in

Menikmati Dingin nya Air di Pemandian Kumaligon Sulawesi Tengah

Sumber Gambar: Google Maps @Vichsaltaz

Berwisata mengunjungi suasana alam yg indah memang sangat menyegarkan mata. Selain menyegarkan mata, berwisata alam juga dalam menjadi salah satu cara kita untuk refreshing sekedar menghilangkan penat setelah sekian lama beraktivitas. Travellers, jika kalian bingung ingin berwisata kemana di akhir pekan mungkin salah satu rekomendasi tempat pemandian yang satu ini bisa masuk dalam wish list liburan kalian ya! Yuk, kita simak..

Untuk travellers yang berada di Sulawesi Tengah mungkin wisata pemandian ini sudah sering terdengar ke telinga kalian. Namun, untuk travellers dari luar pulau tersebut pasti masih merasa asing. Tempat wisata pemandian ini bernama PeBuomandian Kumaligon.

Pemandian Kumaligon

Sumber Gambar: Google Maps @MAWARDIN A. RAHMAN

Pemandian Kumaligon ini merupakan tempat pemandian umum yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat pengguna. Pemandian ini ditetapkan oleh pemerintah Kab. Buol sekitar tahun 2012 sebagai destinasi wisata alam. Pemandian Kumaligon terletak di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah ( 5 km dari kota Buol). Kabupaten Buol memang terkenal dengan banyaknya wisata alam seperti wisata pemandian, wisata pantai serta air terjun. Faktanya, Kabupaten Buol yang luasnya hampir 40 km2 ini memang dikelilingi oleh daratan rendah, pantai, bukit dan beberapa gunung aktif dan gunung mati.

Lokasinya bisa dikatakan sangat jauh dari kota Palu yang menjadi ibukota dari Sulawesi Tengah dan lebih dekat dengan kota Gorontalo. Bila travellers memulai perjalanan dari pusat kota Palu maka waktu yang dibutuhkan sekitar 12 hingga 13 jam melalui Jalan Trans Sulawesi. Namun, jika memulai perjalanan dari kota Gorontalo maka hanya memakan watu 6 – 7 jam.

TIPS Menuju ke Pemandian Kumaligon Bagi Travellers Dari Luar Pulau

Buat kamu travellers yang ingin mengunjungi Pemandian Kumaligon namun berasal dari luar Pulau Sulawesi sebaiknya melakukan perjalanan udara dan memilih tujuan Bandar Udara Pogogul Buol yang letaknya tepat di Kabupaten Buol. Dari Bandar Udara tersebut travellers hanya butuh waktu 40 menit melalui Jalan Trans Sulawesi.

Sumber Gambar: Google Maps @Agusham Haris

Salah satu senjata andalan yang menarik perhatian pengunjung di Pemandian Kumaligon ini yaitu karena air nya yang sangat dingin dan jernih. Mayoritas pengunjung yang berdatangan berasal tidak jauh dari Desa Kumaligon daan tempat pemandian umum ini sangat sering di datangi banyak pengunjung yang hanya sekedar berjalan-jalan menikmati sejuknya udara maupun yang datang sengaja untuk berendam di air pemandian ini.

Untuk harga tiket masuknya pun tergolong cukup murah, dari beberapa sumber mengatakan bahwa dengan uang 10 ribuan saja maka travellers sudah bisa masuk ke tempat pemandian ini. Harga tersebut pasti tak seberapa dengan keindahan air terjun yang dapat kalian nikmati selama disana.

Di dalam wisata pemandian ini juga terdapat air terjun yang tidak terlalu tinggi sehingga cocok jika travellers membawa anak kecil. Air terjun ini bisa digunakan pengunjung untuk berendam jika lokasi utama pemandiannya penuh. Selain itu, terdapat juga banyak gazebo yang bisa pengunjung gunakan untuk beristirahat bersama keluarga dan teman – teman nantinya.

Sumber Gambar: Google Maps @Rommy Katili

Selama berada di dalam wisata pemandian ini, travellers diharapkan untuk tetap berhati-hati karena jalanan nya licin dan banyak undakan bebatuan yang agak membahayakan jika kita tidak waspada.

Setelah lelah berwisata air, travellers pasti merasakan perut yang  mulai keroncongan. Tidak perlu khawatir karena di sekitar tempat wisata banyak orang yang menjajakan makanan ringan maupun makanan berat. Travellers pun harus mencoba makanan khas Kabupaten Buol yang pastinya enak dan banyak dijajakan disekitar tempat wisata ini. Makanan khas nya yakni Ambal.

Ambal banyak dijajakan dan banyak dibeli pengunjung disekitar wisata pemandian ini. Ambal terbuat dari ikan yang dicampur sagu. Makanan ini sangat cocok dimakan ketika traveller sudah lelah berwisata air di Kumaligon.

Sumber Gambar: Google Maps @Vichsaltaz

Jika travellers berniat untuk bermalam di daerah Buol setelah melakukan aktivitas di pemandian Kumaligon, travellers tidak perlu takut karena di sekitar daerah Buol terdapat beberapa homestay yang dapat kalian pilih sebagai tempat bermalam. Harga penginapan juga bermacam-macam dan yang pasti harga nya pas dikantong yakni mulai 100 ribuan saja travellers!

Selamat berlibur, travellers!

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di Pemandian Kumaligon ya!