OUR NETWORK

Ke Lampung Utara Tak Lengkap Tanpa Berkunjung ke 10 Destinasi Wisata Ini

Lampung Utara adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Lampung, Sumatera, dengan ibu kota di Kotabumi. Layaknya kabupaten yang ada di Indonesia lainnya, Lampung Utara juga memiliki beberapa destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Bahkan ke Lampung Utara tidak akan lengkap rasanya tanpa berkunjung ke 10 destinasi wisata berikut ini.

Air Terjun Beringin

Sumber: Instagram @ependi_saputra

Yang pertama adalah Air Terjun Beringin, yang secara administratif berada di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Bukit Kemuning. Air terjun ini sendiri merupakan pemberhentian atau titik terakhir dari wisata alam Abung River Tubing. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun air terjun ini memiliki pesona alam yang memanjakan mata.

Bendungan Tirta Shinta

Sumber: Instagram @mamedpoe

Ada juga Bendungan Tirta Shinta, yang terletak di Desa Wonomarto, Kecamatan Kotabumi. Bendungan ini dilengkapi beberapa fasilitas penunjang seperti taman bermain, mushola, sepeda air, dan yang lain sebagainya. Meskipun tidak terlalu luas, namun Bendungan Tirta Shinta sering kali menjadi jujugan karena memang letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Kotabumi, yakni hanya berjarak 10 km.

Bendungan Way Rarem

Sumber: Instagram @danangdwisusilo

Letak Lampung Utara yang berada di tengah-tengah daratan membuat kabupaten yang satu ini tidak memiliki wisata pantai. Namun Lampung Utara memiliki banyak bendungan, karena selain Bendungan Tirta Shinta juga ada Bendungan Way Rarem, yang lokasinya berada di Kecamatan Abung Barat. Selain digunakan sebagai irigasi, Bendungan Way Rarem juga dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata dengan fasilitas yang cukup memadai.

Bendungan Way Tebabeng

Sumber: Instagram @lejar_sapar

Masih ada lagi bendungan di Lampung Utara, yakni Bendungan Way Tebabeng yang terletak di Kecamatan Blambangan Pagar. Bendungan ini cocok bagi kamu yang sedang mencari ketenangan, atau mungkin sekedar menghabiskan waktu dengan mengitari danau menggunakan sampan.

Curup Gangsa Kasui

Sumber: Instagram @dwisuciani

Curug Gangsa Kasui juga bisa kamu jadikan destinasi wisata tujuanmu jika berkunjung ke Lampung Utara. Air Terjun ini memiliki pemandangan yang cukup sempurna, dengan kondisi air terjun yang tidak terlalu tinggi namun cukup lebar.

Curup Indah Klawas

Sumber: Universitasmalahayati

Satu lagi air terjun yang cukup mempesona di Lampung Utara, yakni Curup Indah Klawas yang terletak di Dusun Gunung Klawas, Desa Pekurun, Kecamatan Abung Barat. Air terjun yang satu ini tidak terlalu tinggi dan debit air yang tidak terlalu besar, sehingga kamu pun bisa puas bermain air langsung di bawah guyuran air terjun. Lokasinya yang berada di tengah hutan membuat air terjun ini memiliki udara yang sejuk, yang akan membuatmu betah berlama-lama di sana.

Curup Menjukut

Sumber: Jalanwisata

Selain itu ada juga Curup Menjukut, yang memiliki pemandangan tak kalah indahnya. Sama seperti Curup Indah Klawas, air terjun yang satu ini juga tidak terlalu tinggi dan debit airnya pun tergolong sedang. Oleh sebab itu, banyak para pengunjung yang bermain air di bawah air terjun. Jika tidak ingin basah-basahan, menikmati keindahan air terjun pun rasanya sudah cukup, ditemani dengan suasana yang tenang dan udara yang segar.

Agrowisata Lembah Bambu Kuning

Sumber: Instagram @lembahbambukuning

Agrowisata Lembah Bambu Kuning adalah destinasi wisata yang pas untuk mengajak keluarga di akhir pekan. Karena tempat ini memiliki banyak fasilitas yang siap memanjakan para pengunjung, terutama untuk si buah hati. Karena di sini kamu akan menemukan banyak wahana permainan, mulai dari waterboom, kolam renang, hingga taman bunga. Cuaca di tempat ini juga cukup sejuk.

Tugu Payan Mas

Sumber: Instagram @kaisargbastian93_

Ke Lampung Utara tidak akan sempurna tanpa berkunjung ke Kotabumi, yang menjadi kota tertua di Provinsi Lampung. Di Kotabumi terdapat Tugu Payan Mas yang menjadi salah satu ikon dari Lampung Utara. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, payan berarti tombak, yang menjadi senjata tradisional dari suku lokal Lampung Utara, yakni Suku Abung. Tugu ini melambangkan 9 Marga Pepaduan Lampung Utara, yang direpresentasikan dengan adanya 9 payan yang mengitari tugu.

Gedung Peninggalan Belanda PT Nakau CANDIMAS

Sumber: Instagram @igoilhamhabibi

Jika kamu ingin mengunjungi tempat yang klasik, kamu bisa berkunjung ke gedung peninggalan Belanda milik PT Nakau CANDIMAS. Layaknya bangunan tua lainnya, gedung ini pun memiliki arsitektur kuno bergaya Belanda, dengan banyaknya jendela yang cukup tinggi dan lebar. Tempat ini sendiri sebenarnya bukan tempat wisata, namun banyak yang mengunjunginya karena memiliki spot foto yang epik.

Comments

Loading...