banyak berserakan menjadi sajian yang mengesankan. Banyak pula yang memanfaatkannya sebagai sebuah spot foto.

Ada julukan lain yang disematkan di tempat ini, namanya adalah Putri Tidur. Sebenarnya, bukan karena legenda atau kisah dari putri tidur. Melainkan, suasana dan kawasannya yang benar-benar sangat tenang. Sehingga, cocok dijadikan sebagai tempat berlibur.

Sumber: Instagram @anitameggio

Keindahan lain yang bisa kamu nikmati adalah pesona bawah lautnya yang benar-benar memanjakan mata. Ada banyak karang dan ikan-ikan warna-warni baik mulai dari yang kecil-kecil hingga yang besar.

Sayangnya, kamu harus membawa semua peralatannya sendiri dari rumah ya. Tetapi, kamu bisa memanfaatkan perahu nelayan agar ditunjukkan tempat-tempat yang tepat untuk diving dan juga snorkeling.

Ada hal lain yang juga bisa kamu lakukan. Menikmati serunya olahraga surfing. Ombak yang terkadang besar bisa kamu manfaatkan untuk olahraga ini. Menariknya, kawasan ini bisa digunakan baik untuk para pemula hingga profesional lho.

Sajian lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah keindahan romantis matahari terbenam yang benar-benar mengesankan. Nuansanya sangat romantis sehingga, jangan lupa bawa kamera cerdas kamu ya.

Adanya Mercusuar Peninggalan Belanda

Jangan lupakan saksi bisu sebuah mercusuar yang sangat mengesankan di tempat ini. Dimana, hadirnya mercusuar ini berfungsi sebagai panduan rute kapal pada malam hari. Tidak hanya mercusuar saja, kamu juga bisa melihat beberapa bangunan belanda yang masih terawat hingga kini. Arsiteknya membuat kamu tidak ingin berhenti untuk mengambil foto disini.

Fasilitas Lainnya

Sumber: tempat.me

Disini, sudah cukup.lengkap soal fasilitas lho. Dimana, ada banyak cafe dan juga warung-warung yang menyajikan berbagai macam menu kuliner nan khas dengan harga yang sangat bersahabat.

Bagi kamu yang ingin menginap, sudah tersedia berbagai macam penginapan. Mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal seperti bungalow yang menghadap langsung ke laut.

Cara Menuju Ke Lokasi

Pulai Cot Klah berada di Jantung Teluk Sabang. Menuju ke tempat ini kamu bisa mengawalinya dengan naik pesawat atau juga bus menuju ke Provinsi Aceh. Saat ini sudah cukup banyak penerbangan dari Jakarta. Walaupun, harga yang harus kamu bayar juga tidak murah.

Setelah turun dari Bandara, carilah angkutan menuju ke Kota Sabang. Atau bisa juga kamu turun di Bandara Kualanamu, kemudian melanjutkan penerbangan menuju ke Bandara Maimun Saleh.

Selanjutnya, kamu bisa pergi menuju ke Pantai Iboih. Tempat ini, menjadi jalan selanjutnya untuk kamu pergi ke Pulau Cot Klah. Kamu bisa memanfaatkan beberapa kapal atau perahu nelayan dengan harga Rp50 ribu per orang. Waktu tempuhnya hanya 15 menit saja lho. Sebelum sampai di tempat, kamu sudah disuguhkan dengan pemandangan laut dan gugusan pulau yang membuat kamu terdiam dan takjub.

Kesimpulan

Pulau Cot Klah mempunyai pesona yang tidak kalah dengan yang lain. Setiap sudutnya benar-benar membuat kamu terpukau. Apalagi, suasananya yang benar-benar kelas internasional. Jadi, kapan kamu akan mengunjungi kawasan ini?