OUR NETWORK

Pulau Pamalikan, Rumahnya Para Penyu di Kalimantan

Source Image: Instagram @alvinnulyakinn

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki beribu banyak pulau. baik yang sudah diberi nama maupun yang belum. Keindahannya tidak bisa dipungkiri, begitu luar biasa. Bahkan wisatawan mancanegara begitu menyukainya. Apalagi, beberapa pulau tersebut ada yang berpenghuni dan mereka sangat ramah dan bersahaja.

Kalau kita berkunjung ke Kalimantan Selatan, kamu harus mengunjungi pulau yang satu ini juga. Namanya adalah Pulau Pamalikan. Dimana, potensi wisatanya benar-benar cukup besar. Kamu pasti rugi bila tidak menyempatkan waktu mengunjungi tempat ini.

Mengenal Pulau Pamalikan

Nama Pamalikan sendiri berasal dari Bahasa Mandat yang mempunyai arti adalah hanyut. Dimana, menurut cerita Pulau Hanyut atau terlepas dari Pulau Matasiri yang konon jadi endemik malaria.

Sumber: Instagram @selvianiii_

Hamparan pasir putihnya menjadi ucapan selamat datang yang hangat di kawasan ini. Tidak terlalu luas memang, dengan pepohonan yang tumbuh dan tampak rimbun. Air lautnya sangat jernih dengan warna kehijauan

Daya tarik

Sumber: Instagram @visitkalsel

Pulau ini sendiri memiliki keistimewaan yang luar biasa. Dimana, menjadi rumah para penyu yang jumlah telurnya bisa mencapai 100 hingga 150 sehingga, memerlukan waktu kurang lebih 1 sampai 3 jam. Bila kamu beruntung kamu bisa lho, melihat prosesnya.

Penyu yang ada disini adalah penyu hijau dan sisik yang konon sudah langka. Selain itu, ada pula beberapa vegetasi laut yang bisa kamu nikmati seperti, pandan laut, waru laut, kirinyuh, kepuh, ketapang, dan kangkung laut yang amat menarik.

Sumber: Instagram @hafizbiru

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan disini. Mulai dari berenang di pinggir pantai. Rasanya, memang ada yang kurang bila sampai disini tetapi, tidak mencoba untuk berenang menikmati airnya yang jernih.

Rasanya, kurang afdol pula bila sudah basah-basah tetapi, tidak menikmati dunia bawah lautnya sekalian. Maklum saja. banyak terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang cantik dan menawan siap menghibur kamu. Atau malah langsung diving di dan melihat biota laut yang seakanan tidak mempermasalahkan kedatangan kamu semuanya. Tapi, jangan lupa bawa peralatan sendiri dari rumah ya.

Cara Menuju Ke Pulau Pamalikan

Pulau ini terletak di kecamatan Pulau Sembilan, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Menuju ke sana, kamu harus singgah terlebih dahulu ke Pulau Matasiri Dengan rute yang disarankan adalah Pagatan, Batu licin, dan pulau Matasiri. Untuk pemberangkatan menggunakan kapal dengan waktu tempuh hampir 20 jam. Sementara untuk Pamalikan sampai lokasi membutuhkan waktu 30 menit saja.

Sumber: Instagram @alvinnulyakinn

Nah, untuk bisa pergi kesana, kamu harus sewa kapal sendiri dan menyewanya dengan harga kurang lebih 8 juta sampai dengan 10 jam lamanya.

Akses berikutnya kamu bisa memulai dari Kota Baru yang hanya membutuhkan waktu 13 jam hingga 16 Jam lamanya. Kalau di pelabuhan ini, kamu bisa merasakan menggunakan kapal pinisi yang jauh lebih murah. Hanya saja, kapal ini ada setiap seminggu sekali. Bahkan tidak sesuai dengan jadwal yang ada. Karena, kondisi cuaca yang tidak memungkinkan. Jadi, kamu bisa pertimbangkan hal ini sebelum pergi ke Pulau Pamalikan

Tips Menuju Ke Pulau Pamalikan

Ada beberapa tips yang harus kamu ketahui sebelum pergi ke tempat ini. Selain harus membawa uang yang cukup banyak. kamu juga harus memperhatikan yang lain. Contohnya adalah listrik yang sama sekali tidak ada disini. jadi, disarankan untuk membawa power bank.

Sumber: Instagram @firmanjabar

Jangan lupa bawa perbekalan makanan dan juga minuman dari rumah, karena disini termasuk kawasan yang sepi. Siapkan fisik dan mental karena, menuju kesana tidaklah mudah. Apalagi, setiap perjalanan sering ada badai dan cuaca yang membuat kapal melaju dengan kecepatan lambat.

Kesimpulan

Menjelajah kawasan ini memang sesuatu yang menyenangkan. Punya pengalaman baru yang sulit untuk dilupakan. Tetapi, jangan sampai terlena ya. Karena, keindahan ini bisa terjaga melalui sampah yang hampir tidak terlihat sama sekali. Jadi, jangan lupa untuk bawa sampahmu pergi dan buang di tempatnya.

Pulau Pamalikan adalah sebuah bukti bahwa Indonesia adalah negeri yang indah. Hampir semua tempat memiliki panorama nan mengesankan. Birunya laut ditambah dengan birunya langit-langit membuat tempat ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk melepas penat.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…