Setitik Keindahan Dari Surga Wisata Curug Kembar Bogor

Tidak akan pernah ada matinya itulah kata yang tepat untuk menggambarkan geliat wisata alam Indonesia. Laut, danau, pegunungan, hutan dan air terjun adalah beberapa jenis wisata alam yang begitu di minati. Berbicara mengenai air terjun, ternyata Jawa Barat tepatnya di Bogor punya curug yang keindahannya surga. Dia adalah Curug Kembar, mau tahu seperti apa menariknya tempat tersebut? Mari ikuti ulasannya berikut.

Pesona Keindahan Curug Kembar

Sumber Gambar: Google Maps @RF Channel

Ketika memasuki area Curug Kembar kamu akan di sambut dengan hamparan pepohonan hijau yang membuat udara menjadi sejuk. Dua air terjun yang terlihat gagah dengan hamburan airnya yang jernih dan segar merupakan magnet tersendiri. Belum lagi adanya bebatuan di bawah curug yang menambah pemandangan sekitar menjadi lebih alami.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Pemberian nama Curug Kembar sendiri berasal dari kondisinya sendiri yang memiliki dua jalur air terjun. Air di curug ini sendiri masih sangat alami karena berasal dari Gunung Datang Kolle langsung yang tentunya belum tercemar. Tepat di bawah aliran air terjun terdapat telaga yang lumayan luas bisa digunakan sebagai tempat berendam.

Lokasi Curug Kembar Bogor

Air terjun tersembunyi yang punya keindahan surga ini terletak di Kampung Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Jonggol, Bogor. Ada beberapa jalur alterntif yang bisa kamu pilih saat akan berkunjung ke tempat ini. Pertama, kamu bisa lewat jalur Bogor-Sentul, lalu ke arah Babakan-Madang-Desa Karang Tengah-Kampung Wangun-Kampung Rasamala-Kampung

Rute alternatif kedua yang bisa kamu lalui yaitu lewat Bogor-Cibinong-Citeureup-Desa Tajur. Setelah sampai di desa Tajur lanjutkan perjalananmu ke Desa Cibadak hingga sampai ke Kampung Cibeureum.

Perjuaganmu masih belum selesai karena medan yang harus kamu lalui untuk sampai ke titik lokasi cukup menantang. Kondisi jalan yang naik turun, sedikit terjal dan licin adalah makananmu selama perjalanan nantinya.

Jam Operasional Curug

Sumber Gambar: Google Maps @MTB Bike Baik

Curug Kembar Bogor ini beroperasi setiap hari mulai dari Senin-Minggu, hari libur dan juga tanggal merah. Buka mulai dari pukul 08.00 pagi sampai 17.00 sore dengan harga tiketnya sebesar Rp 20.000. Tiket tersebut sudah termasuk tiket masuk ke curug Hordeng dan Ciburial sevesar Rp 5.000. Waktu terbaik saat mengunjungi tempat ini adalah di musim kemarau, karena jika kamu datang musim hujan jalanan menuju curug sangat licin.

Selain itu jalanan juga akan becek dan sedikit tergenang air hujan juga luapan curug. Tetapi meski medan yang kamu lalui nantinya bisa dibilang terjal semuanya akan terganti saat tiba. Pemandangan air terjun yang sangat cantik akan menjadi obat lelah paling mujarab.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Sumber Gambar: Google Maps @pesona eagle

Ada banyak aktifitas seru dan menarik yang bisa kamu lakukan di Curug Kembar. Berikut beberapa listnya yang bisa kamu coba.

  • Trekking, sepanjang perjalanan menuju ke air terjun merupakan spot trekking terbaik sambil melatih fisik. Jadi tanpa di sadari kamu sudah melakukan olahraga dengan berjalan kaki beberapa kilometer.
  • Menikmati Pemandangan, berwisata tanpa bersantai dan menikmati keindahan ciptaan Tuhan sudah pasti kerugian besar. Jadi di setiap kunjungan wisatamu pastikan menyisakan waktu untuk sekedar duduk menikmati alam, udara sejuk dan mengagumi ciptaan-Nya.
  • Bermain Air, karena kamu pergi ke tempat wisata air berupa curug tak lengkap jika tak bermain air. Kamu bisa berendam di telaga, berenang atau hanya sekedar memainkan cipratan air sambil bercanda.
  • Mengambil foto, abadikan setiap moment berhargamu dengan mengambil pose terbaikmu. Banyak tempat di curug dan sekitarnya yang perlu kamu potret dan jadikan kenangan indah. Pemandangan curug yang cantik ini memang biasanya kerap dijadikan sebagai latar foto prewed bagi calon mempelai.

Tips Saat Berkunjung

Sumber Gambar: Google Maps @RF Channel

Sumber Gambar: Google Maps @RF Channel

Perhatikan dan ikuti beberapa tips berikut agar acara liburanmu bisa tetap berjalan lanjar dan damai. Berikut beberapa listnya.

  • Kenakan sepatu selama perjalanan menuju ke curug karena medannya yang naik turun dan bisa saja licin saat hujan. Sepatu yang dimaksud adalah jenis sepatu olahraga yang anti selip jangan flat shoes atau high heels.
  • Jangan lupa bawa baju ganti dari rumah jika kamu ingin bermain air atau berenang.
  • Bawa perbekalan yang cukup karena di sana tidak ada tempat makan atau resto. Jika ada letaknya lumayan dan harus membutuhkan usaha lagi untuk berjalan.

Berlibur ke Curug Kembar Bogor memang menyenangkan apalagi jika bersama dengan orang terkasih. Sebagai saran jika ingin menikmati keindahannya secara seksama kamu bisa datang pada hari biasa.

Baca Juga : Melihat Keindahan Banten Dari Puncak Gunung Pulosari

Karena saat hari libur volume pengunjung akan naik imbasnya kamu tidak bisa menikmati indahnya curug secara leluasa. Bagaimana sudah tahu akan berkunjung kapan? Demikian dahulu ulasan menarik ini semoga bermanfaat.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.