in

Serunya Berwisata Di Pantai Suak Ribee Aceh Barat

Tidak mau ketinggalan dengan pantai di kabupaten Aceh Lainnya, di Aceh Barat pun memiliki pantai ungulannya sendiri. Satu diantaranya yakni bernama Suak Ribee. Pantai yang sempat menjadi terjangan tsunami pasca 2004 silam tersebut, faktanya tetap menyisakan keindahan alami yang mampu menyihir setiap wisatawan yang bertemu dengannya.

Apa saja yang menarik jika anda berwisata ke Pantai Suak Ribee? Temukan jawabannya di bawa ini.

Rute Ke Lokasi Pantai Suak Ribee

Sumber: triptrus.com

Pantai Suak Ribee terletak di pesisir Kota Meulaboh, tepatnya di Aceh Barat. Jika anda ingin pergi ke lokasi ini maka bisa menggunakan angkutan umum atau pribadi karena akses jalannya terbilang sangat bagus.

Anda bisa memakai bus, angkot, ojeg bahkan becak motor sekalipun. Biasanya ongkos yang harus dikeluarkan dari dompet sekitar 5000 – 20.000 rupiah saja, dengan estimasi waktu tempuh 15 sampai 30 menit. Tergantung kecepatan dan jenis kendaraan yang dipakai

Pesona Pantai Suak Ribee

Sumber: Instagram @ayie2693

Di Pantai Suak Ribee anda bisa bersantai di bawah pohon, berenang, bermain pasir dan lain sebagainya. Daya tarik dari pantai ini terletak pada pasir hitamnya yang halus

Pasir tersebut membentang luas sejauh mata memandang. Tidak heran jika banyak anak-anak berlarian kesana-kemari dengan gembira di atas pasir hitam ini . Suasana di Pantai Suak Ribee pun seolah di-setting begitu mengasyikkan sehingga bisa menjadi tempat tujuan pilihan berpiknik keluarga yang berkesan di hati.

Sumber: Instagram @kustricahyoadisaputro

Sebagian pengunjung lainnya ada yang bermain bola pantai, ada yang sibuk narsis dengan tongsis, ada pula yang heboh meminta temannya bergantian difoto seolah ingin mendapatkan seribu kali jepretan karena tidak puas. Ini adalah hal yang sangat wajar siapapun pasti akan melakukan hal yang sama. Panorama kecantikan Pantai Suak Ribee memang pantas diabadikan dalam setiap kesempatan.

Fenomena Matahari Tenggelam Yang Cantik

Sumber: Instagram @darwanda12afit

Anda pasti setuju dimana pun pantai yang dikunjungi. Moment bersama sang surya yang akan tenggelam pasti selalu menjadi incaran wisatawan. Sebagai informasi nih, Pantai Suak Ribee terkenal akan sunset-nya yang indah loh. Itulah kenapa kawasan ini pun seolah mencapai puncak keramaiannya pada saat langit telah berubah menjadi senja.

Ini merupakan moment yang tidak bsa dilupakan oleh siapapun. Banyak pula fotografer yang sengaja men-jepret moment tersebut untuk dimasukkan pada galeri karya terapiknya. Ada juga yang sampai membuat video timelapse untuk diunggah ke YouTube karena fenomena sunset di Suak Ribee sangatlah memikat dan seluruh orang dunia harus mengetahuinya.

Fasilitas Pantai Suak Ribee

Sumber: Instagram @justmeandplants

Jangan khawatir untuk bermain air, mandi atau pun berenang di pantai ini sebab ombaknya terbilang cukup aman. Jika anda ingin mengganti pakaian, sudah tersedia pula toilet dan WC.

Fasilitas di Suak Ribee memang mengalami penurunan, hal ini tidak lain karena banyaknya fasilitas yang rusak saat bencana tsunami. Walaupun begitu pohon kelapa dan cemara dipinggir pantai nyatanya tak bergeming sedikitpun dan tetap berdiri kokoh untuk mempertahankan keeksotisan pantai ini.

Sumber: mimisaputra.blogspot.com

Disekitar Kota Meulaboh banyak hotel dan akomodasi lainnya yang bisa anda pakai apabila ingin menginap atau keesokan harinya akan mengunjungi Pantai Suak Ribee lagi. Setiap hotel memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing ada yang tarifnya murah ada pula yang mahal. Sesuaikan menurut selera anda saja dan budget tentunya. Biasanya harga yang ditawarkan berbanding lurus dengan fasilitas yang dperoleh.

Kopi Tubruk Suak Ribee Yang Melegenda

Sumber: Instagram @edifadhil

Apabila anda mengunjungi Pantai Suak Ribee rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi minuman khasnya yang sangat melegenda yaitu kopi tubruk. Uniknya, kopi ini disajikan dengan gelas terbalik dan beralaskan piring. Cara meminumnya lebih unik lagi yaitu dengan cara ditiup menggunakan sedotan atau pipet,  lalu kemudian menyeruput kopi dari pinggir piring atau tatakan

Kopi ini pun terbuat dari bubuk kopi asli khas Aceh. Rasanya walau terbilang pahit, namun menghadirkan kenikmatan tersendiri, dan membuat ketagihan. Menurut pengakuan warga sekitar penyajian kopi ini karena melihat kebiasana dari warga setempat yang kebanyakan senang menghabiskan waktu untuk mengobrol sambil meminum kopi di warung.

Dengan penyajiannya yang terbilang berbeda, justru membawa manfaat tersendiri yaitu kopi akan tetap hangat bahkan sampai tetesan terakhir. Wah keren sekali, bukan? Harga kopi tubruknya juga terbilang sangat murah, yaitu hanya 5000 rupiah saja. Istimewanya lagi warung yang menyajikan kopi tradisional ini masih terbilang sangat langka. Jadi hanya di Pantai Suak Tibee kopi tubruk khas Aceh dapat dinikmati.

Sekian pembahasan lengkap terkait Pantai Suak Ribee. Banyak sekali bukan hal menarik di Pantai ini? Jika anda kesempatan berkunjung ke Aceh, jangan sampai tidak mengunjungi Pantai hits di Aceh Barat ini, ya.

Salam.