OUR NETWORK

Pulau Rubiah, Surganya Para Pecinta Snorkeling di Aceh

Pasti kamu sudah tahu, bahwa wilayah Indonesia membentang luas dari Sabang sampai Merauke. Dikatakan demikian karena memang Sabang adalah kota yang terletak di bagian paling ujung barat Indonesia, dan Merauke adalah daerah yang terletak di bagian paling timur Indonesia. Untuk Kota Sabang sendiri, secara administratif berada di provinsi Aceh dan Merauke masuk ke dalam provinsi Papua.

Sumber: Super Adventure

Selain menjadi titik paling barat di Indonesia, Kota Sabang juga terkenal karena memiliki keindahan alam yang mempesona. Lokasinya yang dikelilingi oleh laut membuat Kota Sabang memiliki banyak wisata pantai yang eksotis. Di Sabang juga terdapat sebuah pulau cantik yang bernama Pulau Rubiah, yang diklaim sebagai surganya para pecinta snorkeling dan diving.

Lokasi Pulau Rubiah

Pulau Rubiah, Sumber: Instagram @kitfrique007

Secara geografis, Pulau Rubiah masih dianggap sebagai bagian dari Pulau Weh yang terletak di kota Sabang, provinsi Aceh. Posisi Pulau Rubiah sendiri berada di sebelah barat laut Pulau Weh. Untuk bisa menuju ke Pulau Rubiah, para pengunjung bisa mengambil rute dari Banda Aceh menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue. Dari pelabuhan, para pengunjung bisa menggunakan kapal feri untuk menyebrang ke Pulau Weh, yang di mana jadwal keberangkatan kapalnya adalah dua hari sekali.

Pelabuhan Ulee Lheue, Sumber: Instagram @husban93
Pulau Weh, Sumber: Instagram @travelmapid
Pantai Iboih, Sumber Instagram @kahatoursid

Sampai di Pulau Weh, para pengunjung harus menuju ke Pantai Iboih untuk menyewa perahu motor menuju ke Pulau Rubiah dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Pesona dan Aktivitas di Pulau Rubiah

Sumber: Instagram @plesir.nusantara. indonesia

Sesampainya di Pulau Rubiah, para wisatawan akan langsung disambut oleh pemandangan alam yang begitu menawan. Lautan luas berwarna biru berpadu dengan pantai berpasir putih dan perbukitan hijau yang menyejukkan mata. Perahu kecil yang berlalu lalang juga membuat suasana menjadi nampak lebih eksotis.

Menurut informasi, pada tahun 1900 atau sebelum adanya pesawat terbang, pulau ini sering kali dijadikan transit jamaah haji yang akan menunaikan rukun Islam yang kelima di kota Mekkah, Arab Saudi. Di masa peperangan, Pulau Rubiah dijadikan sebagai basis pertahanan yang di mana sisa-sisanya masih bisa kita temui hingga saat ini.

Sumber: Instagram @zainal_ar94

Berkunjung ke Pulau Rubiah bisa dibilang tak lengkap jika tidak menikmati keindahan alam bawah lautnya dengan cara snorkeling atau diving. Karena memang Pulau Rubiah memiliki pemandangan bawah laut yang sangat menawan, bahkan keindahannya mampu menarik wisatawan mancanegara. Di alam bawah laut Pulau Rubiah, kamu bisa dengan mudah menjumpai berbagai biota laut yang cantik seperti ikan badut, ikan nemo, ikan botana biru, angel fish, lion fish, ikan karang, dan yang lainnya. Di sana juga terdapat beraneka terumbu karang yang berwarna-warni yang tentunya sangat memanjakan mata.

Sumber: Instsgram @riski_sabang

Jika tak bisa berenang dan takut akan kedalaman laut, kamu tetap bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Rubiah dengan menyewa kapal yang alasnya terbuat dari kaca. Dengan demikian, kamu bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Rubiah tanpa harus basah-basahan.

Sumber: Instagram @kitfitrique007

Jika ingin menikmati keindahan Pulau Rubiah dari sisi yang berbeda, kamu juga bisa hunting foto memanfaatkan landscape pulau yang sangat menawan. Berjalan keliling pulau sambil ditemani oleh angin yang sepoi-sepoi dan suara deburan ombak juga bisa menjadi sebuah pilihan yang pas untuk menikmati keindahan pulau yang satu ini.

Fasilitas di Pulau Rubiah

Sumber: wisatadiindonesia

Meskipun Pulau Rubiah tak berpenghuni, namun fasilitas di pulau tersebut terbilang cukup lengkap. Di sana terdapat satu tempat penginapan yang terdiri dari dua kamar. Minimnya penginapan di Pulau Rubiah tak lepas dari banyaknya wisatawan yang hanya menjadikan pulau tersebut sebagai tempat singgah. Setelah puas menikmati keindahan alamnya, biasanya para wisatawan akan langsung kembali ke pantai Iboih.

Di Pulau Rubiah juga terdapat beberapa warung penjual makanan dan minuman, sehingga para pengunjung tak perlu khawatir jika merasa lapar dan haus. Untuk yang ingin snorkeling atau diving, di sana juga terdapat persewaan alatnya. Terdapat juga jasa pemandu dan persewaan foto underwater, yang bisa membuat liburanmu terasa lebih spesial.

Biaya Akomodasi ke Pulau Rubiah

Biaya untuk menyewa kapal dari pantai Iboih ke Pulau Rubiah sekitar 20.000 rupiah per orang. Sementara untuk menyewa perahu kaca akan dikenakan tarif sebesar 350.000 rupiah untuk 10 hingga 15 orang.

Comments

Loading...