OUR NETWORK

Wisata Seru di Pulau Kakara, Halmahera Utara

Source Image: jalamalut.com

Keindahan pulau di Indonesia memang tidak tergantikan dan tidak ada yang bisa mengalahkannya. Panorama yang elok mulia dari bibir pantainya, sampai dunia bawah lautnya, adalah surga yang tidak boleh kamu lewatkan. Salah satunya adalah Pulau Kakara yang berada di Halmahera Utara.

Sumber: jalamalut.com

Air lautnya yang jernih dan pasir pantai yang membentang luas menjadi suguhan awal yang menggoda. Tidak hanya sampai disitu saja, di kawasan ini pula kamu bisa melihat kebudayaan yang tidak akan pernah luntur dan lekang oleh waktu. Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, Pulau Kakara bisa menjadi alternatif kunjungan wisata lho.

Mengenal Pulau Kakara

Pulau ini dihuni oleh beberapa orang dari suku Hiboalamo mengada yang mempunyai kultur yang patut untuk dipelajari. Warga disini juga sangat ramah dan bersahaja, mereka tidak menolak kehadiran orang lain. Malah menyambut hangat asalkan kamu juga hangat kepada mereka. Cobalah untuk berkenalan dan sedikit membaur, pasti kamu akan enggan beranjak dari tempat ini.

Sumber:majalahilviaggio-halmaherautara.blogspot.com

Kamu juga bisa melihat rumah-rumah adat Hibuolamo yang masih berdiri megah. Konon rumah adat inilah alat pemersatu suku Hibuolamo di masa lalu. Bila kamu beruntung, kamu bisa melihat tarian tradisional cakalele. Dimana, tarian ini memang memukau bagi siapa saja yang melihatnya.

Cara Menuju ke Pulau Kakara

Menuju ke objek wisata ini kamu harus mengunjungi terlebih dahulu Kota Tobelo. Nah, untuk bisa sampai di Kota Tobleo sendiri kamu harus naik pesawat menuju ke Bandara Kuabang Kao, Halmahera. Biasanya banyak maskapai yang menyediakan penerbangan transit dengan harga mulai dari 3 jutaan.

Perjalanan pertama dari Bandara Soekarnoe Hatta menuju Manado kemudian dilanjutkan ke Halmahera dengan waktu tempuh mencapai 9 jam lamanya. Barulah dari Halmahera kamu bisa ke Tobelo dengan waktu tempuh 1 jam 44 menit. Perjalanan tidak lantas berhenti sampai disitu.

Kamu bisa menuju ke Pelabuhan Tobleo kemudian, kamu bisa sewa kelinting dengan kapasitas 6 orang. Harga yang harus dibayar 150 ribu dengan waktu hanya 15 menit saja. Selain Pulau Kakara, kamu juga bisa mengunjungi berbagai pulau lainnya lho.

Pesona Pulau Kakara

Sumber: majalahilviaggio-halmaherautara.blogspot.com

Saat perjalanan menuju ke Pulau Kakara, kamu akan disuguhkan dengan Gunung Dukono yang esoktis. Gunung ini akan ada dan bisa kamu lihat di pantai yang mempunyai bibir yang panjang. Salah satu hal yang harus kamu nikmati adalah olharaga snorkeling dan Diving.

Sumber: meilinda_anakpantai

Ada banyak spot pentelaman yang bisa kamu manfaatkan. Karena, dunia bawah laut dari Pulau Kakara memang mengesankan. Surga wisata dengan perpaduan karang-karang yang memukau memang menjadi alasan kuat mengapa banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Kamu bisa melihat beragamnya biota laut, ikan-ikan kecil yang terkadang tersembunyi di belakang karang. coral-coral yang lucu dan menggemaskan dan masih banyak lagi. Untuk bisa mengunjunginya, kamu bisa meminta nelayan untuk mengantarkanmu ke sini. Hanya saja, kamu harus membawa sendiri semua peralatannya dari rumah.

Sumber: Instagram@ jm_adventour

Pesona senja juga menjadi sajian yang begitu lengkap. Dimana, langit-langit jingga akan bermunculan menghadirkan pesan romantis. Duduk di atas pasir putih menjadi salah satu hal yang paling dinanti saat datang sore hari.

Soal penginapan, jangan terlalu kau risaukan karena ditempat ini sudah banyak tersedia penginapan dengan fasilitas bintang satu sampai bintang lima. Untuk harganya sendiri kamu bisa memilihnya mulai dari 150 irbu sampai 1 jutaan. Sungguh, menarik sekali liburan di tempat ini.

Sumber: Instagram @ isarahadiansah

Kamu juga bisa mendirikan tenda, hanya saja kamu perlu izin terlebih dahulu kepada kepala desa setempat. Bila diizinkan maka kamu boleh mendirikan tenda di sekitar pantai. Tetapi, bila tidak kamu bisa menginap di rumah warga kalau memang tempat penginapan yang ada disini sudah habis.

Kesimpulan

Pulau kakara menjadi salah satu pesona wisata di Halmahera yang tidak boleh kamu lewatkan. Perjalanan panjang memang, kurang lebih 10 jam bahkan bisa sampai 12 jam. Tetapi, semua itu akan terbayar dengan keindahan yang akan kamu dapatkan disini. Mulai dari awal sampai hingga akhirnya kamu pulang kembali. Jadi, sudah siap belum nih, berpetualang menuju ke Pulau kakara? Sayang lho bila terlewat.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…