OUR NETWORK

Pulau Tunda, Sebuah Pulau Indah yang Tidak Boleh Anda Tunda-Tunda untuk Dikunjungi

Source Image: rahmiakhoerunnisa.blogspot.com

 

Jika anda sedang penat, stress akibat masalah pekerjaan atau berbagai konflik kehidupan, maka saatnya untuk memanjakan diri sejenak dengan berlibur ke tempat wisata. Kenapa disaat kondisi tersebut, berlibur adalah solusi yang tepat? Ya, karena jika anda terus bergelut pada semua hal yang membuat sakit hati dan amarah bergejolak, maka energy positif akan semakin terkikis. Bahkan anda bisa salah mengambil tindakan jika terbawa emosi sesaat.

Dengan berlibur, anda akan merasakan manfaat relaksasi dari alam, pikiran menjadi jernih, bahkan berdamai dengan kemarahan pun lebih mudah diperoleh sehingga tahu bagaimana menyelesaikan semua hal negatif yang sedang terjadi dan membuat diri anda optimis dan bahagia kembali.

Berbicara soal liburan, pulau adalah tempat paling mengasyikan untuk dikunjungi. Tidak perlu jauh-jauh ke Bali apalagi sampai menghabiskan budget gila-gilaan untuk bertemu wisata bahari yang menarik,  Sebab di Serang Banten ada sebuah pulau yang sangat indah untuk dikunjungi. Namanya adalah Pulau Tunda.

Tidak percaya pulau ini bisa menjadi solusi ampuh untuk mengatasi rasa penat anda? Coba, deh, lihat potret keindahan dan hal menarik tentang Pulau Tunda di bawah ini.

Asal Muasal Nama Pulau Tunda

Sumber: rahmiakhoerunnisa.blogspot.com

Tahukah anda kenapa nama pulau ini dinamakan Pulau Tunda? Menurut warga setempat di sana, pada saat masa Kerajaan Banten dulu, di pulau ini adalah tempat persinggahan bagi Sultan Hasanuddin. Beliau adalah ayahanda dari Sunan Gunung Djati.

Saat itu mereka hendak melanjutkan perjalanan ke Cirebon. Sayangnya, perjalanan tersebut harus tertunda dan menunggu di sekitar pulau sebab cuaca buruk. Kejadian tersebutlah yang pada akhirnya membuat pulau ini bernama Pulau Tunda. Aduh, unik sekali bukan?

Ber-snorkeling  Asyik

Sumber: Instagram @infoserang

Jika anda ke Pulau Tunda, rasanya tidak lengkap apabila tidak melakukan aktivitas snorkeling. Pasalnya keindahan bawah laut di pulau ini sangatlah menarik dan menakjubkan.

Oh, ya, walaupun kebanyakan wisatawan yang hobi snorkeling lebih sering membawa peralatannya sendiri, bagi anda yang tidak ingin repot disini juga sudah tersedia alat snorkeling yang dapat disewa. Bahkan warga lokal yang ahli dalam hal ini pun siap mengajari anda yang masih pemula tentang cara snorkeling yang baik dan aman.

Sumber: Instagram @firdausialkahfi107

Jika anda tidak bisa berenang, jangan khawatir kegiatan snorkeling bisa tetap dilakukan dengan memakai life jacket atau pelampung. Jadi, anda tidak akan tenggelam. Ada dua spot untuk ber-snorkeling yaitu dibagian timur dan barat Pulau Tunda.

Bertemu Ikan Nemo dan Lumba-Lumba

Disini anda bisa melihat ikan badut atau sekarang lebih eksis dengan sapaan ikan nemo karena jenis ikan tersebut langsung tersohor pasca film animasi itu di putar diseluruh bioskop Indonesia.

Sumber: Instagram @akueko57

Warnanya yang sangat merah terlihat begitu mencolok sehingga sangat mudah untuk ditemukan. Apabila anda ingin mencarinya, maka bisa mencari di anemone. Mereka tinggal disana. Itulah kenapa pada akhirnya disebut ikan nemo. Ikan buntal juga ada. Tahu kan ikan buntal? Itu, loh yang ada di animasi Spongebob sebagai nyonya puff. Hihi.

Selain itu, bagi anda penggemar lumba-lumba, di Pulau Tunda hewan berparas lucu tersebut kerap kali singgah, loh. Sekawanan lumba-lumba itu sering muncul ke atas permukaan laut. Waktu yang paling tepat untuk melihatnya adalah saat matahari terbit. Pada saat moment ini jangan lupa untuk mengabadikannya dengan berfoto, ya.

Terdapat Homestay

Dikarenakan Pulau Tunda memang tidak dikelola oleh pemerintah, pulau ini pada akhirnya benar benar murni dikelola oleh penduduk aslinya sendiri. Bagi anda yang ingin menginap di pulau ini tidak ada villa atau hotel, namun tersedia homestay yang dibangun oleh penduduk lokal. Homestay tersebut ada di areal perkampungan penduduk. Sayangnya tidak dilengkapi AC sebab listrik di Pulau Tunda masih sering mati. Tapi disinilah kehangatan yang bisa anda dapatkan diantara dinginnya suasana pulau, sehingga akan merasa seperti sudah menjadi bagian dari mereka alias keluarga.

Ada Taman Bacaan

Sumber: Instagram @ibetgeulis

Hal menarik lainnya di pulau ini adalah terdapat taman bacaan. Ya, taman tersebut ditujukan untuk anak-anak perkampungan disana. Posisi mereka yang jauh dari daratan membuat akses informasi tidak secepat di kota besar. Itulah kenapa buku adalah solusi supaya mereka tidak tertinggal dengan modernitas yang tengah terjadi.

Apabila anda sedang berlibur ke pulau ini jangan lupa bawa buku yang masih layak dibaca untuk disumbangkan, ya. Anak-anak disana pasti akan senan

Nikmati Kuliner Lezat

Tidak lengkap apabila anda pergi ke sebuah pulau namun tanpa mencicipi kuliner lezatnya yang khas dan bisa memanjakan lidah.

Sumber: Instagram @imat_ts

Bagi anda yang hobi memancing, maka hasil tangkapan tersebut bisa langsung diolah di pulau ini. Ikan-ikan tersebut biasanya sering berkumpul di koral dekat pulau. Anda bisa menggelar acara bakar-bakar Ikan.

Sering Dapat Kiriman Sampah

Sayangnya nih, ada satu hal yang memprihatinkan di Pulau Tunda. Posisi pulau ini yang berada di sebelah barat Kepulauan Seribu membuat Pulau Tunda sering sekali terkena dampak sampah laut yang terbawa arus. So, bagi anda yang kesini jangan sampai membuang sampah sembarangan ya. Apalagi sampai membuangnya ke air laut. Wah, itu benar-benar bisa merusak keindahan Pulau Tunda.

Akses Lokasi

Sumber: nawacita.co

Cara Menuju Pulau Tunda

Untuk sampai ke pulau ini anda bisa melalui jalur tol Kebun Jeruk – Merak, lalu menembus tol Serang Timur. Selanjutnya berangkat ke Dermaga Karangantu.

Ya, untuk pergi ke pulau ini anda harus siap melakukan perjalanan laut. Anda bisa naik kapal biasa atau kapal motor. Dua-duanya berangkat dari Dermaga Karangantu hanya sekali setiap harinya mulai pukul 1 siang. Estimasi waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan.

Walaupun nama pulaunya adalah Pulau Tunda, tapi tentunya anda tidak boleh menunda dong untuk pergi ke pulau ini. Sangat recommended untuk dikunjungi, apalagi pulau ini memang benar-benar masih sangat asri dan tidak terlalu banyak dijamah oleh sentuhan modern sehingga menghadirkan atmosfer pulau yang khas dan unik tersendiri.

Jadi jangan sampai tidak mengunjunginya, ya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…