OUR NETWORK

Pulau Kodingareng Keke, Sebuah Surga Menawan yang Jatuh ke Bumi Makassar

Source Image: Instagram @shiamairport

Menjelajahi Sulawesi Selatan atau tepatnya ke Kota Makassar akan mempertemukan anda dengan salah satu serpihan surga menawan yang jatuh ke bumi. Salah satunya yaitu Pulau Kodingareng Keke.

Pulau Kodingareng Keke merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Banyak yang belum tahu mengenai keindahan tersembunyi dari Pulau Kodingareng Keke sehingga dijuluki sebagai hidden paradise di Makassar. Kendati demikian, nama Pulau Kodingareng Keke mulai banyak diperbincangkan, takkala unggahan bukan hanya wisatawan lokal saja melainkan juga wisatawan mancanegara membagikan pesona pulau ini melalui jepretan foto ke social media mereka.

Ingin tahu seperti apa keindahan dari Pulau Kodingareng Keke? Berikut ulasan selengkapnya.

Pesona Memikat Pulau Kodingareng Keke

Sumber: Instagram @visit_sulses

Pulau Kodingareng Keke hanya memiliki semak-semak, deretan pohon pinus, dermaga, juga sebuah bangunan yang bentuknya mirip mercusuar.  Bentuk pulau ini memanjang dari timur laut ke barat daya.

Sumber: Instagram @speedboatmakassar

Kecantikan bawah laut Pulau Kodinngareng Keke pun sangat menawan, sehingga kebanyakan aktivitas utama yang akan di lakukan di tempat ini adalah snorkeling dan diving.

Sumber: Instagram @visit_sulses

Sama seperti pulau-pulau wisata lainnya yang tidak berpengahuni, anda yang ingin ber-snorkeling atau diving harus membawa peralatan sendiri, sebab tidak ada masyarakat di ini pulau yang akan menyewakan peralatan tersebut untuk anda. Apabila memang tidak punya, atau yang dulu rusak, sekarang ini sebelum pemberangkatan di area dermaga banyak yang menawarkan alat sewa snorkeling. Harganya mulai dari 50 ribu rupiah saja. Jika berminat anda dapat menyewanya.

Saat menemukan biota laut, karang, serta koral yang ada di bawah laut ini anda pasti teringat dengan Taman Bunaken. Walau memang tidak selengkap di sana, namun ragam kecantikan bawah laut di Pulau Kodingareng Keke tetap akan memanjakan mata anda.

Sumber: Instagram @zulkarnaenbachtiar
Sumber: Instagram @demarahediana

Tidak hanya itu anda juga bisa melihat berbagai benda unik lainnya seperti bangkai Mobil VW Combi, patung berukuran besar dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menemukan gorong gorong yang sering dipakai untuk transplantasi terumbu karang.

Bagi anda pecinta foto makro, apabila menyelam cukup dalam maka bisa berjumpa juga dengan nudhibrahcia. Seekor hewan yang memiliki tubuh ekstra mungil. Hewan ini sangat cantik, panjangnya sekitar 3 cm, dan terbilang cukup besar dengan ukuran tersebut dalam jenis kelompok spesiesnya. Saat berhasil dipotret, hasilnya mengagumkan.

Bagi yang ingin bertemu ikan nemo alias ikan badut yang lucu-lucu, maka bisa menemukannya di antara tumbuhan anemone.

Selesai ber-snorkeling, tentunya anda pasti cape dan ingin mengisi perut yang lapar. Nah, jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman sendiri, ya. Alasannya tetap sama, anda tidak akan menemukan satu penjual pun di pulau ini. Gelarlah tikar dibawah pohon pinus, dan nikmati keindahan alam dari Pulau Kodingareng Keke.

Sumber: Instagram @g_hanafiah

Kendati demikian, di pulau ini disediakan bale-bale yang dibuat beberapa waktu lalu untuk para wisatawan. Bale tersebut dapat anda pakai untuk beristirahat atau berteduh dari sengatan sinar matahari

Sumber: Instagram @younglenk

Uniknya lagi, nih, di pulau ini anda akan menemukan dua jenis pasir. Hal tersebut tentunya jarang ditemukan jika bertandang ke pulau lain. Pada bagian utara, memiliki pasir yang halus, sementara di bagian selatan cenderung lebih kasar. Pada bagian selatan itu pasir yang terhampar bentuknya mirip seperti pecahan karang dan kerikil.

Akses Lokasi

Sumber: Instagram @megawangsa

Pulau Kodingareng Keke berlokasi di Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sulawesi Selatan jaraknya sekitar 14 km dari Pantai Losari

Nah, untuk menuju pulau ini dapat melalui akses dari Dermaga Kayu Bangkoa Jalan Pasar Ikan, atau Dermaga Popsa yang berlokasi di seberang Benteng Rotterdam, Anda dapat menyewa perahu motor untuk sampai ke pulau ini. Nama perahu tersebut akrab dipanggil pappalimbang atau jollorok.

Estimasi waktu tempuhnya sekitar 40 hingga 60 menit. Waktu tempuh ini juga bergantung pada cuaca saat keberangkatan. Terbilang cukup lama, namun jangan khawatir anda tidak akan bosan sebab panorama alam yang dapat dilihat selama perjalanan akan membuat terkagum-kagum. Oh, ya, bagi anda yang sering mabuk laut jangan lupa menyiapkan juga bekal obatnya. Makanlah obat tersebut sebelum melakukan perjalanan.

Angin saat perjalanan cukup kencang, bagi anda yang tidak tahan jangan lupa memakai baju berlapis atau jaket tebal. Pakailah juga kacamata hitam untuk menghalau teriknya sinar matahari.

Supaya lebih menyenangkan lagi anda bisa mendengarkan lagu sejenak memakai earphone. Baik itu dari ponsel atau alat music lainnya. Jika ingin mengobrol dengan sesama penumpang akan cukup sulit, karena suara harus keras sebab terendam suara mesin perahu yang berpadu dengan hembusan angin.

Adapun harga sewa perahu di dermaga berkisar dari 500 ribu rupiah sampai dengan 600 ribu rupiah per 10 orang.

Demikianlah ulasan mengenai Pulau Kodingareng Keke. Pulau yang sangat cantik, dan akan membuat anda betah serta bahagia. Perolehlah liburan menyenangkan bersama mereka yang istimewa di pulau ini.

Salam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…