in

Taman Bungur Sungai Kapuas, Tempat Favorit Untuk Bersantai

Sumber Gambar: Google Maps @Aprians Firdaus

Taman Bungur Sungai Kapuas terletak di Jalan Patimura, Kelurahan Tanjungpuri, Kabupaten Sintang. Taman ini terletak tepat di depan Rumah Dinas Bupati Sintang sehingga lokasi taman ini sangat mudah untuk dijangkau dan ditemukan. Seperti namanya, taman ini merupakan taman yang dibangun di tepian Sungai Kapuas. Karena lokasinya berada di tengah-tengah Kota, tempat ini menjadi salah satu tempat favorit masyarakat sekitar untuk menikmati waktu luang mereka untuk bersantai barang sejenak.

Taman ini menyediakan beberapa fasilitas yang dapat anda manfaatkan jika anda sedang berkunjung. Disini terdapat beberapa tempat makan yang bisa anda eksplor untuk berwisata kuliner dengan melihat pemandangan Sungai Kapuas. Selain itu, tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi bersama dengan keluarga anda, karena di tempat ini sudah di dukung dengan RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak). Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir membawa buah hati anda untuk berwisata di taman ini karena keamanannya sudah terjamin.

Sampai saat ini, Taman Bungur Sungai Kapuas masih sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan yang berasal dari luar daerah. Tak sedikit para pengunjung dari luar daerah yag memilih taman ini sebagai tempat beristirahat pada saat melakukan perjalanan jauh dan kebetulan melewati kawasan taman ini. Biasanya para pengunjung mampir untuk sekedar makan atau duduk-duduk bersantai menunggu rasa lelah hilang.

Sumber Gambar: Google Maps @Eko Fajriyanto

Taman ini akan sangat ramai dikunjungi pada saat sore hari dan pagi hari. Pada pagi hari, anda akan menjumpai beberapa masyarakat yang memanfaatkan taman ini sebagai sarana untuk berolahraga. Banyak dari masyarakat Kabupaten Sintang yang berolahraga di sekitar taman ini, anda akan menjumpai orang-orang sedang berjogging, bermain bulutangkis, lompat tali, dan lain-lain. Sedangkan pada sore hari anda akan dapat menikmati waktu senja sembari menunggu matahari terbenam. Momen sunset di taman ini menjadi salah satu unggulan daya tarik bagi para pengunjung.

Tiket Masuk dan Jam Buka Taman

Sumber Gambar: Google Maps @Aprians Firdaus

Untuk bisa menikmati objek wisata Taman Bungur Sungai Kapuas anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Tidak ada tiket masuk di taman ini. Hanya saja anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk biaya parkir. Namun perlu diingat, meskipun objek wisata ini tidak dikenakan biaya tiket masuk diharapkan kepada para pengunjung tetap menjaga kebersihan. Para pengunjung diharapkan dapat membuang sampah sesuai dengan tempatnya. Taman ini sempat mengalami bencana banjir, karena itulah pengelola taman sangat mengharap adanya kerjasama dari para pengunjung untuk menjaga kebersihan taman.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Di Taman

Sebagai salah satu objek wisata yang ada di wilayah Kota, taman ini menyediakan beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan untuk aktivitas berlibur anda. Selain bisa melakukan aktivitas berfoto-foto, anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas lainnya. Diantaranya adalah taman bermain untuk anak-anak, tempat wisata kuliner, aktivitas air seperti wake skate dan dayung. Selain itu, bagi anda yang ingin mengelilingi dan menyusuri Sungai Kapuas lebih jauh, anda bisa menaiki perahu yang disediakan disana. Tentunya anda juga perlu mengeluarkan biaya untuk bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada.

Sumber Gambar: Google Maps @Aprians Firdaus

Selain sebagai tempat wisata, taman ini juga dimanfaatkan oleh Pemerintah setempat sebagai tempat untuk menyelenggarakan beberapa kegiatan. Sudah banyak acara yang diadakan di taman ini, seperti lomba senam, lomba dayung, dan beberapa event yang berkaitan dengan tujuan untuk membangun kesadaran masyarakat atas kelestarian lingkungan sekitar. Pemerintah setempat berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan Taman Bungur Sungai Kapuas untuk kegiatan-kegiatan yang positif agar bisa membangun Kota Sintang yang lebih baik.