in

Ini 5 Alasan Pulau Adranan Jadi Pilihan Tepat untuk Berlibur

Sumber Gambar: pinteres @tukang_jalan

Indonesia terkenal akan luasnya tanah dan perairan yang menciptakan destinasi-destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Seperti Pulau Adranan yang terletak pada bagian utara Pulau Kei dan bagian selatan Pulau Baer. Mungkin banyak dari kamu masih belum familiar dengan nama pulau cantik satu ini.

Wajar sekali karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota. Pulau ini pun termasuk ke daftar pulau di Indonesia yang tidak berpenghuni. Karena itu, kamu bisa merasakan keindahan alami yang luar biasa bila mengunjungi pulau ini.

Kecantikan dan Keindahan Pulau Adranan Perlu Kalian Kunjungi

Sebagian besar wisatawan datang bersama rombongan atau dalam jumlah yang tidak sedikit. Sebab, akses menuju pulau ini juga hanya tersedia menggunakan speedboat. Jadi, biasanya rombongan wisatawan menyewa satu speedboat bersama-sama.

Kalau kamu sedang mencari destinasi wisata dalam negeri yang jauh dari hiruk-pikuk atau bukan termasuk tempat terkenal yang penuh keramaian, pulau ini cocok menjadi pilihanmu.

  • Pasir yang Putih Bersih

Sesampainya di pulau, kamu akan dibuat terkesima dengan warna putih bersih dari pasir pantainya. Pasir di pulau ini berjenis pasir putih yang memang belum terkontaminasi oleh kotoran atau limbah. Belum lagi, karena jumlah pengunjungnya terbatas, tidak ada sampah bekas makanan yang berserakan seperti di kawasan pantai populer lain.

Sumber Gambar: Google Maps @Manel Maia

Penting sekali untuk diingat, bawalah kembali sampah atau kotoran yang kamu bawa dari luar pulau. Seperti sampah bekas makanan/minuman, maupun perlengkapan bermain lainnya.

  • Gradasi Air Laut

Selain pasir putihnya, gradasi yang disajikan oleh keindahan air laut tidak kalah akan membuatmu terpesona. Gradasi ini tercipta karena air laut yang bersih dan bening, sehingga semakin dalam, air lautnya terlihat berwarna biru muda.

Sumber Gambar: Google Maps @Manel Maia

Sementara semakin mendekati bibir pantai, air laut kian terlihat cerah berwarna hijau tosca. Jenis ombak yang ada di pantai ini tergolong kencang, tetapi tetap aman sebagai area berenang.

  • Seimbangnya Ekosistem

Kecantikan atau keindahan dari Pantai Adranan tidak lepas dari terjaganya kelestarian lingkungan. Kemudian dari segi ekosistem pun masih seimbang, tidak terganggu karena aktivitas manusia, juga tidak banyak yang hilang dari tempat asalnya. Begitu juga dengan tumbuhan dan hewan asli yang hidup di pulau ini.

  • Panorama Saat Sore Hari

    Sumber Gambar: Google Maps @Dung Ngo

Karena cukup jauh dari pusat keramaian, lebih baik hindari berlama-lama bermain. Bukan hanya tidak ada tempat beristirahat, penyewaan speedboat pun memiliki waktu yang terbatas. Namun tenang saja, kamu masih bisa menikmati panorama di sekitar pantai pada sore hari, ketika langit mulai berubah warna menjadi orange.

  • Cocok untuk Diving dan Snorkeling

Gemar dengan aktivitas olahraga laut seperti diving atau snorkeling? Pantai ini jadi pilihan tepat. Airnya yang jernih dan masih terjaganya keragaman hewan laut akan memuaskan Anda saat beraktivitas olahraga laut tersebut.

Lebih Asyik, Karena Belum Banyak Didatangi Wisatawan

 

Lokasi dari pantai ini memang cukup jauh, khususnya dari kota-kota besar. Belum lagi, kepopuleranya belum setinggi pulau wisata lainnya di Indonesia. Oleh karenanya, kamu bisa nikmati kealamian dari pulau ini selagi belum banyak didatangi wisatawan. Jangan lupa untuk bawa bekal makanan dan minuman sendiri.

Dari sekian banyak pulau, Pulau Adranan memiliki potensi besar sebagai objek wisata yang mendunia. Menurut warga sekitar, pulau ini lebih populer di mata wisatawan mancanegara dibandingkan wisatawan dalam negeri lho! Kamu bisa masukan pulau ini dalam list perjalanan liburan ketika berkunjung ke Pulau Kei.