Tengok 5 Deretan Pantai Cantik di Kawasan Pantai Anyer!

Jalan – jalan ke wilayah Banten yang dikenal sebagai “Kota Santri” sepertinya harus coba berkunjung ke wisata sejarah, wisata budaya dan tak lupa wisata religinya. Dari ketiga jenis wisata tersebut memang semuanya bisa kita temukan dalam sekali jalan di wilayah Banten, namun ternyata disana tak hanya wisata itu saja. Kira – kira ada wisata apa lagi ya? Dan apakah menarik dan layak untuk dikunjungi? Selain tiga wisata tersebut ada satu wisata lain yang menarik untuk kamu datangi dan sangat sayang jika terlewatkan yaitu wisata baharinya. Salah satu kawasan pesisir yang memiliki deretan pantai – pantai yang cantik berada di wilayah Anyer yang mungkin sebagian dari kita mengenalnya dengan Pantai Anyer. Sebenarnya seperti apa sih wisata bahari yang satu ini? Dan apa saja rekomendasi pantai – pantai cantik disana? Ingin tau? Yuk, langsung simak saja ulasan di bawah ini ya!

Pantai Anyer

Nyatanya, nama Pantai Anyer sudah diketahui oleh banyak orang dan pasti sering menjadi salah satu opsi liburan khususnya bagi masyarakat perkotaan yang ingin melepas penat di saat akhir pekan atau libur panjang. Namun, taukah kamu bahwa Pantai Anyer tidak merujuk hanya kepada satu pantai? Pantai Anyer bisa dibilang merupakan kawasan yang disana banyak sekali deretan pantai yang bisa kamu pilih untuk kamu sambangi. Lokasinya juga termasuk strategis apalagi bagi kamu yang tinggal di daerah Jabodetabek, untuk lokasi tepatnya kawasan Pantai Anyer berada di Jl. Raya Anyer, Sindanglaya, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: Google Maps @Supyan Syauri

Rata – rata pantai di Anyer memiliki kondisi yang enak dipandang mata, artinya pemandangan yang disuguhkan tak main – main mulai dari hamparan pasir putih kecoklatan hingga air lautnya yang jernih. Tak sampai disitu, beberapa pantainya pun memiliki keindahan berupa batu karang baik dalam ukuran sangat besar hingga pecahan batu karang dalam ukuran kecil yang menyebar di sekitar hamparan pasirnya.

Kecantikannya memang menjadi daya tarik sehingga banyak orang memilihnya sebagai tujuan wisata namun murahnya harga tiket masuk pun menjadi daya tarik lainnya, harga tiket masuk rata – rata tergolong murah yakni mulai dari Rp 5.000 – Rp 25.000 per orang dengan biaya tiket per kendaraan mulai dari Rp 5.000 – Rp 25.000 dan ada juga beberapa pantai yang menerapkan sistem pembayaran tiket masuk per kendaraan saja tanpa menghitung jumlah orang yang masuk yakni Rp 100.000 per mobil dan Rp 25.000 per motor.

Rekomendasi Pantai Cantik di Kawasan Anyer

1. Pantai Carita Anyer

Pantai yang satu ini menawarkan keindahan laut lepas dengan hamparan pasir putih kecoklatan yang luas dan bentang garis pantai yang tergolong sangat panjang. Kondisi Pantai Carit yang landai tanpa karang cocok sekali untuk kamu datangi apalagi jika membawa anak – anak untuk bermain air dan pasir disini.

Sumber Gambar: Instagram @pantaicaritaanyer

Selama berada di pantai kamu tak akan bosan karena disana terdapat banyak wahana permainan air yang bisa kamu coba seperti banana boat, jetski hingga snorkeling yang harga terjangkau yakni mulai dari Rp 100.000 saja. Jika tak mau mengeluarkan budget lebih untuk bermain wahana tersebut maka kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas ditambah dengan keberadaan tebing raksasa yang menjorok ke laut, pemandangan laut bersamaan dengan tebing akan menambah kesan eksotis bagi pantai yang satu ini.

2. Pantai Sambolo 1 dan 2

Pantai Sambolo mungkin terdengar asing bagi sebagian orang namun pantai ini sebenarnya sudah banyak didatangi wisatawan lho! Pantai Sambolo memiliki bentang garis pantai yang lumayan panjang yakni > 2 km sehingga wilayah pantai mencakup 2 area yakni Pantai Sambolo 1 dan Pantai Sambolo 2 yang berada dalam satu bentang garis pantai namun dengan ciri khas yang berbeda.

Sumber Gambar: Instagram @pantaianyar

Pantai Sambolo 1 adalah tipe pantai yang landai dan area hamparan pasirnya tidak begitu luas namun disana terdapat jembatan dengan tinggi sekitar 2 m yang berdiri dari tepian pantai hingga menjorok ke arah laut. Pada ujung jembatan terdapat sebuah gazebo berbentuk seperti pondokan yang biasanya didatangi wisatawan untuk berfoto dengan pemandangan laut lepas.

Sumber Gambar: Google Maps @Nur Hadi

Kalau kamu ingin mencari pantai dengan area hamparan pasir yang luas maka Pantai Sambolo 2 jawabannya, pantai ini ramai sekali didatangi pengunjung karena dirasa bibir pantainya lebih luas sehingga cocok untuk bermain di tepian. Untuk menikmati Pantai Sambolo tiap pengunjung hanya dikenakan tarif parkir per kendaraan yakni Rp 100.000 per mobil dan Rp 25.000 per motor.

3. Pantai Marbella Anyer

Berjarak sekitar 1,5 km dari Pantai Sambolo maka kamu bisa mengunjungi Pantai Marbella. Namanya yang cantik sesuai dengan kondisi pantainya yang memiliki hamparan pasir putih dan bisa dibilang terkadang cukup sepi walaupun pada hari libur tertentu pun tetap saja ramai dipadati pengunjung.

Sumber Gambar: Google Maps @Viruz Fahrenheit

Di tepi pantai ini ada sebuah penginapan berbintang yang mewah yaitu Hotel Marbella sehingga tak heran pada malam pergantian tahun biasanya pantai ini benar – benar ramai dipadati pengunjung karena hotel mewah tersebut kerap kali mengadakan acara besar – besaran menyambut tahun baru. Jika datang di hari biasa atau akhir pekan kamu bisa mencoba bermain wahana air yang tersedia di Pantai Marbella seperti banana boat dengan harga mulai dari Rp 100.000 per orang atau mungkin bila ada budget lebih kamu mau bermalam di Hotel Marbella?

4. Pantai Karang Bolong

Keunikan dari pantai yang satu ini ada pada batu karang raksasanya. Pada bagian tengah batu karang tersebut ada lobang atau bolong dan pada bagian atas karangnya ditumbuhi pepohonan lebat, bahkan lobangnya memiliki diameter hingga 50 meter sehingga kini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang datang kesana.

Sumber Gambar: Google Maps @Aaron Lisandrio

Bentang garis pantai dengan hamparan pasir kecoklatan sangat panjang dan hamparan pasirnya cukup lebar sehingga bisa untuk bermain air sambil bermain pasir atau sekedar duduk – duduk di tepi pantai. Biasanya wisatawan datang menjelang sore hari karena pada saat tersebutlah deburan ombak kencang khas pantai selatan yang cukup tinggi mampu menabrak ujung – ujung tebing karang yang ada di pantai sehingga membuat suasana terlihat lebih eksotis.

5. Pantai Jambu Anyer

Pantai yang satu benar – benar cocok buat kamu yang ingin “self healing”, suasana pantai tergolong sepi karena belum banyaknya minat wisatawan datang kesana pasti membuat kamu merasa damai dan tenang. Keindahan pasir putihnya yang halus dan bersih ditambah dengan air lautnya yang bening akan membuat kamu betah berlama – lama disana.

Sumber Gambar: Google Maps @Ronih winata

Tak perlu takut bila perut mulai keroncongan, disana terdapat beberapa warung dan pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya dengan harga yang tergolong murah dibandingkan dengan di kawasan pantai lainnya. Kamu bisa berenang, duduk diayunan sambil memandangi laut lepas, piknik di tepi pantai, duduk santai sambil menyantap makanan di warung tepi pantai atau mungkin ingin camping di tepi pantai? Semua bisa kamu lakukan di Pantai Jambu yang berada 2,8 km dari Pantai Karang Bolong.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.