in

Rekomendasi Wisata dan Penginapan Cantik di Nusa Penida, Keren!

Sumber Gambar: saltinourhair.com

Sedikit menyebrang dari Bali, ada sebuah pulau yakni Nusa Penida yang masih masuk ke wilayah Bali tepatnya wilayah Kabupaten Klungkung. Keindahan nusa ini tak kalah dengan Pulau Bali, di nusa ini kamu akan melihat keindahan bahari berupa hamparan pasir putih di pantai yang indah serta biru air lautnya yang jernih.

Untuk bisa menuju ke Nusa Penida akomodasi yang bisa kamu gunakan hanya melalui jalur laut saja yakni dengan menyebrang dari Pelabuhan Sanur di Bali lalu pilih tujuan penyebrangan langsung menuju ke Nusa Penida tepatnya Pelabuhan Toya Pakeh dengan speed boat seharga Rp 75.000 hingga Rp 100.000 per orang untuk 1 kali penyebrangan saja dan memakan waktu 30 menit sampai 1 jam.

Kamu bisa memilih jam penyebrangan mulai pukul 08.30 pagi hingga 17.00 sore. Setibanya di Nusa Penida maka kamu bisa melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi berbagai macam destinasi wisata andalan disana, sebaiknya kamu menyewa kendaraan roda 2 agar lebih mudah berlalu-lalang dan lebih simple. Bila kamu masih bingung mengenai destinasi wisata apa yang sebaiknya kamu datangi ketika berada di Nusa Penida maka sebaiknya simak rekomendasi tempat wisata dan penginapan terbaik di Nusa Penida berikut ini ya!

Rekomendasi Wisata di Nusa Penida

  • BROKEN BEACH

Sumber Gambar: Google Maps @Lil Valz

Bagi kamu pecinta air laut yang biru jernih harus meluangkan waktu ke Broken Beach atau Pasih Uug yang berada di Banjar Sumpang, Bunga Mekar, Nusa Penida. Ini adalah salah satu rekomendasi yang patut kamu datangi karena disana kamu akan melihat tebing karang yang menjorok ke arah lautan dan membentuk lobang raksasa di bagian tengahnya akibat abrasi. Kegiatan yang dapat kamu lakukan disini adalah berswafoto dengan pemandangan menakjubkan dari keindahan tebing dan juga air laut yang jernih.

  • Angel’s Billabong

Sumber Gambar: Google Maps @OX3

Beranjak dari Broken Beach kamu bisa berjalan kaki menuju Angel’s Billabong yang merupakan sebuah cekungan di antara tebing yang ada di bibir Pasih Uug (Broken Beach). Disini airnya sangat jernih, bening dan tenang sehingga beberapa pengunjung ada yang mencoba untuk berenang di cekungan ini selain itu kamu juga bisa melihat biota laut yang ada di dasarnya. Permukaan dasar Angel’s Billabong terlihat lebih tinggi daripada bibir laut yang ada di depannya sehingga tak jarang bila kita melihatnya dari kejauhan terkesan menyatu dengan laut.

  • SUWEHAN BEACH

Sumber Gambar: Google Maps @Maho Merlino

Wisata pantai lainnya di Nusa Penida adalah Suwehan Beach, pantai sepanjang 400 meter ini memiliki kecantikan pad warna air lautnya yang bergradasi biru tua, biru muda dan hijau serta hamparan pasir butihnya yang bersih. Selain itu, pantai ini juga eksotis karena banyak bebatuan alami di bibir pantai dan dikelilingi dengan tebing – tebing batu yang tinggi sehingga kamu akan melihat fenomena ketika ombak bertabrakan dengan sisi bawah tebing yang akan membuat kamu heran.

Di tengah pantai tak jauh dari tepian ada sebuah batu raksasa yang dikenal dengan Batu Jineng atau Volcom Stone yang akan menambah kecantikan dari pantai ini. Lokasi Suwehan Beach ada di Tanglad, untuk bisa tiba disana kamu harus melewati desa dan jalanan kecil yang hanya bisa dilalui motor lalu memarkirkannya di area parkir dilanjutkan dengan berjalan kako dan menuruni anak tangga sejauh 300 meter.

  • Diamond Beach

Sumber Gambar: Google Maps @beyond of my imagination

Pantai ini berada di sebelah timur Nusa Penida tepatnya di Desa Pejukutan kurang lebih memakan waktu 1 jam dari Pelabuhan Toya Pakeh dengan berkendara. Disini kamu bisa melihat hamparan pasir putih yang lagi-lagi bersamaan dengan air laut yang biru jernih, salah satu daya tarik pantai ini karena terdapat sebuah batu karang berukuran raksasa yang bentuknya menyerupai bongkahan berlian.

  • Kelingking Beach

Sumber Gambar: Google Maps @Vittorio Ersan

Keindahan pantai yang satu ini juga akan menyita waktumu, disini kamu akan melihat ada sebuah karang yang bentuknya menyerupai jari kelingking. Pantai ini paling ikonik karena terdapat jalan setapak di tebingnya dilengkapi dengan ratusan anak tangga yang bisa kamu susuri, biasanya para pengunjung akan berfoto di anak tangga dengan latar belakang keindahan dari Kelingking Beach.

  • Crystal Bay

Sumber Gambar: Google Maps @Wayan Pantes

Garis pantai yang satu ini cukup panjang yakni 1.000 meter sehingga kamu bisa menikmati hamparan pasirnya yang halus sambil berjemur disana. Selain itu, kamu juga bisa menikmati air lautnya yang jernik bak kristal dengan cara snorkeling atau diving dan nantinya kamu bisa bertemu dengan kawanan ikan mola-mola yang berbentuk besar.

  • Bukit Teletubbies

Sumber Gambar: Google Maps @Allen Wen

 

Beralih dari wisata bahari, kali ini kamu bisa datang ke Bukit Teletubbies yang membentang diperbatasan Desa Sekartaji dengan Desa Tanglad. Dari atas bukit ini kamu akan disuguhkan pemandangan berupa pemukiman penduduk, area perbukitan hingga melihat penampakan birunya air laut dari Pantai Suwehan dan Pantai Diamond dari sisi bukit yang terdekat dengan kedua pantai tersebut.

Disini kamu bisa duduk santai dihamparan padang hijau yang luas sambil menikmati udara yang sejuk dan untuk kamu yang suka berfoto juga bisa mengabadikan moment dengan berfoto dengan latar belakang perbukitan. Bila berkunjung kesini sebaiknya saat musim hujan karena jika kamu datang saat kemarau kamu tak akan melihat hijaunya hamparan bukit melainkan hanyalah rerumputan yang kering dan gersang.

Rekomendasi Penginapan di Nusa Penida

  • The Dewi Sunsun Suite

Sumber Gambar: Google Maps @Hotelbed

Hotel ini terletak tak begitu jauh dari Pelabuhan Toya Pakeh, bangunannya sangat unik terbuat dari gabungan kayu dan juga bambu. Bila kamu senang dengan penginapan yang bisa langsung memandang keindahan pantai maka The Dewi Sunsun Suite adalah pilihan yang tepat, cukup dengan harga mulai dari Rp 350.000 permalam untuk tipe kamar terendah kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas disini.

  • Mahaloka Valley

Sumber Gambar: Google Maps @Mahaloka Valley

Hotel ini cocok kamu singgahi karena berada tidak jauh dari Crystal Bay, hanya sejauh 750 meter atau setara dengan berkendara selama 10 menit saja. Hotel ini terasa cukup adem karena dikelilingi oleh perbukitan tinggi dan hamparan pepohonan hijau, disini kamu juga bisa berenang karena terdapat fasilitas umum berupa kolam renang. Harga kamar terendah dengan kapasitas 2 orang yakni mulai dari Rp 850.000 per malam belum termasuk dengan sarapan.

  • Tropical Glamping Bali, Nusa Penida

Sumber Gambar: Google Maps @Tropical Glamping Bali

 

Untuk menikmati keindahan bahari Nusa Penida dengan cara unik maka kamu bisa menginap di penginapan yang mengusung konsep glamping ini. Tropical Glamping Bali ini berada di Desa Pelilit, Nusa Penida dekat  dengan Diamond Beach yakni hanya sekitar 5 – 7 menit saja. Fasilitas di glamping ini terbilang sangat bagus karena terdapat fasilitas seperti jaring dari tali tambang yang sangat kuat di salah satu tipe kamarnya, dari atas jaring ini kamu bisa duduk atau berbaring untuk menikmati indahnya Diamond Beach persis didepan mata.