in

Sungai Kohoin, Wisata Alam di Kota 1001 Sungai

Sungai Kohoin
Sumber Gambar: jalanblog.wordpress.com

Papua adalah salah satu tanah di Indonesia yang menyimpan kekayaan alam salah satunya adalah di Sorong. Daerah ini terkenal dengan sebutan Kota 1001 Sungai. Karena memang ada banyak sekali sungai yang mengalir di sana. Salah satu sungai yang wajib kamu datangi saat ke Sorong adalah Sungai Kohoin.

Keindahan yang Bisa Kamu Nikmati di Sungai Kohoin

Apa indahnya tempat wisata yang berupa sungai? Jangan salah, sungai yang satu ini cocok sekali untuk wisata keluarga maupun bersama teman-teman. Ini dia keindahan dari sungai eksotis di Kabupaten Sorong Selatan tersebut:

  1. Airnya Sangat Jernih dalam Taraf Sungai

Jika kamu mendengar kata sungai apa yang ada di dalam benak? Penuh batu, airnya banyak, hijau, coklat, atau apa? Sesama sungai, tempat yang satu ini memiliki kualitas air yang sangat jernih. Ya, karena warga di sini sangat merawat sungai yang memang menjadi kekayaan alamnya.

Sumber Gambar: Instagram @rizqiniyah

Air di sini sangat jernih jika dibandingkan dengan sungai yang ada di daerah lain. Air di Sungai Kohoin memang tak sebening kristal akan tetapi cenderung hijau tetapi jernih. Tak ada sampah berserakan di sini karena sangat dilestarikan oleh warga setempat.

  1. Banyak Berbatuan yang Bisa Digunakan untuk Peluncuran Alami

Sungai Kohoin juga dipenuhi dengan berbatuan yang bisa digunakan untuk peluncuran secara alami. Banyak batu besar yang licin sehingga dapat digunakan untuk meluncur dari atas ke bawah.

Sumber Gambar: Instagram @becienakoh

Wahana alami ini sangat disukai oleh anak-anak apalagi ditemani dengan gemercik air sungai yang mengalir. Tak hanya anak-anak saja, banyak orang dewasa yang melakukannya karena memang sangat asyik. Tak ayal bahwa sebagai orang dewasa pasti sangat rindu masa-masa bahagia bermain bersama dengan teman-teman di sungai.

  1. Dikelilingi oleh Pepohonan dan Tumbuhan yang Sangat Rindang

Warga Papua kebanyakan percaya bahwa menebang pohon ibarat menggunduli nenek moyangnya. Oleh karena itu, mereka sangat menjaga kelestarian alam terutama pepohonan yang merupakan sumber oksigen terbesar ini.

Sumber Gambar: Instagram @ubhikzs

Nah, di sekeliling Sungai Kohoin ini juga dipenuhi dengan tumbuhan yang sangat rindang. Kamu bisa menemukan berbagai jenis pohon dan semak belukar yang bahkan menelangkup melindungi air dari sinar matahari.

Oleh karena itu, banyak orang yang datang dan bermain di sungai ini karena suasanya yang sangat sejuk dan juga teduh. Dijamin, walaupun hanya sebuah sungai kamu tak akan ingin pulang cepat-cepat karena saking segarnya air di sana.

Dilestarikan oleh Pemerintah Daerah Sehingga Sangat Terawat

Pemerintah daerah Sorong memang sangat mengetahui potensi wisata salah satunya adalah sungai-sungai di sana. Sungai yang satu ini masuk ke dalam jajaran tempat wisata yang diberikan anggaran khusus dari pemerintah daerah.

Jalan menuju ke tempat wisata ini dibuat dengan baik sehingga memudahkan siapa saja yang akan pergi ke sana. Selanjutnya, tempat wisata ini juga memiliki anggaran yang cukup besar setiap tahunnya untuk pengembangan.

Oleh karena itu, walaupun kedengarannya hanya sungai tapi tempat ini sangat terawat dan membuat siapa saja betah berlama-lama di sini. Apakah kamu sudah makin penasaran?

Jadi, itu dia keindahan yang bisa kamu nikmati di Sungai Kohoin di Sorong. Kamu bisa datang bersama dengan teman-teman atau keluarga untuk menikmati segarnya air sungai yang terawat ini. Akan tetapi tetap hati-hati karena pada beberapa waktu tertentu, arusnya bisa sangat deras sehingga bisa membawa apa saja hanyut.