in

Curug Batu Blek, Pesona Alam yang Sesungguhnya di Pedalaman Tasikmalaya

Foto Instagram@jhe_ridzwan17

Tidak bisa dipungkiri bahwa, Jawa Barat mempunyai berbagai macam objek wisata yang pastinya mengesankan. Bahkan, panoramanya membuat kamu lupa diri. Salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan adalah Curug batu Blek. Banyak wisatawan sepakat, bila tempat ini adalah bagian surga di Tasikmalaya yang harus kamu kunjungi walau hanya sekali seumur hidup.

Sumber: Instagram @gerllend

Hal yang menarik yang bisa kamu temui di curug ini adalah kondisinya yang cukup asri dan sangat teduh. Apalagi, dengan intensitas air yang cukup deras, bersih, dan juga sangat jernih, dingin dan sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas berbagai macam penat

Mengenal Curug Batu Blek

Curug Batu Blek sendiri terletak di kaki Gunung Galunggung. Ada hal yang cukup unik tentang penamaan dari curug ini. Nama batu blek ini sendiri sebenarnya, diambil dari nama batu yang berwarna hitam. Dalam bahasa inggris hitam sendiri adalah bleck atau dalam bahasa jawa adalah blek.

Sumber: Instagram @sukamoto490

Ada juga versi lain yang mengatakan bahwa,  nama blek ini sendiri pun diambil dari bahasa Sunda. Karena, kedua bahasa ini pun hampir sama maka nama blek sendiri tetap dipertahankan. Selain itu, kamu juga bisa melihat beberapa batu-batu yang bentuknya sangat lucu. Ada yang seperti kaleng kerupuk lho.

Adanya Kijang Hutan

Salah satu hal yang paling menarik yang bisa kamu temui adalah Kijang hutan. Bila kamu ingin melihatnya dan membidiknya, jangan terlalu banyak bergerak ya. Karena setiap kali kamu bergerak sedikit saja, Kijang ini akan langsung lari jadi, senyapkan suara kamu ya.

Keindahan Curug Batu Blek

Sumber: Instagram @ indra4978satria

Keindahan Curug Batu Blek sendiri bisa kamu melihat karakteristiknya yang memiliki tinggi kurang lebih 7 meter. Di bawah alirannya pun kamu bisa melihat sebuah cekungan yang membuat kawasan ini menjadi sebuah kolam alami. Kamu bisa berendam atau juga berenang.

Tetapi, harus berhati-hati ya. kedalamannya kurang lebih 4 meter sampai 5 meter lho. Jadi, sangat berbahaya, apalagi pada saat musim penghujan yang debit airnya sangat deras. Bila ingin berenang, kamu bisa memanfaatkan cekungan yang berada disampingnya yang memiliki kedalaman hanya 50 cm hingga 90 cm. kamu juga bisa menyewa pelampung yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Sumber: Instagram @patricksenjaya

Di sekitarnya pula, kamu bisa melihat berbagai macam batuan mulai dari yang kecil hingga yang besar sekalipun. Berbicara yang besar, disini juga ada batu cukup besar yang bisa digunakan sebagai salah satu spot foto yang tidak boleh kamu lewatkan.

Cara Menuju ke Curug Batu Blek

Objek wisata ini terletak di Kawasan Kampung Cipeuteuy, Desa Sukamukti, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Jawa Barat. Salah satu jalur yang menyajikan keindahan adalah jalan Singaparna – ciawi dengan tujuan Desa Santana Mekar. Jaraknya hanya 15 kilometer saja lho.

Sumber: Instagram @miminmy79

Jalan yang menuju ke tempat ini cukup bagus lho dan sangat halus. Terlepas dari area parkir, kamu akan melewati berbagai rintangan yang cukup mengesankan. jaraknya kurang lebih 800 meter. Kamu bisa menyusuri sungai-sungai dan juga sawah-sawah yang sangat mengesankan.

Disarankan menuju ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi. Di Tasikmalaya, mempunyai banyak persewaan kendaraan dengan harga yang cukup bersahabat dan juga persyaratan yang cukup mudah dan tidak ribet lho. Maklum saja, menuju ke objek wisata ini belum ada transportasi umum yang akan mengantarkanmu ke tempat ini.

Penginapan

Tidak jauh dari objek wisata ini, kamu bisa melihat berbagai macam penginapan yang cukup banyak. Ada hotel yang bisa kamu pilih dengan harga mulai dari 90 ribu hingga 300 ribu. Pelayanannya juga cukup bersahaja lho. Dengan berbagai macam fasilitas, yang fasilitasnya bisa disesuaikan dengan harga yang akan kamu pilih.

Kesimpulan

Curug Batu Blek adalah tempat yang paling menarik untuk kamu kunjungi. Walaupun, ada banyak hal tantangan yang akan kamu temui satu per satu. Jangan lupa pula, kunjungi beberapa curug lainnya yang tidak jauh dari curug ini. Karena, dalam aliran Gunung Galunggung, ada kurang lebih 15 air terjun. Jadi, sudah siap belum menjelajah kawasan ini?