OUR NETWORK

Pesona Alam Paling Natural Dari Wista Ekstream Puncak Happy

Sumber Gambar: Twitter @Anak_Surang

Puncak Happy / Happy Hills Guguak Sarai adalah destinasi wisata yang sedang hits di kalangan remaja. Destinasi wisata tersebut menawarkan suatu lanscape dari puncak bukit yang mempesona dan instagramable.

Sebagai destinasi wisata yang sedang hits dan booming, ada banyak pengunjung yang hunting foto di destinasi wisata ini. Walaupun sebagian besar pengunjung selalu mengeluh. Hal yang dikeluhkan setiap pengunjung yang datang selalu sama, yaitu akses menuju bukit yang cukup memprihatinkan.

Sumber Gambar: Instagram @weldi_putra_minang

Walaupun telah banyak diketahui banyak orang tentang kondisi akses bukit yang buruk, namun sepertinya hal itu bukan menjadi suatu permasalahan yang cukup serius. Sebab Puncak Happy akan selalu dikunjungi seolah tidak terlalu memperdulikan keadaan akses bukit.

Lokasi

Destinasi wisata favorit ini terletak di Guguak Sarai, IX Koto Sungai Lasi, Solok, Sumatera Barat. Letaknya tidak terlalu terpencil dan mempunyai akses jalan yang cukup muda. Meskipun berada jauh di suatu area pegunungan.

Kondisi akses menuju Puncak Happy tergolong cukup ekstream. Begitu pula dengan kondisi bukit happy itu sendiri. Tidak ada suatu faktor apapun yang membuat destinasi wisata ini cukup aman apabila didaki seseorang. Oleh hal itu, sebagian besar pengunjung yang ada adalah para remaja. Dalam catatan bahwa remaja yang mengunjungi destinasi wisata tersebut yaitu para remaja yang sangat menyukai tantangan dan tidak takut ketinggian.

Dengan akses jalan yang cukup ekstream, membuat destinasi wisata ini sangat tidak direkomendasikan untuk pengunjung lansia maupun anak – anak. Lalu para remaja yang berkunjung di destinasi wisata Puncak Happy ini juga harus disarankan untuk sangat berhati – hati.

Bagi pengunjung yang berasal dari luar Sumatera, dapat menggunakan akses bandara internasional Minangkabau sebagai destinasi penerbangan. Bandara tersebut terletak di Katapiang, Batang Anai, Padang Pariaman. Bandara tersebut merupakan bandara terdekat dengan lokasi destinasi Puncak Happy.

Rute Lokasi

Rute lokasi menuju ke destinasi wisata Puncak Happy dari arah Kota Padang, dapat ditempuh dengan jalur Jl Padang – Basi. Rute tersebut merupakan rute yang hanya memanfaatkan jalur jalan raya. Apabila ingin rute lain, dapat memanfaatkan akses Google map.

Untuk rute selain jalur Jl Padang – Basi, mungkin menjadi rute yang paling cepat. Namun belum tentu memiliki akses jalan yang baik pula. Sedangkan untuk rute Jl Padang – Basi, telah dipastikan memiliki akses jalan yang cukup baik dan aman, sebab hanya melalui jalan raya. Telusuri saja sepanjang Jl Padang – Basi. Kemudian dilanjutkan dengan menyelusuri sepanjang Jl Raya Solok Padang /Jl selayo Padang.

Sumber Gambar: Instagram @ralbhani

Saat menyelusuri sepanjang Jl Raya Solok Padang, akan menjumpai pertigaan. Hiraukan saja pertigaan tersebut dan fokus ke jalur Jl raya Solok Padang dengan ambil arah lurus. Ketika sampai di suatu pertigaan Wali Coffee, belok ke arah timur. Tepatnya di Jl Pass By KTK. Lalu lurus terus hingga menjumpai perempatan. Dari perempatan tersebut, ambil jalan lurus yang merupakan Jl nasir Sutan Pamuncak.

Telusuri saja sepanjang Jl Nasir Sutan Pamuncak sampai di ujung jalan. Ujung jalan tersebut berupa pertigaan. Lalu belok ke arah kanan / araha timur, tepatnya ambil Jl lintas Sumatera. Jalan tersebut merupakan arah jalan yang menuju ke jalur trans Sumatera HWY.

Lalu telusuri Jl lintas Sumatera hingga sampai di lokasi SDN 5 Guguak Sarai. Tepat di sebelah kiri gedung SD, terdapat jalan masuk. Ikuti jalan masuk tersebut hingga sampai di area perkebunan kelapa sawit.

Dari arah perkebunan kelapa sawit telah terlihat bukit yang merupakan Puncak Happy. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan tracking. Untuk kendaraan dapat diparkir di area parkir yang telah tersedia. Waktu tracking ke atas puncak tidak terlalu lama, hanya sekitar ±10 menit. Selama tracking, pengunjung harus sangat berhati – hati. Karena area bukit masih penuh dengan bebatuan dan semak belukar.

Harga Tiket Masuk

Destinasi wisata Puncak Happy tidak memperlakukan kontribusi tiket masuk sama sekali. Hanya saja pengunjung harus membayar kontribusi jasa parkir kendaraan. Besarnya tarif parkir motor sebesar 5.000 IDR. Sementara untuk tarif parkir mobil sebesar 10.000 IDR. Bagi yang menggunakan mobil, mungkin akan mengalami kesulitan ketika menuju ke Puncak Happy. Terutama setelah sampai di SD N 5 Guguak Sarai. Kondisi jalan tersebut sangat sempit dan hanya dapat dilalui sebuah mobil.

Daya Tarik

Daya tarik dari destinasi wisata Puncak Happy ini terletak pada landscape bukit itu sendiri. Sekilas keadaan bukit yang cukup ekstream dan terjal membuat enggan untuk menaiki bukit tersebut. Namun setelah sampai di puncak, panorama alam yang disuguhkan di Puncak Happy sangat mempesona.

Sumber Gambar: Instagram @haritssuryapratama

Pengunjung akan disuguhkan kondisi bukit dengan ketinggian ±800 meter di atas permukaan laut. Area bukit sendiri masih sangat natural dan seadanya. Serta belum adanya renovasi / campur tangan manusia sama sekali. Hal ini menjadi suatu kelebihan dari destinasi wisata bukit yang masih sangat natural ini.

Dari atas bukit dapat terlihat dengan sangat jelas kondisi daerah sekitar. Mulai dari area perkebunan, persawahan, pemukiman hingga hutan. View tersebut merupakan landscape yang sangat sempurna. Karena itulah, semua pengunjung rela mendaki bukit ekstream hanya untuk menikmati pesona yang belum tentu diperoleh dari tempat lain.

Kondisi bukit ini masih sangat natural dan belum ada perubahan apapun. Baik itu batuan besar, rumput menjadi nuansa alam menjadi sangat natural. Setiap sudut dari Puncak Happy menjadi suatu tempat observasi terbaik untuk menikmati pesona alam sekitar.

Sumber Gambar: Instagram @nofriati_nazar

Dari atas bukit, juga dapat merasa kesejukan angin area pegunungan. Jadi walaupun kondisi bukit merupakan area outdoor dan tidak luput dari sinar matahari, tetapi senjatan panasnya sinar uv tidak akan terasa sama sekali.

Untuk spot foto yang kekinian belum di area Puncak Happy. Pengunjung pun dapat memanfaatkan fasilitas alam seadanya. Untuk spot alam favorit yang ada berupa area bebatuan yang terletak di tepi bukit.

Fasilitas

Destinasi wisata Puncak Happy memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Tempat wisata ini juga dipadati oleh pengunjung. Sayangnya fasilitas yang tersedia belum sangat memadai. Terutama akses jalan yang menuju ke atas bukit.

Akses jalan menuju ke puncak bukit masih sangat sederhana dan merupakan jalan setapak dengan kondisi seadanya. Karena hal itu, Puncak Happy termasuk ke dalam kategori wisata yang cukup berbahaya. Untuk fasilitas parkir di tempat wisata ini juga sangat kurang memadai. Kondisi tempat parkir juga cukup buruk dan tidak terawat.

Sumber Gambar: Instagram @ria_nrvt

Sementara itu untuk fasilitas yang sangat disayangkan adalah spot foto kekinian. Spot foto kekinian menjadi salah satu spot yang paling banyak diminati. Misalnya spot love sign serta sky boat. Sangat disayangkan bahwa destinasi wisata Puncak Happy belum dilengkapi dengan spot foto tersebut.

Sehingga pengunjung harus panda dalam memanfaatkan fasilitas alam yang ada untuk menghasilkan suatu gambar yang sangat instagramable. Sementara bagi yang sangat menyukai fotografi, mungkin kondisi ini menjadi suatu kondisi alam yang dapat menghasilkan lanscape natural yang sempurna.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…