in

Menelisik Sejarah dan Mitos dari Mesjid Guci Keuramat Pidie Jaya

Mesjid Guci Keuramat

Bukan Indonesia namanya jika tidak memiliki daerah-daerah dan tempat-tempat dengan mitos unik. Tidak terkecuali tempat ibadah seperti masjid yang ada di Aceh yang memiliki nama Mesjid Guci Keuramat.

Sesuai namanya, masjid Ini memiliki legenda dan mitos unik. Untuk kamu yang tertarik hal-hal yang berbau sejarah legenda dan mitos, kamu bisa berkunjung ke masjid ini saat berwisata ke daerah Pidie Jaya Aceh

Fakta Unik dari Mesjid Guci Keuramat Bersejarah Ini

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Masjid Guci Keuramat ini memiliki beberapa benda yang dikeramatkan oleh warganya. Hal ini menjadi salah satu hal yang unik dan spesial untuk masjid tersebut.

Selain orang yang datang untuk beribadah, ada juga beberapa orang yang menggunakan benda-benda yang dikeramatkan tersebut untuk tujuan lain. Bagi kamu yang penasaran, berikut ini ada beberapa fakta unik dari Masjid Guci Keuramat.

Disebut dengan Masjid Batu Rumpong

Fakta pertama mengenai masjid kunci keramat ini adalah panggilan masyarakat yang diberikan padanya. Selain disebut dengan Masjid Guci Keuramat, masjid ini juga mendapatkan julukan lain yaitu Masjid Batu Rompong. Nama ini disematkan pada masjid ini karena di dalam masjid ada salah satu benda yang dikeramatkan dalam bentuk batu.

Salah satu masjid tertua di Aceh

Jika kamu datang ke daerah Pidie Jaya dan berkunjung ke Masjid Batu Rompong ini, kamu mungkin tidak akan melihat hal menarik dari masjid tersebut. Hal ini disebabkan karena masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Aceh. Karena usianya yang sudah tua, masjid ini ini memiliki kesan yang kuno.

Satu-satunya hal unik yang bisa didapatkan dari tampilan awal masjid ini adalah adanya tiang-tiang yang terbuat dari bambu yang panjangnya menembus atap masjid. Tiang dari bambu ini pada dasarnya memang bisa ditemukan di sebagian besar masjid tua yang ada di Aceh.

Tiang ini memiliki sejarah yang sangat penting, lho. Mengapa? Karena pada dasarnya tiang bambu yang menembus atap masjid ini digunakan sebagai alat bantu para muadzin mengumandangkan adzan sebelum adanya pengeras suara.

Memiliki benda yang di keramatkan

Hal menarik terakhir yang akan kami bahas sebagai daya tarik utama dari masjid tua di Aceh ini adalah banyaknya benda-benda yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitarnya. Setidaknya ada ada tiga benda yang yang menjadi simbol utama dari masjid tertua di Aceh ini. Benda tersebut antara lain adalah:

Batu Siprok

Batu Siprok adalah salah satu dari tiga benda yang dikeramatkan dan disimpan di masjid Batu Rompong ini. Batu ini juga merupakan penyebab pemberian nama Batu Rompong pada masjid ini. Dipercaya oleh masyarakat sekitar, batu Sipirok ini merupakan salah satu batu keramat dan hidup di zamannya. Hal ini sudah dipercaya oleh masyarakat secara turun temurun.

Dalam budaya modern, batu siprok ini juga masih dipercaya oleh masyarakat sebagai benda keramat. Hal ini masih terbukti dengan penggunaan batu tersebut sebagai salah satu cara untuk bersumpah dan bernazar. Konon disebutkan bahwa mereka yang bersumpah di atas batu ini akan mengalami penyakit aneh jika sumpahnya adalah sumpah palsu.

Guci keramat

Benda keramat lain yang bisa kamu temukan di Masjid Batu Rumpong ini adalah guci keramat. Guci keramat yang ada di masjid ini ada dua buah. Salah satunya memiliki bentuk yang sudah rusak sehingga dinamakan guci rumpong.

Menariknya, ada sebuah legenda atau mitos yang dipercaya oleh masyarakat menjadi penyebab rusaknya guci tersebut. Seperti yang dipercaya oleh masyarakat mengenai batu siprok, masyarakat di sekitar masjid ini juga percaya bahwa guci rumpong yang ada di dalam masjid tersebut dulunya merupakan benda yang hidup.

Kedua benda ini hidup dan memiliki kekuatan sehingga bertarung satu dengan yang lainnya. Akibat pertarungan ini, salah satu guci mengalami kekalahan dan rusak, ompong atau rumpong. Keberadaan guci rumpong pada Mesjid Guci Keuramat ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit saat minum air yang ada di dalamnya.

Yup! Ada banyak sekali hal unik yang menjadi mitos masyarakat disekitar Masjid tersebut bukan? Untuk kamu yang tertarik dengan benda bersejarah, kamu juga bisa datang ke tempat ini. Akan tetapi ingat ya, semua hal yang berhubungan dengan kesembuhan serta pengabulan permintaan datangnya dari Allah. Jadi jangan datang untuk maksud yang tidak-tidak ya!

Geomedia - JFK 2022