in

Curug Luhur, Panorama Alam Jawa Barat yang Tak Tergantikan

Foto Dari Instagram @99_fajar

Salah satu keindahan Indonesia Terletak di Air terjunnya yang tidak ada duanya. Seperti halnya, saat kamu mengunjungi objek wisata di Bogor, yaitu Curug Luhur. yang mempunyai panorama yang tidak kalah dengan kawasan lainnya. Inilah mengapa, Bogor menjadi pusat destinasi wisata di Jawa Barat, setelah Bandung.

Nama Curug sendiri mempunyai arti air terjun. sedangkan Luhur diambil dari bahasa sunda yang berarti tinggi. Tidak ragu lagi nama ini disematkan pada air terjun ini. Karena, di sekitarnya, tempat inilah yang mempunyai aliran yang paling tinggi.

Seputar Curug Luhur

Sumber: Instagram @muhammadsidik99

Curug Luhur sendiri berada di ketinggian 624 mdpl. Berada di kaki Gunung Salak. Tingginya sendiri mencapai 50 meter. debit airnya cukup deras.  Di bawah aliran air terjun terdapat kolam alami yang bisa kamu manfaatkan untuk berenang atau hanya sekedar berendam saja. Kedalamannya bisa mencapai 15 meter. Demi meningkatkan keamanan wisatawan. Para warga pun mencoba menambahkan beberapa material. Hingga, saat ini kedalamannya hanya 7 meter.

Tetapi, kamu wajib berhati-hati bila ingin berenang. Ada sebuah pusaran yang cukup kuat yang membuat kamu masuk kedalamnya lho. Karena, hal inilah warga sekitar juga membangun sebuah wahana di dekat curug. Seperti sebuah waterboom yang dilengkapi dengan slider.

Sumber: Instagram @rachmat_kartolo

Waterboom mini ini lebih ramah ke anak-anak. Karena, kedalamannya disesuaikan dengan tinggi maksimal anak-anak. Airnya, diambil langsung dari mata air Gunung Salak lho, jadi kamu bisa bermain air sepuasnya dan merasakan bagaimana sensasi kesegaran yang didapatkan.

Air Terjun Lain

SUmber: Instagram @ade_martha_dedex

Daya Tarik lain yang disuguhkan kawasan ini adalah hadirnya air terjun kembar yang lokasinya tidak jauh dari curug luhur. Nah, air terjun ini merupakan buatan warga yang difungsikan untuk mengisi air di waterboom. Menarik sekali bukan? Pada saat musim pengguna, debit air akan sangat tinggi. Tetapi, tidak akan membuatnya keruh. Jadi, kamu masih bisa melihat kejernihan airnya yang mampu menggoda iman mu.

Bagaimana Cara Pergi Ke Sana

Sumber: dolanyok.com

Secara Administratif, kawasan Curug Luhur sendiri terletak di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Cara pertama menuju ke lokasi ini, bila berangkat dari Bogor kota. Kamu bisa memulainya dari Bogor Trade Mall. Arahkan kendaraan menuju ke Ciapus. Ikuti saja, papan petunjuk yang ada atau tanyalah kepada warga sekitar dimana letak curug ini berada.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan transportasi umum lho. Setelah turun dari Stasiun Bogor, naiklah angkot dari BTM atau museum zoologi. Pilih angkot nomor 03 tujuan Ciapus. Setelah itu, melanjutkan perjalanan menuju ke titik lokasi dengan menggunakan ojek atau meminta sopir angkot mengantarmu sampai ke tempatnya.

Untuk masalah biaya, kamu bisa transaksi sendiri dengan mereka. Karena, harga yang akan didapatkan pun berbeda. Bergantung pada kemampuan kamu untuk menawar. Semakin, hebat maka kamu akan mendapatkan harga yang paling murah.

Fasilitas Penunjang Lainnya

Tidak hanya cukup sampai disitu saja. Pihak pengelola Curug Luhur juga sudah menambahkan berbagai macam fasilitas penunjang lainnya. Seperti, tempat ibadah, tempat makan, toilet yang sangat bersih dan ada juga ruang ganti bagi kamu yang ingin berenang.

Sumber: indoplaces.com

Nah, bila lapar sudah disediakan restoran dua lantai yang siap memanjakan lidah kamu dengan berbagai macam menu makanan dan minuman yang nikmatnya kebangetan. Ada gardu pandang yang sudah dipersiapkan untuk melihat bagaimana keindahan sesungguhnya Curug Luhur ini.

Nah, untuk daftar harga tiket sendiri, kamu akan ditetapkan sebesar Rp40 ribu. Ditambah dengan uang parkir, Rp8 ribu untuk kendaraan bermotor, dan Rp20 ribu untuk mobil. Harga yang cukup tinggi ini sudah termasuk tiket masuk waterboom lho. Walaupun, untuk perlengkapan lainnya seperti pelampung dan loker kamu harus membayar biayanya sendiri. Untuk jam operasionalnya, mulai dari jam 8 pagi dan akan tutup sampai pukul 5 sore.

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri memang, Curug Luhur mempunyai pemandangan yang begitu nyata cantiknya. Suasana yang asri, teduh dan damai, juga menjadi sajian yang tidak bisa kamu lupakan. Jadi, kapan nih kamu dan semua temanmu datang menyaksikan kecantikannya langsung?