OUR NETWORK

Wisata Air Terjun Alami di Curug Lawang Serang

Sumber: Youtube @banten area

Jenuh dengan kegiatan sehari-hari dan penat setelah lelah bekerja seharian tentu membuat kita ingin pergi sejenak dari rutinitas tersebut ke sebuah tempat dengan pemandangan asri nan hijau dan udara sejuk yang dapat menyegarkan pikiran seperti dipegunungan atau air terjun berikut ini ada sebuah destinasi yang sangat menarik dan bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata anda, yakni wisata air terjun Curug Lawang yang berlokasi di Desa Cikolelet, Kampung Cisirih Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang Banten. dengan jarak 46 kilometer dari Kabupaten Serang dan dapat di tempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Sumber: infodesaku.co.id

Perlu diketahui juga dari lokasi air terjun Curug Lawang yang Berada di Desa Cikolelet ini  adalah desa wisata pertama di daerah Serang Banten dan telah ditetapkan oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, selain air terjun Curug Lawang ini terdapat juga tiga destinasi wisata lain yang menarik untuk anda kunjungi yaitu Puncak Cibaja salah satu tempat yang sering di kunjungi juga di desa Cikolelet ini ,Puncak Kirana dan Curug kembar. Curug yang diketahui masih alami dan belum terjamah ini sangat cocok menjadi tujuan liburan anda untuk melepas kepenatan dengan menikmati pemandangan alam air terjun, terletak ditengah hutan yang ditumbuhi pepohonan hijau yang menyejukkan dan gemericik suara air terjun yang menenangkan bisa juga mandi di air terjun Curug Lawang yang airnya jernih dan segar.

Rute menuju Curug Lawang

Untuk bisa mencapai ke lokasi wisata air terjun Curug Lawang yang berada di dekat pasar Cinangka ini, anda bisa berjalan kaki sekitar 40 menit atau bersepeda bagi yang gemar bersepeda gunung sekitar 20 menit dari pemukiman penduduk Desa Cikolelet. Namun tidak disarankan untuk menggunakan sepeda karena trek yang cukup lumayan sulit dan untuk jalan alternatif anda dapat melewati jalan Raya Karang Bolong di kampung Ciparay Desa Sindanglaya Kecamatan Cinangka. Setelah berjalan menempuh jarak sekitar 1 kilometer melewati area persawahan yang luas dan juga pepohonan lebat nan asri, kelelahan kita terbayarkan dengan suguhan pemandangan air terjun Curug Lawang yang indah dan aliran air terjun yang jatuh cukup deras membuat hati kita merasa tenang dan bersyukur bisa menikmati alam ciptaan tuhan ini.

Sumber: Youtube @banten area

Untuk memasuki kawasan Curug Lawang ini kita dikenai biaya 5000 rupiah per orang untuk biaya perawatan area wisata ini, ada sebuah info juga sebelumnya pernah terjadi musibah banjir karena meluapnya air di aliran Sungai Cisirih pada tahun 2016 menyebabkan rusaknya lokasi wisata Curug Lawang dan berkurangnya pendapatan warga dari tempat wisata ini, namun dengan adanya komunitas pencinta alam Kompac yang secara swadaya bersama-sama warga desa meperbaiki kawasan curug sehingga kita bisa menikmati kembali wisata alam tersebut.

Sumber: anyersea7.blogspot.com

Tips untuk anda yang berminat menghabiskan waktu liburan dengan pergi ke Curug Lawang ini disarankan untuk tidak datang pada musim hujan disebabkan jalan yang licin terguyur air dan cukup terjal untuk dilewati, selain itu anda juga harus mempersiapkan fisik ekstra karena akan menempuh jalan setapak yang lumayan jauh, gunakan sepatu kets atau sepatu yang nyaman dipakai berjalan jauh agar tidak terjadi lecet atau hal lain yang tidak diinginkan terakhir bawa bekal minum serta makanan untuk menambah energi setelah lelah berjalan. jangan lupa juga bawalah kembali sampah makanan atau minuman yang anda bawa untuk menjaga area wisata air terjun Curug Lawang ini agar selalu bersih dan tetap lestari.

 

Potensi wisata selain wisata alam di desa Cikolelet ini juga terdapat budidaya jamur tiram, usaha pengolahan melinjo, perkebunan kopi dan peternakan kambing etawa yang diolah oleh para warga setempat yang dapat anda kunjungi untuk menambah wawasan bagi anda yang tertarik budidaya atau sekedar berbelanja hasil dari usaha warga sekitar tersebut.
Selain wisata alam yang asri dan berbagai budidaya yang dilakukan oleh warga desa Cikolelet untuk menambah ketertarikan pelancong domestik maupun luar negeri supaya berkunjung di desa Cikolelet ini terdapat pertunjukan kesenian kendang pencak, rudat, calung, rampak marawis dan yang menjadi salah satu ikon kesenian di Serang Banten bernama Ngagurah Dano.

Semoga info ini bermanfaat untuk anda yang berniat pergi ke kawasan wisata Kabupaten Serang ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…