in

Pulau Duamo, Pulau Tengah Danau yang Menjadi Habitat Bagi Burung Walet

Pulau Duamo, Pulau Tengah Danau yang Menjadi Habitat Bagi Burung Walet

Sumber Gambar: kaumindependen.blogspot.com

Kalau membicarakan Danau Tigi, tentunya kita boleh melupakan keindahan alam yang ada di tengah danau ini. Pulau Duamo, pulau indah yang mempunyai keunikan tersendiri. Pulau ini tepat berada di tengah Danau Tigi. Biasanya para wisatawan yang berwisata ke Danau Tigi, akan mampir ke pulau ini untuk melihat keindahannya dari dekat.

Lokasi pulau ini tepatnya berada di Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua. Pulau Duamo ini berada di kaki Gunung Deiyai dan letaknya di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. sama seperti Pulau Samosir, pulau yang berada di tengah tengah Danau Tigi ini memiliki sejuta keindahan alam yang ada di dalamnya. Bagaimana tidak, pulau ini dapat menarik perhatian para wisatawan di sekitarnya dengan sekali lihat saja.

Tak hanya keindahan alam saja yang ditawarkan oleh Pulau Duamo. Saat berada di pulau ini kamu juga dapat melihat banyaknya Burung Walet yang beterbangan di sekitar pulau ini. Banyaknya para burung ini dikarenakan Pulau Duamo ini merupakan habitat asli dari para Burung Walet ini.

Lokasi Pulau Duamo

Pulau yang letaknya di tengah Danau Tigi ini, tepatnya berlokasi di Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua. Pulau ini bersemayam di Kampung Bomou, yang merupakan salah satu kampung di Distrik Tigi. Suasana alam di kampung ini masih sangat terjaga. Karena hal inilah Pulau Duamo menjadi salah satu destinasi wisata yang indah.

Bagi kamu yang sedang merencanakan untuk berlibur, Pulau Duamo sangat cocok untuk dimasukkan ke daftar perjalanan kamu.

Kamu  dapat menggunakan jalur udara untuk menuju ke danau ini. Jika kamu memulai perjalanan dari Jakarta, kamu dapat terbang langsung menuju Bandar Udara Enarotali. Ada banyak maskapai yang telah membuka tujuan ke Enarotali.

Ongkos yang perlu kamu siapkan untuk menuju ke Enarotali lumayan banyak. Kamu bisa merogoh kocek sekitar Rp 2,7 sampai Rp 3 juta untuk sekali transit ke Bandar Udara Enarotali. Lama perjalanan dari Jakarta – Enarotali biasanya akan memakan waktu 6 jam 7 menit.

Sesampainya di Enarotali, kamu dapat melanjutkan perjalanan kamu menuju ke kawasan Paniai. Tersedia dua jalur untuk menuju ke kawasan Danau Tigi yaitu melalui jalur darat dan jalur udara, jika kamu memilih untuk melalui jalur darat, kamu dapat menyewa bus untuk melalui medan yang berkelok kelok. Sebaliknya, jika kamu memilih melalui jalur udara, kamu dapat menaiki pesawat AMA dan AMAF yang bisa mendarat di dataran tinggi dengan landasan tanah.

Namun, kamu juga dapat pergi ke Kota Tigi dari Enarotali. Jalur ini merupakan jalur terbaik untuk akses ke Pulau Duamo. Karena dari Kota Tigi menuju ke Pulau Duamo hanya membutuhkan waktu 5 menit saja jika menggunakan kendaraan roda 4.

Sesampainya di Danau Tigi, kamu harus menyebrang dahulu jika ingin menuju ke Pulau Duamo. Karena letaknya yang berada di tengah danu, kamu dapat menggunakan perahu untuk sampai ke pulau ini.

Suasana Pulau Duamo

Sumber Gambar: suaradeiyai.blogspot.com

Sesampainya di pulau ini, kamu akan disambut dengan adanya batu besar yang berbentuk seperti wajah manusia. Tidak hanya sampai disitu, keunikan lain dapat kamu temukan di pulau ini. Salah satunya adalah banyaknya gua gua yang menjadi habitat para burung walet yang ada di pulau ini.

Di dalam pulau tersebut tentunya kamu dapat melihat banyaknya sarang walet yang berjejer di langit langit dan dinding gua. Habitat alami dari burung walet ini biasanya memiliki nilai jual yang tinggi. Harga sarang ini biasanya dipatok dari Rp 8 juta sampai Rp 13 juta per kilogramnya.

Baca Juga: Bukit Sontiri, Pesona Keindahan Tambrauw yang Tiada Duanya

Selain dari gua yang ditinggali oleh burung walet, ada satu gua unik lainnya. Jika kamu masuk ke gua ini, kamu akan menemukan dua patung besar di dalamnya. Patung tersebut merupakan patung Yesus dan Bunda Maria. Tidak ada yang tahu siapa yang membuat patung ini, karena patung ini sudah lama menghuni gua Pulau Duamo.

Sumber Gambar: Instagram @bernadeta_susi

Namun ada satu hal utama yang menjadikan pulau ini dapat menjadi daya tarik para wisatawan. Yaitu keindahan alamnya yang akan memuncak pada sore hari. Saat matahari terbenam, langit sore akan dihiasi oleh sunset yang dapat memanjakan mata para wisatawan yang melihatnya dari Pulau Duamo.

Sumber Gambar: celebes.co

Tak hanya itu, kamu dapat melakukan aktivitas lain di pulau ini, yaitu memancing. Saat sedang musim ikan gurame, pulau ini akan banyak dipenuhi oleh ikan ikan ini. Tentu saja kamu dapat memancing ikan ini dengan mengikuti lomba memancing ikan yang telah diadakan oleh pihak pengelola. Karena itulah waktu yang cocok untuk berwisata ke pulau ini adalah saat sedang musim gurame di daerah setempat.

Biaya Masuk Pulau Duamo

Pada umumnya sebagai wisatawan, kita tidak mau merogoh kocek terlalu banyak jika ingin berwisata. Nah, pulau ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menghemat biaya untuk berwisata. Tidak seperti wisata pada umumnya, Pulau Duamo akan merogoh kocek yang sama walaupun pada hari Libur. Kamu hanya perlu membayar Rp 100 ribu saja jika ingin masuk ke pulau ini.