OUR NETWORK

Tak Hanya Way Kambas, Ini Dia 10 Wisata Menarik di Lampung Timur

Apa yang ada dipikiranmu saat pertama kali mendengar nama Lampung Timur? Saya yakin salah satunya adalah Taman Nasional Way Kambas. Memang tidak salah dengan hal itu, namun yang perlu kamu perhatikan bahwa destinasi wisata Lampung Timur tidak hanya Way Kambas, masih banyak beberapa tempat cantik yang harus kamu kunjungi di sana. Berikut adalah 10 tempat wisata menarik di Lampung Timur.

Danau Beringin Indah

Sumber: Instagram@yogiez_nanda

Tempat pertama yang harus kamu kunjungi adalah Danau Beringin Indah, yang terletak di Kecamatan Sukadana. Meskipun memiliki pesona alam yang indah, namun Danau Beringin Indah belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Di sana kamu bisa melakukan beberapa aktifitas, seperti memancing, perahu dayung, atau mungkin hanya sekedar duduk di tepian danau sambil menikmati suasana.

Danau Kemuning

Sumber: Instagram @anoenkramadhan

Selanjutnya ada Danau Kemuning, yang fungsi utamanya unruk irigasi persawahan. Namun lambat laun tempat yang satu ini disulap menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Daya tarik dari Danau Kemuning adalah airnya yang masih jernih, ditambah dengan suasana yang nyaman dan udara yang sejuk.

Danau Way Jepara

Sumber: Instagram @fitrianadewi97.fd

Meskipun namanya Danau Way Jepara, namun bukan berarti danau ini terletak di Kota Jepara, Jawa Tengah. Lebih tepatnya danau ini terletak di Kecamatan Jepara, Lampung Timur. Keistimewaan utama dari Danau Way Jepara adalah kondisi alam sekitarnya yang masih asri, karena memang berada di areal hutan, yang banyak ditanami pohon jati dan sono keling.

Gunung Mas

Sumber: Instagram @maencloup

Selanjutnya kamu juga bisa berkunjung ke Desa Gunung Mas, di mana di sana ada sebuah bukit yang menyajikan pemandangan indah. Rute untuk menuju ke puncak bukit juga tidak terlalu terjal, sehingga banyak warga setempat yang memilih untuk menghabiskan waktu sore mereka di atas bukit tersebut.

Hutan Pule

Sumber: Instagram @muhammadsunuy31

Hutan Pule, tempat wisata yang berada di Desa Kali Bening, Pekalongan, Lampung Timur. Tempat ini masih terbilang sebagai lokasi wisata baru, sehingga fasilitasnya pun belum memadai, namun berkunjung ke sana akan membuatmu mendapatkan ketenangan. Kamu juga bisa membawa hammock dan kemudian bersantai di sana, karena memang tempat tersebut dipenuhi dengan popohan yang berdiri berjajar secara rapi.

Pantai Kerang Mas

Sumber: Instagram @lampunginsta

Nah, ini dia salah satu pantai cantik yang ada di Lampung Timur, namanya Pantai Kerang Mas, yang terletak di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai. Berbeda dengan hutan pule, Pantai Kerang Mas sudah dikelola secara maksimal, sehingga fasilitas di pantai yang satu ini sudah cukup lengkap. Namun ombak yang besar membuat para pengunjung dilarang berenang di pantai.

Pantai Kuala Kambas

Sumber: Instagram @kab.lampungtimur

Selain Pantai Kerang Mas, juga ada Pantai Kuala Kambas. Untuk bisa menuju ke pantai ini, kamu bisa menggunakan perahu menyusuri Sungai Way Kanan, atau juga bisa menggunakan speedboat dengan menyusuri Kualan Planet. Dijamin seru, berkunjung ke pantai dengan pemandangan yang indah melalui Sungai Way Kanan yang masih terjaga kealamiannya.

Pugung Raharjo

Sumber: Kompas.com

Puas bermain di alam, selanjutnya kamu untuk berwisata sejarah di situs purbakala Pugung Raharjo. Di sana kamu akan menemukan banyak benda peninggalan bersejarah yang dilestarikan, seperti halnya enam situs punden berundak, benteng parit, situs Batu Mayat, dan Kolam Megalitik. Berdasarkan penelitain arkeolog, situs punden berundak tersebut peninggalan zaman megalitik yang telah berusia lebih dari 4000 tahun.

Way Kambas

Sumber: Instagram @danel_mahendra

Nah ini dia tempat wisata paling terkenal di Lampung Timur, yakni Way Kambas. Taman Nasional Way Kambas adalah pusat ekosistem hutan daratan rendah dan menjadi pusat pelestarian gajah Sumatera yang sudah terancam punah. Untuk masuk ke sana kamu hanya dipungut biaya tidak lebih dari 10 ribu rupiah per orang.

Wisata Mangrove

Sumber: Dutalampung

Di Lampung Timur juga terdapat wisata mangrove, yang lokasinya berada di Desa Sriminosari. Di sini kamu bisa menikmati keunikan hutan bakau dengan menyusuri jembatan yang terbuat dari bambu. Kamu juga bisa menyewa kapal untuk bisa berkeliling mengitari hutan bakau. Berada di sini akan membuatmu merasakana ketenangan batin, karena suasananya yang masih asri dan udaranya pun masih segar.

Comments

Loading...