in

Taman Laut Olele, Indahnya Bikin Nagih

Sumber Gambar: Google Maps @R R

Indonesia memang begitu indah, sebuah Zamrud Khatulistiwa yang memiliki banyak pecahan-pecahan surga yang tertinggal di bumi. Deretan pulau-pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke membuat Indonesia memiliki begitu banyak pantai yang eksotis, dan juga taman bawah laut yang menyimpan keindahan tersembunyi. Tidak hanya Taman Laut Bunaken yang keindahannya sudah terkenal hingga ke penjuru dunia, karena masih ada spot lain yang menyajikan pemandangan bawah laut tak kalah indahnya, seperti Taman Laut Olele yang berlokasi di Gorontalo.

Bagaimana, apakah kamu pernah ke sana? Walau pun namanya belum terlalu familiar di kalangan pecinta snorkeling dan diving, namun Taman Bawah Laut Olele menjanjikanmu sebuah taman bawah laut yang sangat menawan. Bahkan di sana juga terdapat beberapa jenis sponge endemik, yang tidak akan ditemukan di berbagai belahan dunia mana pun.

Lokasi Taman Laut Olele

Secara geografis Taman Laut Olele berlokasi di Teluk Tomini, sebuah teluk yang sangat luas dan megah di Pulau Sulawesi. Sementara secara administratif, Taman Laut Olele terletak tidak jauh dari Pantai Olele, yang tepatnya berada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Apabila datang dari pusat Kota Gorontalo, kamu hanya perlu menempuh jarak sejauh 28 km dengan waktu tempuh selama 30 hingga 40 menit untuk sampai di Desa Olele.

Sumber Gambar: Google Maps @Tutur P. Purbosayekti

Dari Kota Gorontalo, mulailah perjalanan menuju ke arah selatan menuju Jalan Mayor Dullah. Setelah itu masuk dan ikuti Jalan Laksamana Martadinata hingga akhirnya masuk ke Jalan Trans Sulawesi. Kira-kira sekitar 19 km setelah melewati pelabuhan ferry Gorontalo, kamu akan menemukan sebuah jembatan yang lokasinya persis berada di sebuah tikungan. Tidak jauh dari sana kamu akan menemukan sebuah gerbang masuk bertuliskan ‘Obyek Wisata Bahari Taman Laut Olele. Dari gerbang tersebut, jarak Pantai Olele hanya sekitar 2 km.

Sekilas Tentang Pantai Olele

Sumber Gambar: Instagram @pelangiraya

Pantai Olele sebenarnya tidak terlalu istimewa, terlebih di sekitar pantai telah banyak rumah penduduk dan perahu nelayan yang bersandar. Meskipun demikian, Pantai Olele masih cukup bersih, dengan laut yang berwarna biru dan pasir putih yang bersih. Hal itu seakan menunjukkan kepedulian masyarakat Desa Olele terhadap pantai.

Sewa Glass Bottom Boat

Sumber Gambar: Mungs yuga

Untuk menuju ke spot-spot snorkeling atau diving, tidak ada cara lain kecuali dengan menyewa perahu. Kamu bisa menyewa glass bottom boat, yaitu sebuah perahu dengan alas yang terbuat dari kaca, sehingga bisa terlihat jelas pesona terumbu karang di Taman Laut Olele. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sewa 250 ribu rupiah untuk menggunakan glass bottom boat, yang berkapasitas 5 hingga 6 penumpang. Untuk lebih berhemat, kamu bisa pergi secara rombongan menuju ke spot-spot diving, sehingga kamu bisa patungan untuk membayat biaya sewa.

Harga Sewa Peralatan Snorkeling dan Diving

Sumber Gambar: Google Maps @Dunggio Hendra

Oh ya, sebelum berkunjung ke Taman Laut Olele ada baiknya kamu telah menyewa peralatan snorkeling dan diving. Untuk alat-alat snorkeling kamu bisa menyewanya di Pantai Olele, dengan harga sewa sekitar 50 ribu rupiah. Akan tetapi untuk peralatan diving kamu harus menyewanya di sekitar Kota Gorontalo dengan biaya sebesar 250 ribu rupiah.

Saatnya Menikmati Keindahan Taman Laut Olele

Sumber Gambar: frenchiesdivingbelize.com

Kamu akan menemukan banyak spot menyelam atau diving di Taman Laut Olele, seperti Jin Cave, Traffic Jam, Honeycomb, dan Muck Dive. Di antara spot diving yang ada, Traffic Jam adalah yang paling terkenal di Taman Laut Olele, karena di sana kamu akan disuguhi berbagai terumbu karang yang sangat cantik, yang membuat mayoritas penyelam akan berhenti sejenak untuk menikmati keindahannya. Alasan itu lah yang kemudian membuat spot ini dinamakan Traffic Jam, atau spot yang menjadi titik kemacetan di dalam laut.

Sumber Gambar: Instagram @ndamonoarfa

Kemudian untuk Jin Cave atau Goa Jin, di sana kamu akan menemukan sebuah terumbu karang yang menyerupai goa dengan kedalamn sekitar 22 meter, lengkap dengan ikan yang berwarna-warni.

Spesien Terumbu Karang Endemik

Sumber Gambar: Google Maps @R R

Taman Laut Olele juga memiliki terumbu karang endemik, yang tidak akan ditemukan di belahan dunia lainnya. Yang paling terkenal di Taman Laut Olele adalah jenis Salvador Dali, yaitu spesie sponge coral yang bentuknya mirip seperti hasil lukisan pelukis ternama asal Spanyol, Salvador Dali.