Menikmati Keindahan Merapi Dengan Berkemah Di Bukit Klangon Jogja

Mendaki adalah sebuah kegiatan menyenangkan tapi juga melelahkan sehingga banyak dari kalian yang ragu untuk melakukan kegiatan menyenangkan ini, selain itu medan yang sulit untuk dilalui juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang ragu untuk mulai mendaki. Jika kalian tertarik untuk mendaki kalian bisa kok untuk mencari sebuah bukit terlebih dahulu sebelum kalian memutuskan mendaki sebuah gunung karena bukit biasanya memiliki jalur yang lebih mudah dan tentu saja ketinggian yang jauh lebih rendah.

Sumber Gambar: Google Maps @Fathur Rohman

Salah satu bukit yang dapat kalian coba untuk daki adalah sebuah bukit di Jogja bernama Bukit Klangon yang memang biasanya dijadikan tempat mendaki para pendaki pemula apalagi ditambah jika bukit yang satu ini memiliki pemandangan yang indah. Di Bukit Klangon ini kalian bisa menikmati keindahan dan kegagahan dari Gunung Merapi karena jarak Bukit Klangon ini ke Gunung Merapi hanya berjarak enam kilometer saja.

Jadi jika kalian mencari sebuah lokasi buat kalian belajar mendaki dan sekalian berlibur rasanya kalian bisa mencoba untuk mengunjungi Bukit Klangon yang satu ini, karena tidak akan mengecewakan kalian.

Lokasi Dan Alamat Bukit Klangon

Jika kalian sudah siap untuk menghabiskan waktu kalian di Bukit Klangon, langsung saja untuk mengunjungi lokasinya yang berada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Bukit Klangon ini sendiri sudah dapat kalian akses dengan cukup mudah mau itu menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Jika kalian memutuskan untuk memulai perjalanan kalian dari pusat Kota Jogja kalian dapat menuju arah barat melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan kemudian belok ke utara melewati Jalan Bhayangkara kemudian lurus terus sampai melewati Jalan Jogonegaran. Ketika sampai di perempatan ambil arah menuju ke Barat melewati Jalan Kemetiran Kidul terus saja hingga kalian sampai di perempatan ambil arah menuju ke utara melewati Jalan Letjen Suprapto.

Setelah itu lurus terus kemudian belok ke kanan melewati Jalan Tentara Rakyat Mataram lurus saja terus dan kemudian menuju ke Jalan Magelang jalan terus lalu melewati bundaran belok ke timur melewati Jalan Padjajaran. Jika kalian takut tersesat kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi Google Maps untuk membawa kalian menuju ke arah Bukit Klangon sehingga kalian tidak perlu takut tersesat.

Aktivitas

Sumber Gambar: Google Maps @Pras Tyo

Ada banyak aktivitas yang bisa kalian lakukan ketika kalian mengunjungi lokasi Bukit Klangon ini apalagi jika kalian suka dengan kegiatan alam maka bukit yang satu ini sangat cocok untuk kalian. Untuk membantu kalian akan kami berikan kalian informasi mengenai aktivitas apa saja yang bisa kalian lakukan ketika kalian sedang berada di Bukit Klangon ini.

Lokasi Pendakian Buat Para Pendaki Pemula
Bukit Klangon ini merupakan sebuah lokasi yang sering digunakan untuk memberikan edukasi kepada pendaki pemula tapi bukan berarti semua pendaki yang mendaki di sini adalah pemula lho ya. Bukit ini tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu curam sehingga ketika kalian sedang mendaki di bukit ini tidak perlu heran jika banyak anak – anak atau remaja yang sedang mendaki.

Lokasi Buat Kalian Para Pecinta Downhill

Sumber Gambar: Google Maps @Edy Bonsai Lover

Bagi para pecinta aktivitas downhill, maka di Bukit Klangon terdapat jalur khusus untuk olahraga tersebut dan tidak tanggung-tanggung, jalur yang tersedia sepanjang 20 km, tentu saja menguji adrenalin, ditemani view alam pegunungan yang indah. Tapi buat kalian yang ingin melakukan aktivitas ini tentu kalian harus membawa sepeda kalian sendiri karena di Bukit Klangon ini sendiri belum menyediakan tempat penyewaan sepeda.

Berkemah

Sumber Gambar: Google Maps @ Agus Haryanto

Dengan pemandangan yang indah akan sangat disayangkan jika kalian tidak berkemah di lokasi camping ground yang sudah disediakan oleh pihak pengelola, area camping ground ini sendiri cukup luas sehingga kalian tidak perlu bersempit – sempitan. Apalagi di Bukit Klangon ini sendiri kalian dapat menikmati keindahan dan kegagahan Gunung Merapi dari jauh jika kalian berkemah di sini.

Terdapat satu spot khusus untuk menikmati keindahan Merapi serta keindahan alam sekitar berupa menara pandang yang bernama Gardu Pandang Rotary, Gardu Pandang Rotary ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 5 meter.

Jadi jika kalian adalah seorang pendaki pemula maka kalian dapat mempertimbangkan untuk mengunjungi Bukit Klangon ini.

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.