in

Wisata Banggai Air Terjun Kaduta, Bagi Perindu Suasana Damai

Sumber Gambar: Kaskus

Banggai dan wisata alam berbau air memang sudah sangat melekat. Sebagai contoh, wisata yang paling dikenal yaitu Pulau Dua, Pulau Tinalapu, Pantai Kilo 5, Jembatan Mahas, Air Terjun Salodik, dan masih banyak lagi. Satu lagi daftar wisata air di yang tidak kalah recomended dari wisata lainnya, yakni wisata Banggai Air Terjun Kaduta.

Wisata Air Terjun Kaduta ini memang termasuk destinasi wisata yang cukup baru. Jadi jangan heran jika saat berkunjung, kamu atau rombongan kamu menjadi satu-satunya wisatawan. Tapi karena suasananya yang masih sepi, justru menjadi daya tarik wisatawan yang suka berpetualang, atau sedang membutuhkan ketenangan.

Ketahui Lebih Jauh Tentang Air Terjun Kaduta

Bagi yang menyukai wisata alam air, pasti akan takjub begitu kamu sampai di depan Air Terjun Kaduta. Sebelum sampai di area Kaduta juga mata para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang asri.

Wisata Air Terjun Kaduta terletak diantara hutan hijau. Jadi selama perjalanan menuju air terjun, kamu bisa merasakan kesejukan dan ketenangan hutan tersebut. Saat diperjalanan, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk foto-foto, sehingga perjalanan tidak terasa melelahkan.

Setelah sampai di Banggai-Air Terjun Kaduta, kamu akan dibuat takjub dengan air terjunnya. Air-air terjun di Kaduta memang tidak besar, tinggi air yang mengalir juga tidak begitu tinggi. Arus dari air terjunnyapun tidak begitu kencang, jadi wisatawan bisa berenang di bawahnya tanpa perlu merasa was-was.

Air Terjun Kaduta laksana kolam yang dikelilingi hutan yang asri. Suara gemericik air, angin, dan burung-burung di hutan bisa menjadi media untuk kamu yang ingin relaksasi. Menenangkan pikiran sejenak sambil berendam di bawah Air Terjun.

Selain pemandangan sekitar yang indah, Kaduta juga mampu membuat terpesona karena airnya yang sangat jernih, bahkan cenderung biru. Bagi yang ingin berenang, tapi belum ahli, kamu bisa menggunakan pelampung atau alat bantu renang lainnya.

Meskipun arus air di Kaduta tidak besar, pengunjung tidak disarankan untuk bermain-main di tengah ketika sedang hujan atau curah air yang sedang tinggi. Buat kamu yang membawa anak-anak juga tidak disarankan untuk berenang di tengah atau di bawah air yang terjun. Tetap awasi anak-anak atau keluarga saat berenang.

Udara di area Air Terjun ini memang sangat sejuk, tapi bagi yang tidak tahan dengan cuaca dingin, sebaiknya tidak bermain air terlalu lama. Bawalah bekal makanan dan minuman sendiri, karena di area Banggai-Air Terjun Kaduta tidak menyediakan makanan, minuman, atau jajanan lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun Kaduta

Lokasi air terjun ini secara administratif berada di Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai. Karena tersedia transportasi umum, dari Banggai menuju Luwuk kamu bisa membawa atau menyewa kendaraan bermotor sendiri. Kemudian dari jalan atau tempat parkir menuju titik Air Terjun Kaduta harus berjalan kaki.

Meski lewat hutan belantara, jangan khawatir karena medan yang dilalui tidak sulit kok. Agar tidak menyulitkan saat berjalan, sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman dan aman, serta jangan bawa perlengkapan berlebihan. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga kebersihan dan jangan merusak lingkungan sekitar.

Jam Buka Air Terjun Kaduta

Meskipun beum ada jam buka operasionalnya, tapi para wisatawan lebih disarankan mengunjungi Kaduta saat pagi atau siang hari. Pergi ke Air Terjun ini saat malam hari atau saat gelap akan beresiko saat di jalan, karena jalan menuju titik air terjun belum ada penerangan.

Selain karena gelap, untuk menghindari wisatawan tersesat, tempat wisata Banggai-Air Terjun Kaduta tidak menganjurkan pergi dimalam hari. Jadi kapan rencana kamu mampir ke Kaduta?