in

Pantai Batu Lubang, Surga Tersembunyi di Pulau Banggai Laut

Sumber Gambar: Facebook @Wonderful Banggai

Berbicara mengenai wisata pantai di daerah Sulawesi, mungkin nama Pantai Batu Lubang masih belum sepopuler wisata-wisata seperti Pantai Lakban atau Pantai Losari. Namun jika dibandingkan soal daya tarik wisatanya, pantai bernama Batu Lubang tersebut juga tidak kalah indah. Apalagi, pantai ini belum begitu banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Nah, bagaimana pesona wisata dari pantai ini? Yuk, kita simak ulasannya.

Letak dan Cara Menuju Pantai Batu Lubang

Berada di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah, pantai yang disebut-sebut sangat mirip dengan Pantai Karang Bolong di Anyer, Banten, Jawa Barat ini rupanya memang sangat pas untuk berwisata akhir pekan. Pasalnya, lokasi wisata ini jauh dari keramaian dan pengunjungnya pun belum sebanyak Pantai Losari.

Sumber: Instagram @iamhenryws

Untuk sampai di Pantai Batu Lubang, Anda harus menempuh perjalanan menggunakan boat dari pelabuhan menuju pintu masuk wisatanya yang ada di lepas pantai. Pulau Banggai Laut sendiri berada diantara Pulau Tallabu dan Pulau Peleng dimana memang dikenal wisata bawah lautnya yang eksotis. Anda hanya perlu menempuh perjalanan di tengah ombak laut yang sangat tenang sembari menikmati pemandangan dan begitu sadar, Anda sudah tiba di pantai yang Anda inginkan.

Daya Tarik Wisata Pantai Batu Lubang

Sumber Gambar: travelingyuk.com

Semua orang tahu, Tuhan tidak hanya memberkati orang-orang Sulawesi dengan suara indah mereka, namun juga memberkati tanah tersebut dengan deretan pantai yang eksotis dan pemandangannya memanjakan mata. Salah satu pantai yang dimaksud adalah Batu Lubang. Ada beberapa pesona wisata yang dimiliki oleh pantai yang mulai hits di social media tersebut, antara lain :

  1. Paduan Ombak yang Tenang dan Pepohonan yang Rimbun

    Sumber Gambar: Facebook @Wonderful Banggai

Sebuah pantai selalu identik dengan ombak dan pepohonan kelapa. Nah, di Batu Lubang, Anda bisa duduk bersantai di bawah rindangnya pepohonan yang meski bukan kelapa, namun sangat nyaman untuk bersantai menikmati deburan ombak yang tenang. Tentunya, jenis wisata ini sangat cocok untuk mereka yang ingin berdamai dengan alam, bukan?

  1. Berswafoto di Tengah Karang yang Bolong

    Sumber Gambar: Wonderful Banggai

Anda yang ingin mengabadikan momen di Batu Lubang juga bisa berswafoto di banyak spot menarik yang ada di pantai tersebut. Spot yang paling ikonik adalah karang yang bolong. Di pantai ini, Anda bisa melihat bagaimana tebing karang tepian pantai yang menjulang dengan dimana ada lubang menganga yang cukup besar.

  1. Air Laut yang Biru dan Jernih

Lantaran air laut di Batu Lubang sangat jernih, maka Anda bisa melihat ke kedalamannya dengan mata telanjang atau dengan snorkeling. Ada banyak pemandangan menarik, mulai dari koral warna-warni hingga gerombolan ikan berbagai jenis.

Wisata-Wisata Lain yang Ada di Sekitar Pantai Batu Lubang

Tidak hanya wisata di Pantai Batu Lubang saja, Anda juga bisa berwisata di lokasi-lokasi lain yang ada di sekitar pantai tersebut. Contohnya, Anda bisa mampir ke Desa Mandel. Desa yang letaknya ada persis di pinggir pantai ini menyimpan banyak keindahan bawah laut yang mana menjadi ciri khas perairan Indonesia Timur. Selain bersih, desa ini juga memiliki penduduk yang ramah dimana Anda bisa berbincang-bincang dengan mereka.

Ada juga wisata lain yang bernama Pantai Bongo. Pantai ini ada di Banggai Laut juga dan sangat dekat dengan Batu Lubang. Disana, Anda bisa melihat hamparan tebing yang dipenuhi tumbuhan-tumbuhan hijau. Selain bersih, pantai ini juga sangat cocok dijadikan sebagai spot berenang.

Demikian ulasan mengenai daya tarik wisata Pantai Batu Lubang yang ada di Banggai Laut. Semoga ulasannya bermanfaat dan bisa menjadi salah satu referensi wisata akhir pekan untuk Anda.