OUR NETWORK

10 Destinasi Wisata di Tulang Bawang Barat, Sederhana tapi Menarik

Tulang Bawang Barat adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Lampung, hasil pemekaran dari Kabupaten Tulang Bawang. Lokasinya yang dikelilingi oleh daratan membuat kabupaten ini tidak banyak memiliki wisata alam yang mempesona, terutama pantai. Meskipun demikian, bukan berarti di Tulang Bawang Barat tidak ada destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Karena kamu masih bisa berkunjung ke 10 destinasi wisata di Tulang Bawang Barat seperti yang berikut ini, sederhana tapi menarik.

Cakat Raya

Sumber: Instagram @jejeniola

Cakat Raya adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Tulang Bawang. Namun lokasinya yang tak jauh dari Tulang Bawang Barat membuat destinasi ini bisa masuk ke dalam daftar tujuanmu. Bisa dibilang Cakat Raya adalah TMII versi Tulang Bawang, di mana di sana ada miniatur Candi Prambanan, berbagai miniatur rumah adat dari seluruh daerah di Indonesia, dan masih banyak lagi koleksi yang lainnya.

Desa Pagar Dewa

Sumber: Instagram @linescapade

Kemudian kamu juga bisa berkunjung ke Desa Pagar Dewa. Di sana kamu akan menjumpai masyarakat yang masih memegang teguh adat serta budaya, dan mereka juga tinggal di rumah adat khas Lampung, yakni Nuwow Sesat. Alam di Desa Pagar Dewa juga masih asri, dijamin kamu gak bakal menyesal berkunjung ke sana.

Desa Panumangan

Sumber: Instagram @ario_dwisanjaya

Kamu juga bisa berkunjung ke Desa Panumangan. Di sana kamu akan melihat hamparan sawah hijau, dan ada beberapa pondokan di tengah-tengah sawah. Alamnya yang masih asri dan suasana desa yang tenang membuat siapa saja betah berlama-lama di sana.

Islamic Center Tulang Bawang Barat

Sumber: MyDream

Islamic Center Tulang Bawang Barat sendiri terletak di Desa Pulung Kencana, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT). Di sana kamu bisa menikmati keindahan dari desain Masjid Islamic Center atau Masjid Asmaul Husna dan juga rumah adat khas Lampung yang berdiri secara rapi. Ada juga kolam ikan dan Taman Santai, yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat santai bersama keluarga.

Jembaran Desa Tirta Kencana

Sumber: Instagram @indrianiwiduri

Tidak ada yang unik dari desa ini kecuali jembatannya. Ya, jembatan bambu di desa ini terlihat sangat ikonik dengan keberadaan atap lengkungnya yang tersusun dari bambu. Berjalan di jembatan ini akan membawamu ke suasana jaman dahulu.

Jurang Seribu

Sumber: Instagram @obetover

Tak jauh dari Islamic Center Tulang Bawang Barat, kamu bisa menemukan Jurang Seribu. Tempat ini sebenarnya hanya sebuah gundukan tanah yang membentuk jalan kecil, dan menjadi akses warga yang hendak memancing atau pergi ke kebun. Tempat ini akan terlihat semakin indah pada musim penghujan, di mana tempat tersebut akan dipenuhi dengan pepohonan hijau yang membuat mata jadi adem.

Jalan Desa Panaragan

Sumber: Instagram @deswandamaquina

Selanjutnya ada Jalan Desa Panaragan. Yang unik dari jalan di desa ini adalah lintasannya yang berkelok-kelok, dan di kanan kirinya kamu akan dengan mudah menjumpai pepohonan yang rindang. Jalanan yang sepi membuat tempat ini semakin terlihat indah.

Patung Relief Empat Marga Tulang Bawang Barat

Sumber: Instagram @ilham_cacing

Kemudian ada Patung Relief Empat Marga Tulang Bawang Barat. Keempat relief tersebut merupakan penggambaran dari empat tokoh Megow Pak suku Lampung. Keempat marga yang terpahat pada relief tersebut adalah Marga Tegamoan, Marga Buay Bulan, Marga Buay Aji dan Marga Suwai Umpu. Lokasinya yang berada di tepi jalan antar kabupaten membuat patung relief ini banyak dikunjungi oleh wisawatan.

Patung Tugu Rato Nago Besanding

Sumber: Instagram@rianarachman

Selain Patung Relief Empat Marga, di Tulang Bawa Barat juga dibangun ikon unik bernama Patung Tugu Rato Nago Besanding. Dari informasi yang beredar, patung ini dibuat untuk menggambarkan keberanian dua ekor naga yang menarik pelana dan dikendarai oleh seorang kusir. Nampak pada patung tersebut bahwa kereta itu ditumpangi oleh pengantin Lampung.

Taman Agro Wisata

Sumber: Wikipedia

Tak jauh dari Islamic Center Tulang Bawang Barat, kamu akan menemui Taman Agro Wisata. Di sana kamu akan banyak menjumpai bibit tanaman buah dengan kualitas unggul. Tak hanya itu, di sana juga telah dibangun berbagai fasilitas pendukung agar lebih bisa memanjakan para pengunjung. Destinasi wisata ini cocok bagi kamu yang ingin memperkenalkan berbagai buah kepada sang buah hati.

Comments

Loading...