OUR NETWORK

Telaga Biru, Telaga di Halmahera Selatan Yang Unik

Sumber: travel1107.blogspot.com

Di daerah Maluku Utara, terdapat sebuah lokasi wisata yang mana menyimpan mitos berupa buaya putih penghuni telaga. Rupanya, lokasi wisata tersebut disebut sebagai Telaga Biru dan berada di Pulau Mandioli. Meski ada rahasia yang tidak bisa dikatakan, tetap ada banyak wisatawan lokal maupun dari luar daerah yang ingin menyaksikan keindahan telaga ini. Nah, kira-kira seperti apa pesona wisatanya? Yuk, kita simak ulasannya.

Letak dan Cara Menuju Telaga Biru

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, lokasi wisata unik dan indah ini berada di Pulau Mandioli. Pulau ini termasuk dalam gugusan pulau di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Dengan luas yang hanya mencapai 260 km2, Pulau Mandioli ternyata menyimpan banyak potensi wisata yang sangat eksotis dan tersebar di 12 desa yang ada disana. Salah satunya adalah Telaga Biru yang ada di Desa Waya.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, Anda bisa bertolak dari lokasi awal Anda menuju Halmahera. Setelah tiba di Labuha Ibu Kota Halmahera Selatan, Anda bisa menuju lokasi wisata dengan mengendarai motor. Namun, siapkan fisik yang prima lantaran medan menuju telaga ini cukup berat. Selain adanya tanjakan berbatu, Anda juga harus melewati jalan setapak yang sangat panjang dan juga perkebunan warga.

Daya Tarik Wisata Telaga Biru

Sumber: travel.detik.com

Masyarakat sekitar lokasi wisata sangat mempercayai dengan adanya mitos buaya putih di telaga ini. Namun hal ini bukanlah dianggap sebagai pengganggu, melainkan dikemas menjadi cerita menarik sehingga mendatangkan potensi wisata yang menguntungkan. Apalagi, birunya air telaga ini sudah menjadi ciri khas dari wisata disana.

Sumber: travel1107.blogspot.com

Sebenarnya, warna biru telaga bisa disebabkan karena banyak faktor. Tetapi faktor yang paling berpengaruh biasanya adalah adanya ganggang yang hidup di dalam perairan telaga. Bisa juga, warna biru telaga yang lebih biru dari air laut ini berasal dari pengaruh bebatuan kapur di dinding-dindingnya. Apapun itu, pesona wisata telaga ini tetap tidak pudar, antara lain :

  1. Tempatnya Teduh dan Menyenangkan

    Sumber: trepelin.com

     

Untuk tempat beristirahat, telaga ini adalah tempat yang tepat. Pasalnya, di sekitar telaga terdapat pepohonan lebat dan rindang khas hutan yang sangat cocok dijadikan tempat melepas penat setelah menempuh jauhnya perjalanan. Selain itu, disana juga terdapat lereng yang dipenuhi seresah daun dimana kadang dihinggapi burung-burung berbagai jenis yang berkicau di kejauhan.

  1. Air Telaga Jernih dan Menyegarkan

    Sumber: blog.pigijo.com

Lantaran tidak dipakai untuk berenang, air telaga yang tawar, jernih dan menyegarkan ini bisa Anda coba untuk konsumsi lho. Ada alasan mengapa telaga ini tidak dipakai untuk berenang. Hal ini karena belum ada yang tahu berapa kedalaman telaga tersebut. Konon katanya, bahkan kedalaman telaga ini lebih dalam dari laut sehingga mereka yang datang pun hanya cukup menikmati sajian indah pemandangan saja.

  1. Mitos Adanya Penunggu Buaya Putih

Seperti yang sudah diceritakan di awal, ada mitos yang ada disana, yakni adanya buaya putih penunggu telaga. Menurut kisah para orang tua daerah tersebut, ada cara yang bisa digunakan agar wisata disana tetap lancar, yakni Anda harus mencuci muka dengan air telaga begitu menginjakkan kaki disana. Terdengar menarik, bukan?

Wisata-Wisata Lain yang Ada di Sekitar Telaga Biru

Ketika berkunjung ke Halmahera Selatan, Anda tidak hanya harus berwisata di Telaga Biru, namun juga menuju wisata-wisata lainnya. Sebut saja di Pulau Tawale, Pulau Pogo-Pogo, dan Pulau Tagalaya. Semua pulau ini sangat menarik dan memiliki banyak destinasi wisata menarik yang sayang jika dilewatkan.

Demikian ulasan mengenai daya tarik wisata Telaga Biru di Halmahera Selatan. Semoga ulasannya bermanfat dan menjadi referensi wisata Anda.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…