OUR NETWORK

Bersantai Sejenak di Tengah Kesejukan Air Terjun Salodik Banggai

Source Image: Wikipedia

Alam Banggai tidak akan pernah berhenti membuatmu berdecak terkagum, karena terdapat banyak kepingan surga yang tertinggal di sana. Menghela nafas sejenak dari riuhnya kehidupan kota di tengah alam Banggai bisa menjadi pilihan yang pas bagimu. Tidak perlu bingung soal tujuan, karena semua keindahan yang kamu inginkan sudah disediakan oleh bentang alam di Banggai. Teruntuk kamu yang menginginkan kesejukan air terjun, boleh lah sejenak mampir di Air Terjun Salodik.

Pesona Air Terjun Salodik

Sumber: Instagram @kimung003

Bagaimana, apakah kamu pernah ke sana? Boleh dibilang ini adalah air terjun tercantik di Banggai, bahkan di Sulawesi Tengah. Alasannya adalah karena Air Terjun Salodik memiliki keunikan tersendiri, yang tidak kamu jumpai di air terjun pada umumnya. Ya, air terjun ini memiliki bentuk yang berundak, layaknya sebuah tangga yang tersusun secara alami. Tidak ada tebing-tebing tinggi di Air Terjun Salodik, yang ada kamu hanya akan menemui tebing-tebing mini sebagai tempat mengalirnya air, menciptakan suara gemericik layaknya alunan musik alami yang menenangkan hati.

Sumber: Instagram @ricsnt

Air di sana juga sangat jernih dan terasa menyegarkan. Pada beberapa bagian kolam di Air Terjun Salodik memiliki warna air biru kehijauan, menandakan air yang masih sangat jernih dan belum tercemari oleh limbah. Hal itu dikarenakan air yang mengalir di Air Terjun Salodik berasal dari Sungai Salodik, yang bersumber langsung dari mata air pegunungan.

Rindangnya Hutan Banggai

Masih dalam satu lokasi, kamu juga bisa merasakan kesejukan dan rindangnya hutan tropis yang mengelilingi Air Terjun Salodik, memberikan nuansa alami berselimut pepohonan hijau. Kondisi itulah yang membuat air terjun ini tidak pernah kering walau pun kemarau panjang melanda Banggai. Kemudian Suara serangga hutan dan kicauan burung yang saling bersahut-sahutan akan senantiasa menemanimu, memberikan kesan damai yang menyejukkan.

Berendam di Air Terjun Salodik

Sumber: Instagram @indriaghnina

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Air Terjun Salodik juga memiliki beberapa kolam alami, yang bisa kamu gunakan untuk berendam atau mungkin sekedar bermain air. Untukmu yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir, karena kolam-kolam di sana mayoritas cukup dangkal. Dengan suasana yang sejuk ditambah kesegaran airnya yang tak pernah ingkar, berendam di kolam Air Terjun Salodik akan membuatmu lupa waktu dan betah untuk berlama-lama di sana.

Rumah bagi Burung Endemik Sulawesi

Sumber: faunadanflora.com

Lokasinya yang berada di wilayah Cagar Alam Salodik membuat air terjun ini juga menjadi rumah bagi maleo, burung endemik Sulawesi yang kian terancam punah. Pada tahun 2013 yang lalu tempat ini juga menjadi lokasi pagelaran upacara adat Tumpe, yaitu penyerahan 100 telur burung maleo kepada raja Banggai.

Lokasi Air Terjun Salodik

Sumber: Instagram @antonmarlianse

Dilihat secara administratif, Air Terjun Salodik masuk ke dalam wilayah Salodik, Luwuk, Sulawesi Tengah, dari pusat kota kamu masih harus menempuh jarak sejauh 30 km untuk bisa sampai di lokasi. Sementara dari ibu kota Sulawesi Tengah, Palu, perjalananmu menuju ke Air Terjun Salodik harus ditempuh dengan melewati rute sejauh 570 km dengan lama perjalanan darat 12 hingga 13 jam, bisa juga ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dengan waktu tempuh hanya 1 jam.

Lokasi Air Terjun Salodik cukup mudah dijangkau, karena tidak jauh dari Jalan Trans Sulawesi. Kamu pun hanya tinggal berjalan beberapa meter dari lokasi parkir kendaraan untuk sampai di air terjun yang satu ini. Akses menuju ke sana juga sudah sangat baik, sehingga memungkinkanmu untuk menggunakan kendaraan roda dua atau empat untuk menuju ke Air Terjun Salodik.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Sumber: Instagram @aininiyh

Dengan pemandangan cantik yang disuguhkannya, para wisatawan hanya akan dikenakan biaya tiket masuk yang sangat murah, yaitu 2.500 rupiah per orang. Namun, murah bukan berarti murahan, di sana kamu justru akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat mewah, ditunjang dengan fasilitas yang cukup lengkap. Di sana telah dibangun beberapa toilet yang cukup bersih, gazebo sebagai tempat untuk bersantai, hingga ada pula warung-warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan untuk para pengunjung. Dijamin, kamu tidak akan menyesal berkunjung ke destinasi wisata alam yang satu ini!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…