OUR NETWORK

Sungai Kapuas, Sungai yang Memiliki Peranan Vital Bagi Masyarakat Rasau Jaya

Sumber: pegipegi.com

Halo, sahabat Wisato.id. Kali ini kita akan menengok sebuah sungai yang ada di Rasau Jaya. Namanya adalah Sungai Kapuas. Oh, ya, Rasau Jaya ini merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Kubu Raya. Luas wilayahnya sekitar 11, 07 Km dan hanya ada 6 desa disana.

Sungai Kapuas ini memiliki peranan yang sangat vital bagi masyarakat Rasau Jaya untuk menunjang kehidupan mereka. Wah, apa yang membuatnya bisa sangat vital? Yuk, cari tahu jawabannya dalam artikel spesial tentang Sungai Kapuas Rasau Jaya di bawah ini.

Sungai yang Memiliki Peranan Vital

Sumber: nusadaily.com

Itulah potret sungai Kapuas. Apabila anda ingin mengitari sungai ini maka bisa naik speedboat. Tahukah anda speedboat tidak hanya berfungsi untuk itu saja,  melainkan juga dijadikan alat transportasi yang paling sering dipakai oleh masyarakat di sana, seperti untuk membawa penumpang yang akan pergi ke daerah lain, anak-anak bersekolah juga mengantarkan barang. Jadi jangan heran apabila saat mengunjungi Sungai Kapuas ini, banyak sekali speedboat yang berseliweran dari mulai Rasau Jaya sampai dengan Teluk Batang.

Sumber: Instagram @angelafreanita

Selain speedboat transportasi air yang sering digunakan adalah motor klotok. Panjang kendaraan ini sekitar 30 meter dan lebarnya 4 meter. Bahannya terbuat dari kayu, lalu dikolaborasikan dengan mesin diesel supaya bekerja. Motor klotok ini sudah ada sejak puluhan tahun.  Nama beken lainnya dari kendaraan ini adalah motor tambang.

Sumber: Instagram @irawankusuma

Sebagian masyarakat Rasau Jaya juga lebih suka melalui jalur air yaitu dengan melewati Sungai Kapuas untuk menunjang aktivitas mereka ketimbang jalur darat. Kenapa? Karena jalan darat pembangunannya belum selesai, pengerjaan rabat betonnya belum tuntas, sehingga jalannya cenderung becek. Apalagi musim hujan, kondisinya jadi berlumpur parah.

Oh, ya, balik lagi bahas speedboat, nih, sekarang sering juga dijadikan untuk balapan loh di Sungai Kapuas. Tujuannya tentu saja bukan hanya untuk menguji adrenalin melainkan juga sebagai persembahan untuk menarik dan menyambut wisatawan serta hiburan bagi masyarakat setempat di sana.

Sumber: Printest

Saat pagelaran perdana tersebut, masyarakat yang bertempat tinggal di sekitaran Pelabuhan Rasau  Jaya langsung antusias menyaksikannya. Apalagi pertunjukan ini sama sekali belum pernah ada di Kalimantan Barat. Ditambah lagi adanya atraksi freestyle semakin menambah riuh suasana.

Rencananya jika pagelaran ini terus sukses, maka akan dibuatkan komunitas sehingga bukan hanya menjadi ajang satu kali diselenggarakan kemudian bubar, namun terus dilakukan secara rutin. Tentu saja diimbangi, dengan speedboat yang memang sudah dibuat atau didesain dengan konsep untuk balapan. Salah satu speedboat race yang paling tersohor dalam pagelaran perdana ini adalah bernama “Tersayang”  milik Pak Yusri. Hihi.

Memancing Ikan di Sungai Kapuas

Bagi anda yang suka memancing, maka bisa menyalurkan hobi tersebut di sungai ini. Bukan hanya bisa mendapatkan ikan lezat yang diperoleh, namun juga sambil bertemu orang-orang baru yang kemungkinan memiliki hobi sama.

Di sungai ini jenis ikannya sangat banyak. Salah satu ikan yang memiliki nilai jual tinggi adalah ikan “Ringau” atau nama bekennya adalah tiger fish. Per ekornya dihargai 20 ribu rupiah.

Sumber: Instagram @fish_fischool

Wah, wah, jadi kalau dapat 5 ekor saja bisa dapet 100 ribu. Aduh menggiurkan, ya? Itulah kenapa beberapa moment lalu, ikan ini menjadi bahan cuap-cuap heboh warga Rasau Jaya. Tentu saja karena harga jualnya yang tinggi. Tidak heran banyak dari warga Rasau Jaya, yang langsung dengan semangat mencari ikan tersebut diberbagai sungai  termasuk di Sungai Kapuas.

Menikmati Keindahan Sungai Kapuas dari Jembatan Kapuas Dua

Sumber: pegipegi.com

Selain dengan mengitarinya memakai speedboat atau motor klotok, Sungai Kapuas ini bisa anda nikmati juga keindahannya dari Jembatan Kapuas dua.

Dari jembatan ini pemandangan sungai tidak kalah indah, terlebih jika anda menikmatinya saat matahari hendak muncul atau pulang keperaduan. Uh, pasti menjadi moment ekslusif tersendiri.

Sumber: Instagram @budi.hartono.wu

Sebagai informasi tambahan, Jembatan Kapuas Dua ini baru diresmikan penggunaanya pada tahun 2007 silam. Demikianlah ulasan singkat dan menarik terkait Sungai Kapuas Rasau Jaya. Sangat mengasyikkan jika anda datang ke tempat ini untuk melihat aktivitas warga Rasau Jaya, sekaligus keliling sungai. Rasakanlah moment yang tidak terlupakan.

Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda dan ingat jika cari referensi obyek wisata yang ada di Indonesia, baca di wisato.id saja, ya. Hihi.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…