OUR NETWORK

Wisata Rafting Andalan Lampung Barat Sungai Way Besai

Sumber Gambar: Instagram @waybesairafting

Wisata arung jeram / rafting menjadi hal yang umum di daerah tropis, salah satu wisata rafting yang cukup populer di Indonesia yaitu arung jeram di Sungai Way Besai. Untuk lokasi dari Way Besai berada di daerah Lampung Barat.

Wisata rafting mempunyai beberapa tingkat akan kekstreaman dari sungai sebagai wisata rafting. Mulai dari tingkat / grade 1 – 6. Masing – masing tingkat mempunyai kondisi sungai yang berbeda – beda. Namun untuk sungai dengan grade 5 dan 6, merupakan area rafting khusus untuk pemain rafting professional. Jadi sungai dengan grade 5 dan 6 tidak dibuka untuk umum.

Sedangkan untuk Sungai Way Besai ini mempunyai grade 2 dan 3. Jadi kondisi dari sungai tidak begitu ekstream sebagai lintasan rafting. Sungai Way Besai sendiri termasuk sungai yang cukup panjang. Total dari panjang sungai ini mencapai 113 km.

Sumber Gambar: Instagram @waybesairafting

Dari 113 km panjang sungai tersebut, hanya sebagian dari sungai yang dijadikan sebagai lintasan rafting. Panjang dari lintasan rafting di sungai ini termasuk pendek jika dibandingkan dengan panjang dari keseluruhan Sungai Way Besai.

Walaupun Sungai Way Besai berada di grade 2 dan 3, namun lintasan rafting tergolong cukup menantang. Serta dapat memicu adrenalin dan menjadi salah satu wisata air yang cukup ekstream. Selain itu wisata rafting sungai ini juga cukup panjang. Bahkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu lintasan rafting dapat memakan waktu selama beberapa jam.

Lokasi Wisata Rafting Sungai Way Besai

Letak dari wisata rafting Sungai Way Besai terletak di ds Sindang Jaya, Sumber Jaya, Lampung Barat. Lokasi dari wisata Rafting way besai berada di area pegunungan. Jadi sesuai rafting di Way Besai akan terasa sangat menyejukkan dan akan merasakan kondisi air sungai yang dingin dan menyegarkan.

Letak dari wisata Rafting Way Besai cukup sulit dijangkau, khususnya bagi yang berasal dari Kota Bandar Lampung maupun luar Lampung. Karena akan melakukan suatu perjalanan yang sangat lama untuk menuju ke lokasi wisata rafting ini.

Rute lokasi menuju ke arah Sungai Way Besai dapat ditemukan dengan menggunakan Google map. Lalu untuk kondisi jalan yang akan dijumpai tergolong cukup bagus, mengingat letak dari wisata Rafting Way Besai berada di tepi jalan raya.

Waktu perjalanan dari arah Kota Bandar Lampung sendiri dapat memakan waktu hingga ±5 jam perjalanan. Terlebih lagi di daerah Lampung Barat belum tersedia pangkalan udara, jadi perjalanan sepenuhnya harus dilakukan dengan jalur darat dan tidak dapat menggunakan jalur udara untuk mempesingkat waktu perjalanan.

Selain waktu perjalanan yang memakan waktu lama, biaya transportasi yang dikeluarkan juga cukup besar. Untuk tarif bus yang harus dikeluarkan dalna satu perjalanan mencapai 60.000 IDR. Jadi untuk perjalanan pulang pergi harus mengeluarkan akomodasi transportasi hingga 120.000 IDR.

Harga Tiket Masuk Wisata Rafting Sungai Way Besai

Wisata rafting di Sungai Way Besai ini tidak mempunyai kontribusi tiket masuk apa pun. Dengan kata lain, wisata ini termasuk ke dalam kategori free destination. Untuk biaya kontribusi sendiri hanya akan dikenakan bagi pengunjung yang hendak mencoba wahana arung jeram / rafting. Besarnya tarif Rafting Way Besai tidak terlalu mahal dan cukup murah. Besarnya kontribusi rafting per perahu yaitu sebesar 150.000 IDR. Sehingga untuk tarif rafting yang akan dikenakan yaitu tarif untuk per kelompok / perahu.

Sumber Gambar: Instagram @waybesairafting

Lalu untuk setiap perahu dapat menampung hingga 6 orang. Jadi masing – masing anggota hanya membayar kontribusi sebesar 25.000 IDR. Namun jika jumlah anggota rafting kurang dari 6 orang, juga harus mengeluarkan biaya sebesar 150.000 IDR. Jika dalam satu perahu hanya terdapat 4 anggota, maka masing – masing anggota harus mengeluarkan kontribusi sebesar 37.500 IDR.

Untuk wisata rafting Sungai Way Besai tidak menerima kontribusi rafting per orang, namun per perahu. Sedangkan untuk pengunjung yang tidak berniat untuk mencoba wahana arung jeram / rafting, tidak akan dikenakan kontribusi apa pun. Namun dapat menyelusuri sepanjang tepi sungai Way Besai sepuasnya dengan menikmati suasana khas pegunungan.

Aktivitas Rafting Di Sungai Way Besai

Wisata rafting di Sungai Way Besai ini tergolong cukup menyenangkan. Terlebih lagi dengan suasana khas pegunungan yang cukup menyejukkan. Selain itu tarif rafting yang untuk setiap anggota juga tidak terlalu mahal.

Aktivitas rafting di Sungai Way Besai sebenarnya terbagu ke dalam 2 macam. Rafting pertama yaitu rafting dengan menggu bambu rakit. Untuk rafting yang kedua yaitu dengan menggunakan perahu karet. Dari 2 buah rafting tersebut hanya rafting dengan perahu karet yang diutamakan. Sedangkan untuk rafting dengan bambu rakit jarang diminati ataupun menjadi alternatif wisata rafting.

1. Rafting bambu rakit / bamboo rafting

Wahana rafting bambu rakit memang kurang diminati dan tidak menjadi prioritas dari wisata Rafting Way Besai. Walaupun tidak menjadi alternatif rafting utama, tetapi rafting bambu rakit tergolong cukup istimewa di wisata Way Besai ini. Terkadang di wisata Rafting Way Besai ini diadakan suatu festival khusus untuk rafting bambu rakit. Saat festival itu diadakan peserta rafting yang berpartisipasi cukup banyak. Sehingga suasana festival menjadi sangat meriah.

Sumber Gambar: lampung.tribunnews.com

Untuk jumlah dari peserta rafting bambu rakit / bamboo rafting yang diadakan pada 2018 silam sebanyak 60 orang. Sebagian besar dari peserta berasal darurat daerah jauh. Profesi yang mendominasi dari peserta bamboo rafting yaitu traveler. Dengan peserta dari festival bamboo rafting tersebut dapat dijadikan sebagai bukti akan kepopuleran dari wisata Rafting Way Besai. Selain itu dengan peserta yang didominasi para traveller membuat kepopuleran dari wisata Rafting Way Besai meningkat dengan pesat.

2. Rafting perahu karet

Untuk jenis dari rafting yang kedua yaitu rafting perahu karet. Rafting ini menjadi wahana rafting yang paling utama dan menjadi priotitas pada wisata rafting way besai ini. Karena konsep dari rafting ini secara berkelompok, sehingga akan menciptakan suasana rafting yang menyenangkan.

Sumber Gambar: Instagram @waybesairafting

Setiap kelompok dari rafting terdiri atas maksimal 6 anggota. Tetapi juga diperbolehkan pada satu perahu kurang dari 6 orang. Namun sangat tidak disarankan jika anggota dalam satu perahu hanya 3 orang / kurang. Karena hal tersebut cukup berbahaya dan membuat tingkat keseimbangan kurang stabil, mengingat kondisi perahu yang tersedia cukup lebar dan besar.

Setiap anggota rafting akan menerima sebuah helm keselamatan, pelampung dan sebuah dayung. Titik start dari wisata Rafting Way Besai berada di Jl Lintas Liwa, Pekon Sidang Jaya. Lalu akan melintasi sungai dengan panjang hingga 7 km.

Sumber Gambar: Instagram @waybesairafting

Untuk wisata arung jeram ini juga dapat dilakukan oleh anak – anak. Karena itu fasilitas yang disediakan juga terdapat ukuran khusus anak. Arus sungai sebagai lintasan rafting cukup ekstream dengan arus sungai yang deras. Lalu jalur rafting juga dipenuhi dengan bebatuan besar. Ada 13 jeram yang harus dilalui. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu lintasan dapat mencapai 2½ jam – 3 jam. Untuk letak finish dari rafting berada di Pekon Sukanati, Sumber Jaya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…