OUR NETWORK

Indragiri Hulu, Kabupaten dengan Sejuta Keindahan dan 10 Destinasi Wisata Terbaiknya

Indragiri Hulu, atau yang biasa disebut dengan Inhu adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Riau. Kabupaten ini letaknya dikelilingi oleh daratan, sehingga mereka tak seberuntung seperti kabupaten lainnya yang memiliki destinasi wisata pantai yang eksotis. Namun letak geografis Inhu yang sebagian wilayahnya masuk ke dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh membuat kabupaten yang satu ini memiliki pemandangan alam cukup indah. Meskipun tak memiliki pantai, namun setidaknya masih ada 10 destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Inhu, dan berikut adalah lengkapnya.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT)

Sumber: Instagram @oliifatur_rahmad

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di mana sebagian wilayah kabupaten ini masuk ke dalam kawasan TNBT. Bagi kamu yang berkunjung ke Inhu, tidak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke taman nasional yang satu ini. Dengan hutannya yang masih lebat dan alami, serta udaranya yang masih segar, berkunjung ke sini akan jadi pengalaman yang indah, terlebih kamu datang dengan pasangan.

Air Terjun Denalo

Sumber: Instagram @maulanaalifiyan

Air Terjun Denalo, adalah salah satu air terjun cantik yang dimiliki oleh Inhu. Letak dari Air Terjun Denalo sendiri berada di dalam TNBT, jadi jangan heran kalau suasana di air terjun ini masih sunyi, karena memang letaknya yang berada di tengah-tengah hutan. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun letaknya yang cukup tersembunyi membuat air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan segar. Cocok bagi kamu yang ingin bermain air.

Air Terjun Tembulun

Sumber: Instagram @tembulunberasap

Selanjutnya ada Air Terjun Tembulun, yang lokasinya berada di Desa Pejangki, Kecamatan Batang Cenaku. Air terjun ini bisa dibilang sebagai destinasi wisata baru di Inhu, oleh sebab itu masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Untuk menarik minat para pengunjung, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu mengadakan festival Tembulun Berasap demi mengenalkan lokasi wisata ini ke khalayak.

Air Terjun Sultan Limbayang

Sumber: Instagram @achmad_ucuf

Air Terjun Sultan Limbayang masih masuk ke dalam kawasan TNBT, dan secara administratif masuk ke dalam wilayah Dusun Datai, Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal. Air terjun ini juga tidak terlalu tinggi, aliran airnya pun bisa dibilang tidak terlalu deras, sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin sekedar bermain air sambil menikmati keindahan alam Sang Pencipta.

Air Terjun Tualang

Sumber: Instagram @riau_ku_wisata_ku

Masih ada lagi air terjun cantik, yakni Air Terjun Tualang yang terletak di Di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal. Air dari Air Terjun Tualang tidak langsung jatuh dari puncak ke bawah, namun terlebih dahulu melewati beberapa undakan, sehingga mengeluarkan suara gemericik yang menentramkan jiwa. Udara di air terjun ini sangat sejuk, ditambah dengan suasana yang masih sunyi, sehingga cocok bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran.

Danau Meduyan

Sumber: Youtube.com

Danau Meduyan ini terletak di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat. Selain memiliki suasana yang asri, danau ini juga menjadi tempat hidup bagi banyak ikan air tawar. Jadi tak heran, jika banyak pengunjung yang datang ke danau ini untuk memancing.

Danau Raja

Sumber: Instagram @rengat_punye

Kemudian di Kecamatan Rengat juga ada Danau Raja, yang menjadi destinasi wisata favorit penduduk setempat. Dari informasi, ketika Kerajaan Indragiri masih berdiri, danau ini menjadi tempat mandi para raja yang berkuasa, sehingga dinamakan Danau Raja. Selain bisa menikmati keindahan alamnya, para pengunjung juga bisa mencoba beberapa wahana permainan air yang ada di sana.

Kawah Biru

Sumber: Instagram @lensainhu

Inhu juga memiliki kawah unik nan cantik, yakni Kawah Biru, yang letaknya berada di Kecamatan Siberida, tak jauh dari Air Terjun Tembulun. Dinamakan kawah biru karena memang air di danau ini memiliki warna kebiru-biruan jika terkena cahaya matahari. Meskipun cantik, namun tak banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

Makam Raja Indragiri

Sumbe: Riaudailyphoto

Dahulu memang sempat ada sebuah kerajaan Islam bernama Kerajaan Idragiri yang menguasai tempat ini. Sebagai bekas tanda kekuasaannya, raja-raja Indragiri yang meninggal pun dimakaman di sana, yang di mana tempat itu sekarang bernama Desa Kota Lama. Makam-makam raja Indragiri pun masuk ke dalam kawasan cagar budaya.

Replika Istana Indragiri

Sumber: Flickr

Terakhir adalah mengunjungi Replika Istana Indragiri. Meskipun hanya replika, namun keindahan istana ini hampir sama persis dengan aslinya. Sebagaimana istana pada umumnya, di dalam bangunan ini pun terdapat berbagai ornamen klasik yang bisa dibilang cukup antik dan mewah.

Comments

Loading...