From Korea With Love Concert

Berselfie Dengan Kecantikan Kelingking Beach di Nusa Penida

Bergeser sedikit dari Pulau Bali terdapat wilayah lain yang bisa menjadi pilihan untuk kamu berlibur yakni dikenal dengan nama 3 Nusa atau 3 Pulau yang terdiri dari Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida. Ke 3 nama pulau tersebut pelan-pelan mulai terdengar hingga ke telinga para wisatawan mancanegara, ketiga pulau tersebut sebenarnya masih masuk dalam wilayah administratif dari Pulau Bali khususnya Kabupaten Klungkung.
Kali ini Wisato.id tak akan mengulas langsung ke 3 nusa tersebut tetapi membahas salah satu nusa terlebih dahulu yang didalamnya juga memiliki keindahan bahari yang tak kalah dengan Bali bahkan bisa dibilang lebih nyaman dan cocok untuk kamu yang mencari ketenangan karena wilayahnya tergolong tak begitu ramai yaitu Nusa Penida.
Nusa Penida berbentuk pulau kecil namun dari ke 3 nusa tersebut Nusa Penidalah yang memiliki luas paling besar, Nusa Penida berada tak jauh dari Pulau Bali tepatnya di bagian tenggara dari Pulau Bali dan dipisahkan oleh sebuah selat yaitu Selat Badung. Di Nusa Penida masih banyak sekali pantai dengan hamparan pasir putih yang terlihat bak perawan seperti belum tersentuh tangan manusia selain itu kamu bisa melihat pemandangan tebing – tebing yang tinggi, menikmati kuliner sambil menunggu sunset hingga mencoba menyelam untuk menengok kecantikan bawah laut.
Salah satu wisata bahari yang sangat cantik yang dapat kamu singgahi adalah Pantai Kelingking yang berada di Desa Bunga Mekar tak jauh dari Pelabuhan Toya Pakeh yang merupakan pelabuhan utama di Nusa Penida. Yuk, simak ulasan tentang pantai ini!

Kelingking Beach

Sumber Gambar: Google Maps @yesha aldinata

Pantai ini sungguh sangat indah, sejauh mata memandang kamu akan takjub melihat laut luas dengan airnya yang biru jernih ditemani sedikit pasir putih dibibir pantai. Pantai ini tak begitu saja bisa kita datangi karena butuh tenaga ekstra untuk mencapainya yaitu berjalanan kaki mulai dari area parkir kendaraan lalu menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam. Pantainya berada jauh dibawah tebing, kamu harus menuruni anak tangga yang ada di tebing tersebut dengan ketinggian mencapai 300 meter hingga ke bibir pantai.
Namun, sebenarnya keindahan dan daya tarik dari Kelingking Beach berada di tebingnya karena di tebing yang terdapat ratusan anak tangga inilah yang menjadi spot terfavorit bagi para pengunjung.  Kamu bisa menuruni anak tangga hingga ke posisi tengah yaitu posisi terbaik untuk berfoto sehingga terlihat latar belakangnya yaitu lautana biru nan luas serta sebuah tebing yang terlihat berbentuk seperti jari kelingking manusia walau sebenarnya lebih terlihat seperti bentuk dinosaurus.

Sumber Gambar: balicheapesttours.com

Berfoto dari atas tebing pantai ini harus sabar dan berhati-hati karna jalannya hanya setapak serta banyak pengunjung yang rela antre untuk gantian berfoto di spot ini, sebenarnya kamu juga bisa turun hingga ke bibir pantai namun kamu harus meluangkan waktu lebih lama lagi karena total perjalanan untuk turun ke bawah menuju pantai hingga naik kembali ke tempat awal yaitu keatas tebing membutuhkan waktu 1 jam.
Beberapa informasi dari warga sekitar mengatakan bahwa sebaiknya pengunjung cukup menikmati keindahan pantai dari atas tebing saja dan tidak disarankan untuk turun hingga bibir pantai karena ombak disini sangat besar dan sebelumnya sudah terjadi beberapa kali kejadian yaitu pengunjung yang terseret ombak.

Sumber Gambar: balicheapesttours.com

Untuk masuk ke area pantai ini kamu dikenakan tiket masuk biasanya Rp 5.000 saja dan tambahan Rp 2.000 bila kamu membawa kendaraan, waktu terbaik untuk mengunjungi wisata adalah pagi hari karena cuaca tidak terik dan belum ramai pengunjung sehingga kamu punya waktu lebih lama dan leluasa untuk berfoto dan menikmati keindahan pantai dari atas tebing.
Bila kamu ingin beristirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan wisata selanjutnya maka tak perlu khawatir karena tak jauh dari lahan parkir ada beberapa warung-warung yang menyediakan sajian makanan serta minuman yang bisa kamu coba.

Akomodasi ke Kelingking Beach

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: water-sports-bali.com

  • Menggunakan agent tour

Bila kamu ingin kemudahan dan tidak ingin ribet maka sebaiknya kamu menggunakan jasa dari agent tour yang bisa kamu pesan beberapa hari sebelumnya atau bisa juga di hari H saat kamu berangkat. Untuk memulai perjalanan ke Kelingking Beach maka dari Pulau Bali kamu harus menyebrang terlebih dahulu ke Nusa Penida dari Pelabuhan Sanur, di pelabuhan inilah kamu bisa menemukan banyak sekali counter yang menyediakan jasa tour ke Nusa Penida dan biasanya biayanya sudah “all In” artinya kamu tinggal bayar dan duduk tenang saja lalu para agent tour akan menyiapkan semuanya untuk kamu.
Rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk jasa tour ini mulai dari Rp 500.000 sampai jutaan tergantung dari pilihan paket yang kamu pilih misalnya paket wisata Nusa Penida selama 8 jam, 1 hari, 3D2N dll selain itu juga tergantung dari jenis aktivitas yang akan dilakukan misalnya bila kamu memilih aktivitas tambahan snorkeling atau diving maka biayanya akan lebih mahal. Harga yang ditawarkan agent tour ini semuanya sudah termasuk tiket fastboat menyebrang PP, kendaraan selama disana, tiket masuk wisata dan parkir serta makan siang yang disediakan oleh agent tersebut biasanya kamu akan diberikan berupa nasi box.
  • Perjalanan pribadi

Bila ingin menghemat biaya atau mungkin kamu ingin lebih leluasa dan tak terburu-buru saat menikmati wisata di Nusa Penida maka kamu bisa melakukan perjalanan pribadi, tak begitu sulit kok. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menuju ke Kelingking Beach, Nusa Penida :
  1. Dari Pelabuhan Sanur kamu bisa memilih penyebrangan langsung menuju ke Nusa Penida dengan speed boat, cukup siapkan uang mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 100.000 per orang untuk 1 kali penyebrangan. Untuk jam penyebrangannya sendiri biasanya dimulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore saja maka kamu harus pastikan jangan sampai tertinggal dari jadwal yang sudah ada.
  2. Menyebrang dari Pelabuhan Sanur ke Pelabuhan Toya Pakeh di Nusa Penida butuh 30 menit saja, pastikan kamu menjaga keamanan barang sendiri-sendiri jangan sampai ada yang tertinggal ketika turun dari fastboat.
  3. Setibanya di Nusa Penida, kamu bisa menyewa kendaraan terlebih dahulu caranya bisa kamu lakukan 1 hari sebelum atau hari H sebelum kamu tiba di Nusa Penida biasanya biaya sewa kendaraan disana mulai dari Rp 70.000 per hari untuk motor. Disarankan untuk menyewa motor saja agar lebih mudah wara-wiri dan lebih hemat waktu nantinya.
  4. Setelah sewa kendaraan maka lanjutkan perjalanan mu menuju ke Kelingking Beach yang berada tidak begitu jauh dari Pelabuhan Toya Pakeh yakni sekitar 15 km atau setara dengan 35 menit berkendara.

Tips liburan di Kelingking Beach

Sumber Gambar: saltinourhair.com

  1. Karena cuaca di Nusa Penida cukup terik maka pastikan kamu berjalan lebih pagi atau bila memang harus berjalan di siang hari maka kamu harus memakai krim tabir surya terlebih dahulu.
  2. Pakailah pakaian yang menyerap keringat karena kamu akan melakukan perjalanan panjang serta trekking. Bila kamu menggunakan pakaian terbuka maka jangan lupa untuk tetap mengoleskan seluruh tubuh dan wajah dengan krim tabir surya.
  3. Pakailah alas kaki yang nyaman, tidak licin dan sesuai dengan medan trekking disana. Untuk wanita baiknya jangan menggunakan alas kaki yang memiliki hak mengingat hal tersebut bisa berbahaya saat kamu menyusuri jalan setapak menuju spot foto di Kelingking Beach ataupun destinasi lainnya.
  4. Bawalah barang secukupnya saja jangan sampai memberatkan diri sendiri, jangan lupa untuk membawa obat-obatan bagi kamu yang selalu membutuhkannya.
  5. Pastikan dirimu dalam keadaan fit dan sudah mengisi tenaga dengan makan dan minum secukupnya sebelum melakukan perjalanan.
  6. Siapkan uang tunai secukupnya agar mempermudah kamu ketika akan bertransaksi misalnya membeli makan diwarung, membayar parkir atau membeli kebutuhan lainnya yang mungkin secara mendadak kamu perlukan disana mengingat tak semua tempat wisata ada mesin ATM.
Happy Holidays!
Suource Featured Image: Kelingking Beach di Nusa Penida by http://theworldtravelguy.com
From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.