OUR NETWORK

Kelebba maja, Painted Hillsnya Indonesia

Source Image: Instagram @christovel_

Bukan Indonesia namanya bila tidak mempunyai pesona wisata yang sama dengan luar negeri. Kali ini kamu akan disuguhkan dengan Kelebba Maja yang konon mirip dengan Painted Hills di Oregon dan  Gunung Olengi yang terletak di Zhangye Danxia, Tiongkok.

Sumber: Instagram @shantie_syifa

Kelabba Maja sendiri adalah sebuah pulau terpencil yang bisa dikatakan surganya wisata Nusa Tenggara Timur. Suasana alam dan penampakan yang dihadirkan kepada kamu membuat kamu enggan untuk berkedip. Benar-benar keren dan kamu wajib mengabadikannya ke dalam foto dan gambar.

Mengenal Kelabba Maja

Saat memasuki kawasan ini, kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih dan bebatuan yang tersusun alami. Konon terbentuk dari 3 buah batu besar yang diibaratkan sebagai orang tua dan anak. Dimana, dibagian tengahnya digunakan sebagai persembahan untuk Dewi Maja.

Sumber: Instagram @thekomodobible

Persembahan ini ada sebuah altar yang biasa digunakan untuk melakukan ritual menyembelih hewan untuk meminta pertolongan. Biasanya akan diadakan setiap satu tahun sekali. 

Bagi kamu yang mengunjungi tempat ini, jangan melakukan sikap aneh-aneh ya. Maklum saja, tempat ini masih dikeramatkan oleh penduduk Sabu Raijua. Terkadang kawasan ini masih digunakan sebagai tempat untuk upacara-upacara adat lho.  Jadi, diharapkan jangan sampai buang sampah sembarangan atau juga mencoret-coret di bagian batunya.

Keindahan Kelabba Maja

Sumber: Instagram @_eastnusatenggara_

Banyak penduduk Desa sabu mempercayai bila kawasan ini adalah tanah dewa. Salah satu bukti keindahan dari tanah Dewa ini adalah hadirnya Bukit pelangi. Untuk bisa sampai di tempat kamu harus berjalan kurang lebih selama 2 lamanya.

Sumber: Instagram @tjetjepr

Disebut dengan perbukitan pelangi karena kamu bisa melihat beberapa batuan dengan warna putih, coklat, biru dan juga merah. Tidak hanya sampai disitu saja, kamu juga akan disuguhkan dengan batu keseimbangan terletak di ujung tebing tebing yang terlihat meruncing.

Cara Menuju ke Lokasi

Objek wisata ini terletak di Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. Menuju ke tempat ini kamu harus naik pesawat terlebih dahulu menuju ke daerah Kupang. Bila berangkat dari Solo, kamu akan singgah di Denpasar terlebih dahulu selama 30 menit. Harga tiketnya sendiri mulai dari 1 jutaan.

Sumber: Instagram @christovel_

Setelah itu, menuju ke Desa sabu kamu harus pergi ke Kota Sawu terlebih dahulu. bisa dilakukan dengan beberapa cara. Naik pesawat perintis. Bisa juga dengan naik kapal cepat dari pelabuhan Tenau yang membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam. Hanya saja, kapal ini hanya tersedia di hari senin dan jumat saja.

Bila ingin lebih murah, kamu bisa gunakan ferry dengan waktu tempuh 14 jam. Untuk jadwal pemberangkatannya hampir sama. Senin dan Jumat, hanya saja untuk Ferry lebih banyak molor daripada tepat.

Kontur jalan Kota Sawu menuju ke Desa Sabu memang belum sebagus yang ada di Jawa. Tetapi, hampir setiap keloknya kamu bisa melihat bagaimana keindahan dari awal berangkat sampai nanti tiba di titik lokasi.

Tips Menuju ke Kelebba Maja

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menjelajah kawasan ini. Karena, masih belum tersentuh dengan baik. Maka perhatikan benar perlengkapan makanan dan minuman kamu. Tempat ini memang membuat kamu susah move on. Jadi usahakan membawa perbekalan yang banyak.

Untuk penginapan, memang sedikit jauh tetapi, kamu bisa mencoba untuk meminta bantuan warga sekitar desa sabu yang biasanya bersedia memberikan satu kamarnya. Untuk harga kamu bisa nego sendiri dengan mereka.

Sumber: Instagram @ngurah_cluth

Disarankan, mengunjungi tempat ini saat musim kemarau. Karena, saat musim penghujan lebih banyak cuaca buruk. Hal ini akan memakan waktu dan juga membuat anggaran kamu membengkak. Berbicara soal anggaran, jangan lupa bawa uang cash ya. Karena, ATM masih sangat minim.

Untuk sinyal handphone sebenarnya ada hanya saja lebih sering susahnya. Hal ini akan menguras baterai kamu. Karena, jarang listrik jadi hemat-hemat dalam menggunakan baterai ya. Disarankan membawa baterai cadangan atau power bank.

Kesimpulan

Kelebba Maja menjadi suguhan yang tidak akan bisa kamu lupakan. Hampir setiap tempatnya memiliki keindahan yang tidak bisa kamu ingkari.  Walaupun, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam. Tetapi, semuanya akan terbalas dengan seluruh panorama yang dihadirkan disini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…