OUR NETWORK

Pulau Semak Daun Tempat Tepat Merasakan Sensasi Kehidupan Alam Yang Sesungguhnya

Source Image: backpackerjakarta.com

Pulau Semak Daun termasuk ke dalam daftar pulau yang tidak berpenghuni sama, sama seperti Pulau Gosong. Tetapi pulau ini tidak dapat disamakan dengan Pulau Gosong. Walaupun pulau tidak berpenghuni bukan berarti kondisi pulau memang tidak dapat dihuni sama sekali.

Jadi tidak ada suatu alasan khusus yang membuat pulau ini tidak berpenghuni. Kondisi dari Pulau Semak dan memang kecil. Di pulaunya juga terdapat sumber air tawar. Tanah yang ada di pulau juga cukup subur dan dapat ditanam  berbagai macam tanaman.

Pulau ini pun pada sadarnya hanya dipergunakan sebagai tempat camping. Jadi Pulau Semak daun hanya difungsikan sebagai destinasi wisata alam semata. Meskipun pulau tidak ada penghuni, tetapi telah ada beberapa petugas / masyarakat setempat yang rutin mengunjungi pulaunya tersebut. Meskipun hanya sebatas bisnis dan beberapa keperluan para wisatawan.

Sumber: litondreams.blogspot.com

Pulau Semak Daun pada dasarnya merupakan sebuah pulau yang hanya terdapat berbagai macam semak – semak, pepohonan dan berbagai macam tumbuhan liar lainnya. Hal ini pula yang membuat pulau ini bernama Semak Daun.

Untuk letak dari pulau ini dekat dengan Pulau Pramuka yang berpenghuni. Jadi berbagai macam keperluan camping, harus mengunjungi Pulau Pramuka terlebih dahulu. Atau dapat juga membawa keperluan camping dari rumah sendiri.

Sebagai tempat wisata khusus untuk camping, Pulau Semak Daun memang mempunyai kondisi alam yang sangat mendukung dalam melakukan aktivitas tersebut. Karena dengan camping di pulau ini, akan dapat merasakan kehidupan alam bebas yang sesungguhnya.

Sumber: backpackerjakarta.com

Selain itu dapat merasakan atmosphere alam yang sangat natural tanpa adanya pencemaran apapun. Hal yang lebih menarik, yaitu Pulau Semak Daun tidak tersedia akses apapun. Camping di pulau itu benar – benar berada hidup tanpa adanya teknologi modern. Kecuali handphone dan beberapa peralatan masak / camping yang dibawa sendiri dari rumah. Setidaknya telah tersedia lampu di pulau tersebut.

Dimana di pulau tersebut sangat minim fasilitas layaknya tempat wisata lainnya. Hanya terdapat beberapa kamar mandi umum yang dapat digunakan pengunjung untuk membersihkan diri.

Daya Tarik Pulau Semak Daun

Sumber: merahputih.com

Daya tarik untuk Pulau Semak Daun terletak pada kondisi alam yang sangat natural. Hal ini membuat pulau sangat recommended sebagai camping. Serta camping menjadi aktivitas yang harus dilakukan saat berada di pulau ini.

Jika tidak melakukan hal tersebut, menjadi suatu kerugian yang cukup besar. Karena hanya camping di Pulau Semak Daun benar – benar merasakan hidup di alam bebas.

Berbeda dengan tempat camping di daerah lain yang dapat dijangkau / memiliki akses dunia luar. Misalnya dapat memesan makanan melahirkan suatu situs e-commerce. Lalu mudah pula untuk menemukan socket listrik untuk mengisi daya baterai handphone. Berbagai macam peralatan camping dapat diperoleh dengan sangat mudah. Daya tarik lain dari pulau ini kondisi alamat yang masih sangat natural. Dalam arti sangat minim beberapa jenis polusi. Entah itu polusi udara, tanah dan air.

Sumber: crazytravelmate.com

Kehidupan para biota laut pun masih terjaga dengan baik dan tanpa adanya eksploitasi yang dilakukan oleh manusia dalam bentuk apapun. Jadi aktivitas snorkeling juga menjadi aktivitas wajib saat berada di pulau ini. Di pulaunya juga disediakan jasa sewa perlengkapan snorkeling lengkap. Tarif sewa hanya sekitar ±35.000 IDR.

Dengan kondisi aktivitas sehari – hari yang hiruk pikuk, membuat harus mengunjungi pulau ini. Meskipun hanya sekali. Dengan minim polusi, setidaknya dapat memberikan waktu sesaat bagi jantung dan paru hanya untuk merasakan udara yang sangat jernih.

Tips Camping Di Pulau Semak Daun

Sumber: tripadvisor.com

Bagi yang berniat untuk camping di pulau info tidak ada suatu tips khusus. Hanya saja harus membawa perlengakapan yang jauh ekstra kompleks daripada perlengakapan camping pada biasanya.
Berikut tips camping di pulau semak daun :

  • Power bank dengan kapasitas daya tinggi

Untuk perlengkapan pertama yang harus dibawa yaitu power bank. Ada spesifikasi khusus untuk perlengkapan ini. Hal itu adalah power bank harus memiliki daya yang besar. Sehingga dapat digunakan untuk charge hingga 2 – 3×.

  • Harus membawa perbekalan

Perlengkapan kedua yaitu makanan dan minuman. Untuk keperluan makanan dapat membawa perlengkapan dari rumah. Walaupun di pulau telah terdapat beberapa warung kecil, namun sangat kurang memadai. Sebab jika kondisi pula ramai, mungkin akan kehabisan stok makanan di warung.

Sedangkan untuk minuman lebih baik membelinya saat mengunjungi Pulau Pramuka. Supaya jauh lebih hemat dan mudah menemukan air bersih. Ada satu kemungkinan besar saat camping di pulau ini, yaitu kehabisan stok air tawar.

  • Sebaiknya gunakan tenda jenis doom

Lalu untuk jenis tenda yang harus dibawa, sebaiknya jenis Doom. Sebab untuk tenda tersebut jauh lebih ringan, simple dan mudah dipasang. Untuk perlengkapan tambahan yaitu sleeping bag / selimut. Udara malam hari mungkin akan mempunyai jauh lebih dingin dan angin kencang.

  • Bawa obat – obatan

Sementara itu ada beberapa perlengakapan tambahan yang harus dibawa yaitu obat – obatan dan P3K. untuk perlengakapan yang satu ini hanya sebatas antisipasi jika terjadi keadaan yang tidak diinginkan.

  • Memanfaatkan jasa travel

Untuk tips alternatif saat camping di Pulau Semak Daun ini yaitu menggunakan jasa travel. Tips yang satu ini mungkin lebih mahal. Dapat pula mengikuti kegiatan open trip yang diselenggarakan oleh komunitas / jasa travel.

Besarnya paket biaya wisata masing – masing travel berbeda – beda. Ada suatu patokan untuk biaya camping Pulau Semak Daun sekitar ±250.000 IDR – 400.000 IDR dengan fasilitas kompleks. Tetapi hampir sebagian persediaan selama camping akan ditanggung oleh pihak travel. Jadi hanya perlu membawa beberapa perlengkapan pribadi dan tambahan lainya.

Camping Di Pulau Semak Daun Tanpa Jasa Travel

Bagi yang budget minim, mungkin sangat tidak recommended untuk camping dengan jasa travel. Selain itu, camping tanpa jasa travel jauh lebih murah dan hemat. Selain itu jauh lebih leluasa dalam mengatur jadwal camping sesuka hati.

Sumber: pulauseributraveling.com

Sebelum camping tanpa jasa travel di Pulau Semak Daun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut adalah persiapan budget. Letak dari Pulau Semak Daun yang jauh dari daratan utama, membuat budget yang harus dipersiapkan lebih.

Untuk biaya transportasi dari muara angle menuju ke Pulau Pramuka yaitu ±80.000 IDR (pulang – pergi). Jadwal kapal dari Muara Angke menuju ke Pulau Pramuka hanya di pagi hari, tepatnya pukul 07.00 WIB – 08.00 WIB.

Sedangkan untuk transportasi menuju ke Pulau Semak Daun mulai dari ±80.000 IDR (sekali jalan). Khusus untuk transportasi ke Pulau Semak Daun, sangat bergantung dengan kapasitas dan jumlah penumpang kapal. Semakin banyak penumpang, maka akan semakin murah.

Bagi yang berminat untuk snorkeling harus menyewa peralatan snorkeling dengan tarif sewa 35.000 IDR. Untuk biaya air galon sekitar ±20.000 IDR. Semua total biaya yang harus dipersiapkan sebesar ±350.000 IDR.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…