in

Salah Satu Bendungan Bagus Di Pidie Jaya, Irigasi Beuracan

Irigasi Beuracan

NAD atau nanggroe aceh darussalam bisa disebut sebagai salah satu daerah yang istimewa di indonesia. Daerah ini memiliki banyak keunikan terlebih sebagai serambi mekah di indonesia. Hal ini jugalah yang membuat daerah ini jadi salah satu daerah yang akan dikembangkan sebagai daerah wisata halal dalam program pemerintahan. Salah satu yang sekarang ini sedang dikembangkan adalah Irigasi Beuracan.

Irigasi Beuracan Sebagai Tempat Wisata

Irigasi Beuracan atau yang dikenal sebagai Krueng Beuracan merupakan salah satu tempat yang cukup unik. Tempat wisata ini ini pada dasarnya merupakan salah satu fasilitas umum yang dibangun oleh negara untuk melanjutkan air dari krueng atau sungai ke area persawahan.

Meski awalnya hanya digunakan sebagai fasilitas untuk pertanian, Krueng Beuracan kini juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk berwisata. Lalu apa saja yang menarik dari wisata irigasi ini? Berikut adalah ulasannya.

Perjalanan ke Krueng Beuracan yang asyik

Satu hal yang menarik dari Krueng Beuracan adalah keindahan pemandangan perjalanan yang akan kamu dapatkan saat menuju ke krueng ini. Sungai Beuracan memang sebuah areal yang masih sangat alami. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan air sungai untuk irigasi. Artinya daerah disekitar sungai masih sangat hijau.

Dengan daerah yang masih sangat hijau ini, perjalanan kamu ke area Sungai Beuracan ini menjadi sangat mengasyikkan. Kamu akan memulai perjalanan dari daerah persawahan yang menghijau hingga memasuki daerah alami yang ditumbuhi banyak tanaman. Sepanjang perjalanan, mata kamu akan disuguhi dengan alam yang menghijau sehingga akan sangat menyegarkan.

Bukan hanya itu, kamu yang datang dari kota ke daerah Pidie Jaya ini juga akan sangat terkesan dengan banyaknya jenis tumbuhan yang ada di sana. Pohon-pohon yang mungkin tidak kamu temukan di perkotaan sudah pasti akan kamu jumpai baik di perjalanan menuju ke Krueng Beuracan atau pada saat ada di lokasi wisata.

Suasana yang asri dan natural

Selain bisa mendapatkan pemandangan yang menarik saat perjalanan menuju ke Krueng Beuracan, hal lain yang tidak kalah menarik dari Krueng Beuracan adalah suasananya yang sangat asri dan natural.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya di daerah Krueng Beuracan kamu bisa melihat cukup banyak tanaman baru yang menarik yang tidak bisa kamu lihat di perkotaan. Hal ini disebabkan karena Krueng Beuracan memang merupakan sebuah tempat wisata yang asri dan natural.

Disini tanaman tumbuh dengan bebas, sehingga tidak jarang kamu juga akan bertemu dengan binatang liar. Jadi tempat ini sangat cocok untuk kamu yang sangat menyukai petualangan dan haus akan adrenalin.

Sayangnya jika datang kesini dengan anak-anak akan lebih baik jika kamu selalu mengawasinya. Pasalnya selain ada cukup banyak binatang liar, daerah wisata ini juga memiliki debit air yang cukup deras!

Lokasi dekat dengan area bersejarah

Hal yang tidak kalah menarik dari tempat wisata ini adalah areanya yang cukup kaya. Bukan hanya kaya dengan flora dan fauna yang menarik, Krueng Beuracan juga banyak menjadi pilihan tempat wisata yang bagi para wisatawan yang suka dengan peninggalan sejarah.

Yup! Aceh merupakan salah satu daerah pertama yang mendapatkan pengaruh ajaran Islam, inilah yang membuat kamu bisa belajar dan melihat jejak-jejak keislaman masa lampau dari daerah ini. Salah satu peninggalan sejarah Islam yang tidak boleh kamu lupakan saat berkunjung ke sini adalah Masjid Beuracan.

Masjid ini bisa di katakan sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini diperkirakan telah berusia lebih dari 300 tahun dan masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini. Masjid Beuracan dikenal juga dengan nama Masjid Pucok Krueng Beuracan.

Hal lain yang tidak kalah menarik dari masjid ini adalah mengenai bahan pembangunannya. Masjid Pucok Krueng Beuracan memang berusia sangat tua, akan tetapi perlu kamu tahu bahwa semua bangunan dibangun dengan menggunakan bahan kayu saja, tepatnya kayu jati. Inilah yang membuat masjid ini masih berdiri tegak meski sudah berusia lebih dari 300 tahun.

Selain hal menarik diatas, area Irigasi Beuracan juga memiliki lebih banyak lagi hal-hal istimewa untuk kamu. Oleh karena itu jangan ragu untuk berkunjung ya!