OUR NETWORK

Bukan Pulau Padar, tapi Pulo Dua yang Keindahannya Tiada Dua

Source Image: Instagram @suzanadorothea

Alam Sulawesi itu sangat indah, bahkan kamu tak bisa menghitung berapa banyak keindahan yang disuguhkan oleh bumi Celebes. Deretan pantai-pantai di Sulawesi juga sangat menawan, terlebih pulau-pulau terluarnya yang bikin hati ingin segera pergi menjemahnya. Di sana juga ada pulau yang konturnya menyerupai Pulau Padar yang sudah terkenal itu, namanya adalah Pulo Dua, yang lokasi persisnya berada di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Nama yang Unik, tapi Punya Arti Tersendiri

Sumber: Instagram @exal_darmian

Pulo Dua, begitulah nama pulau yang satu ini. Memang, kedengarannya cukup unik, namun bukan sembarang nama karena memiliki makna tersendiri. Dinamakan demikian karena tidak jauh dari Desa Kampangar, dengan perjalanan 15 menit dari pesisir desa, kamu akan menemukan dua pulau yang mengapitnya. Oleh sebab itu, tempat ini dinamakan Pulo Dua, di mana masyarakat Banggai lebih sering menyebut pulau dengan kata ‘pulo’.

Mulai Terkenal pada 2017

Lokasinya yang jauh terpencil di tengah laut membuat Pulo Dua awalnya tidak banyak dikenal oleh para wisatawan. Namanya mulai booming setelah Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai menggelar Festival Pulo Dua pada tahun 2017 yang lalu, dan namanya semakin dikenal dengan digelarnya Festival Pulo Dua 100 Event of Calender 2019. Oleh sebab itu, walau pun lokasinya cukup terpencil, tapi pulau yang satu ini mulai ramai menjadi jujugan para wisatawan, termasuk wisatawan asing.

Memulai Perjalanan Menuju ke Pulo Dua

Sumber: Instagram @rivaldisarara

Pulo Dua masuk ke dalam wilayah Desa Kampangar, Kecamatan Balantak Utara, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Untuk menyebrang ke Pulo Dua, kamu harus terlebih dahulu menuju ke Pantai Balantak yang berjarak sekitar 120 km dengan lama perjalanan 3 hingga 4 jam dari Kota Luwuk, pusat Kabupaten Banggai. Tak perlu khawatir soal akses, karena perjalananmu menuju ke Pantai Balantak akan ditemani dengan jalanan yang lebar dan telah teraspal mulus, di beberapa titik perjalanan kamu juga akan melewati pesisir pantai dengan laut yang berwarna biru. Setelah sampai di Pantai Balantak, kamu bisa menyewa perahu penduduk setempat untuk mengantarkanmu menuju ke Pulo Dua, dengan biaya sewa sekitar 350 ribu rupiah dengan kapasitas 10 orang penumpang.

Pesona Keindahannya Bagaikan Pulau Padar

Sumber: Instagram @gypsyandthepostcard

Untuk kamu yang berdomisili di Sulawesi Tengah, tepatnya Kabupaten Banggai, tidak perlu jauh-jauh menuju ke Nusa Tenggara Timur jika hanya ingin menyaksikan keindahan Pulau Padar yang sudah melegenda tersebut. Kamu akan mendapatkan pemandangan yang serupa dengan berkunjung ke Pulo Dua, yang mana di sana kamu akan disuguhi sebuah pulau dengan kontur yang berbukit-bukit, diselimuti dengan padang rumput dan diapit oleh lautan luas yang berwarna biru.

Sumber: Instagram @rianselong19

Pulo Dua bahkan bisa dibilang lebih ikonik, dengan keberadaan jalan setapak menyerupai tangga yang terbuat dari beton. Jalan setapak tersebut seakan-akan membelah Pulo Dua menjadi dua bagian. Kamu pun bisa menyusuri jalan setapak tersebut untuk mengeksplor lebih jauh keindahan Pulo Dua. Biasanya para pengunjung banyak yang memanfaatkan jalan setapak tersebut sebagai spot untuk berfoto, karena memiliki keunikan tersendiri dengan catnya yang warna-warni.

Spot Berburu Sunrise dan Sunset

Selain pesona bahari yang begitu eksotis, Pulo Dua juga menjadi tempat yang cocok untuk berburu keindahan sunrise dan sunset. Untuk mendapatkan cahaya sunrise yang menawan itu, kamu harus sudah berada di Pulo Dua sebelum pukul 05:00 waktu setempat. Sementara itu, ketika sore hari, Pulo Dua akan terlihat lebih romantis, dengan keberadaan cahaya senja yang berwarna kuning kemerahan, berpadu dengan birunya warna laut yang masih menjadi misteri.

Banyak Spot Diving di Sekitar Pulo Dua

Sumber: Instagram @charenn

Bagi kamu para pecinta alam bawah laut, bisa juga menyalurkan hobi di perairan sekitar Pulo Dua. Hal itu tidak lepas dari tumbuh suburnya terumbu karang di perairan tersebut, bahkan disebutkan ada 85 titik penyelaman yang bisa kamu nikmati di sana. Biasanya para penyelam akan membutuhkan waktu selama 7 hingga 8 hari untuk bisa menjelajahi setiap spot diving di Pulo Dua. Kamu pun bisa menggunakan kapal yang telah disewa sebelumnya untuk mengantarkanmu menuju ke titik-titik penyelaman.

Bagimana, menarik bukan? Langsung saja siapkan waktu liburmu untuk segera bersenang-senang menikmati keindahan Pulo Dua.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…