in

Surga Keindahan Alam Di Pantai Lhok Geulumpang Aceh Jaya

Seperti yang kita tahu bahwa Aceh mempunyai banyak sekali kekayaan alam yang melimpah seolah tidak ada habisnya untuk diekspolarasi. Provinsi yang terkenal dengan julukan Serambi Mekah ini memang menawarkan kendahan alam yang menakjubkan terutama dari deretan pantai yang dimiliknya.

Ada satu pantai yang sangat mencuri perhatian di Kabupaten Aceh Jaya, yaitu Pantai Lhok Geulumpang. Sekilas namanya mirip dengan pantai yang ada di Aceh Timur, Kuala Geulumpang. Walaupun bernama akhir sama, keindahan yang dimiliki keduanya berbeda,loh.

Nah, pada kesempatan kali ini wisato.id akan mengupas tuntas segala hal tentang Pantai Lhok Geulumpang. Yuk, langsung saja intip pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Keindahan Pantai Lhok Geulumpang

Sumber: Instagram @acehvacation

Pantai Lhok Geulumpang  memiliki keunikan tersendiri karena diapit langsung oleh dua lautan.. Pada dasarnya pantai ini terbentuk dari dua pulau yang menyatu antara satu sama lain, sehingga membuatnya berbeda dari pantai yang lainnya.

Anda bisa dengan leluasa melihat pantai ini diapit oleh 2 air laut dari sisi kiri dan kanan, sehingga seperti tampak sebuah jalan yang membelah lautan. Panorama keren ini akan terlihat sangat jelas jika anda melihat pantai Geulumpang dari atas atau menggunakan drone.

Sumber: Instagram @waahyuhidayat

Pantai Lhok Geulumpang memiliki garis pantai yang landai serta putih lembut. Kondisi cuacanya memang terbilang lumayan panas, namun anda dapat berteduh di salah satu deretan pepohonon kelapa yang bisa ditemukan di area pesisir pantai. Keberadaan pohon kelapa tersebut secara tidak langsung ikut berkontribusi menambah kecantikan pantai ini.

Hamparan luas lautannya sangat memanjakan mata dan membuat kagum.  Angin sejuk pun seolah tidak lelah untuk terus berhembus dari lautan berpadu bersama deburan ombak yang silih berganti.

Sumber: Instagram @khalid_noer

Airnya yang berwarna biru jernih dan tidak terlalu dingin seolah merayu anda untuk menceburkan diri ke dalamnya. Anda bahkan dapat melihat bebatuan karang serta biota laut yang hidup dari atas permukaan air, karena saking jernihnya. Apa saja yang bisa dilakukan di pantai ini? Banyak, dong. anda bisa berenang, membuat istana pasir, bermain voli dan lain-lain.

Kendati demikian jika anda ingin berenang tetaplah berhati-hati. Pasalnya, gelombang ombak di Pantai Lhok Geulumpang kadang sulit sekali untuk diprediksi. Menurut berbagai sumber, sudah banyak kasus dimana wisatawan terseret arus ombak karena lengah pada saat berenang. Oh, ya, bagi yang memiliki hobi snorkeling dan diving di pantai ini pun anda bisa melakukannya, loh. Bahkan tersedia spot khususnya tersendiri.

Sumber: Instagram @acehjayatouristdestinations

Aktivitas seru tersebut biasanya sering dilakukan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara untuk melihat keindahan dunia bawah laut. Tapi anda tidak bisa melakukannya dengan bebas, karena nantinya akan didampingi oleh pemandu. Di bawah laut, anda bisa melihat  terumbu karang, rumput laut, berbagai jenis ikan yang berenang dan biota laut lainnya canti-cantik. Sebagian biota laut dilindungi dan tidak boleh dirusak

Jika anda lapar maka bisa berkunjung ke café-café yang ada di sekitar pantai. Cafe-cafe  itu menghidangkan beragam makanan dan minuman yang dapat dinikmati dengan nuansa outdoor. Tentunya akan semakin asyik jika menyantap makanan tersebut sembari ditemani pemandangan indah dari Pantai Lhok Geulumpang. Jika anda ingin bermalam di pantai ini  maka terdapat juga beberapa bungalow yang dapat dijadikan sebagai tempat menginap.

Rute Ke Pantai Lhok Geulumpang

Sumber: Instagram @hafas_azhar

Secara geografis letak Pantai Lhok Geulumpang berada di Desa Sawang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh. Nah, untuk mencapai lokasi ini. wisatawan setidaknya harus menempuh perjalanan sepanjang 140 kilometer. Kurang lebih menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam dari Banda Aceh

Namun apabila anda mengambil rute dari Kota Calang maka jarak yang ditempuh lebih sedikit yaitu hanya 18 kilometer saja. Anda bisa memakai kendaraan pribadi atau umum untuk mencapai lokasi pantai ini.

Sumber: Instagram @derry_am

Jika berangkat dari Banda Aceh maka bisa menggunakan Jalan Banda Aceh – Meulaboh yang kondisinya sudah sangat baik. Ya, memang dibutuhkan usaha ekstra supaya bisa bertemu dengan pantai hits di Aceh Jaya tersebut. Walau mungkin anda pasti lelah selama perjalanan, tapi dijamin, deh, setibanya di pantai pasti lelah anda langsung sirna seketika. Perjalanan panjang anda akan terbayarkan oleh pesona Pantai Lhok Geulumpang yang alami dan eksotis..

Sunset Yang Menawan

Sumber: Instagram @irvanugde

Biasanya saat sore hari telah tiba Pantai Geulumpang dipadati oleh wisatawan lokal yang sudah tidak sabar melihat sang surya kembali ke peraduannya alias sunset. Banyak yang mengabdikan moment ini bahkan membuat video timelapse.

Sumber: Instagram @mirroreye

Langit yang pada awalnya berwarna biru cerah berubah menjadi jingga menciptakan sebuah pemandangan bagai lukisan alami yang sangat menakjubkan. Seketika terciptalah suasana romanis yang tentunya akan semakin berkesan jika dinikmati bersama orang-orang yang anda cintai.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai Pantai Lhok Geulumpang. Keren sekali, bukan? Tunggu apalagi, jika anda bingung harus liburan kemana, pergi ke Pantai Lhok Geulumpang saja. Dijamin, liburan anda pasti berkesan.