in

Pulau Tabuhan, Tempat Berteduhnya Flora dan Fauna

Foto Dari Instagram @banyuwangiadventura

Salah satu keindahan Banyuwangi yang bisa kamu nikmati adalah Pulau Tabuhan. Dimana kawasan ini memiliki pesona wisata yang memang mengesankan. Apalagi, dunia bawah lautnya yang membuatmu tidak bisa berbicara apa pun. Tidak hanya sampai disitu,  wahana-wahana yang ditawarkan juga tidak bisa dikatakan biasa saja. Melainkan, luar biasa dengan kelas internasional yang selalu melekat di tempat ini

Mengenal Pulau Tabuhan

Sumber: Instagram @illirahotelbanyuwangi

Sebelum dikenal dengan kawasan wisatanya. Pulau Tabuhan hanyalah kawasan pulau biasa yang dihuni oleh beberapa warga. Objek wisatanya memang belum dieksplor dengan baik.  Kemudian, muncul inisiatif dari sepasang suami istri. Mengadakan Kite Surfing yang diadakan tgl 9 – 10 Agustus 2014. Seperti diketahui bahwa permainan Kite Surfing ini memang tidak mudah.

Butuh angin yang berkekuatan tinggi karena memadukan unsur selancar dan juga paralayang. Perlu diakui, sepanjang tahun tempat ini menghadirkan angin yang cukup kencang. Sehingga, tidak heran saat ini pengembangan wisatanya ke arah wahana permainan yang cukup ekstrim.

Aktivitas Air di Pulau Tabuhan

Sumber: Instagram @banyuwangiadventura

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa, kawasan ini menjadi yang terbaik soal wahana airnya. Marilah kita kupas secara mendalam satu-persatu. Mulai dari Dari wahana snorkeling dan Diving.

Sumber: Instagram @guidekece

Kedua aktivitas ini menjadi wajib kamu lakukan ketika mengunjungi Pulau Tabuhan. Terumbu karang, coral, dan ikan-ikan kecil menjadi sebuah pemandangan yang menakjubkan mata.  Seperti sebuah tatanan kota bawah laut yang tidak pernah bisa kamu bayangkan pesonanya. Jangan lupa bawa kamera underwater karena, setiap spotnya menghadirkan keindahan yang berbeda.

Selanjutnya, kamu bisa menikmati windsurfing, dan kitesurfing. Dimana keduanya membutuhkan skill dan kekuatan tangan. Menariknya, kamu bisa belajar dari warga sekitar lho mengenai keduanya.  Selain itu, kamu juga bisa menyewa peralatannya dengan harga Rp100 ribu saja. Bagaimana, mau mencoba aktivitas ekstrem ini?

Pesisir Pulau Tabuhan

Sumber: Instagram @on_zhail16

Aktivitas mencengangkan sudah kita jelajahi. Keindahan dan keseruannya harus diakui mampu mencapai batas maksimal. Nah, sekarang saatnya kamu menikmati sisi lainnya.

Sumber: Instagram @beyondtrendmedia

Pertama, mari kita mulai dari bibir pantainya yang putih dan sangat eksotis. Tidak hanya cukup sampai disitu, pemandangan ini masih dipadukan dengan hadirnya karang dan tebing yang menjulang tinggi. Kamu bisa menikmati berbagai macam spot foto alami. Atau memanfaatkan bekas bangunan yang tampak terbengkalai tetapi, sangat menawan. Ada juga ayunan layaknya di Gili Trawangan yang bisa kamu mainkan.

Keindahan selanjutnya, bisa kamu dapatkan di tengah pulau. Dimana ada sebuah mercusuar yang menjulang tinggi menghiasi kawasan ini. Menariknya, kamu juga bisa melihat berbagai macam flora dan fauna. Salah satunya adalah Burung Maleo, Burung Endemik Indonesia berasal dari Sulawesi yang terkadang bermigrasi sampai ke tempat ini.

Berkeliling Pulau Tabuhan

Sumber: Instagram @nita_nith

Nah, aktivitas ini menjadi salah satu yang tidak boleh kamu tinggalkan juga. Dengan luas 5 hektar, berkeliling pulau melihat keberagaman dan para penduduknya menjadi sajian yang istimewa. Apalagi, penduduknya sangat ramah. Tidak ada salahnya berkenalan dan menjalin tali persaudaraan disini. Sayangnya, untuk berkeliling kamu hanya diberi pilihan jalan kaki saja. Mungkin, kedepannya bisa dibangun trek khusus untuk pesepeda.

Waktu terbaik untuk berkeliling ke seluruh area pulau adalah sore hari sekitar pukul 3. Sembari menunggu, sinar senja yang perlahan turun ke bawah dan menghadirkan aroma romantis.

Cara Menuju ke Pulau Tabuhan

Menurut data administratifnya, Pulau Tabuhan masuk dalam wilayah Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Menuju ke objek wisata ini pun cukup mudah. Kamu naik kereta api menuju ke Stasiun Banyuwangi Kota. Sampai disana kamu bisa naik angkot, sewa kendaraan atau memilih ojek online menuju pantai Bangsring.

Dari sini, kamu bisa menyewa kapal nelayan dengan tarif Rp 500 ribu untuk 10 orang. Harga yang cukup murah bukan bagi kamu yang datang rombongan. Perjalanan menuju ke Pulau Tabuhan hanya 15 menit saja.

Kesimpulan

Pulau Tabuhan adalah keindahan yang tidak pernah bisa kamu lewatkan. Dimana, kamu bisa menikmati surga dunianya pulau jawa yang rasanya tidak ingin kalah dengan objek wisata lainnya di pulau lain.