OUR NETWORK

10 Destinasi Wisata Terbaik di Tanjung Jabung Barat, Keindahannya Bikin Nagih

Tanjung Jabung Barat adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi. Di sebelah timur laut, kabupaten yang satu ini berbatasan langsung dengan Selat Karimata. Meskipun demikian, Tanjung Jabung Barat tak memiliki pantai yang indah. Karena mayoritas pesisir Tanjung Jabung Barat dipenuhi oleh tanah berlumpur, sehingga lebih banyak ditanami bakau. Namun jangan khawatir, kabupaten yang beribu kota di Kuala Tungkal ini masih memiliki banyak destinasi wisata dengan pemandangan indah. Berikut adalah 10 destinasi wisata terbaik di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Air Terjun Bukit Bawah

Sumber: parsenipora.tanjabbarkab.go.id

Destinasi wisata pertama yang bisa kamu kunjungi di Tanjung Jabung Barat adalah Air Terjun Bukit Bawah, yang berlokasi di Desa Tanjung Bojo, Kecamatan Tungkal Ulu, atau sekitar 5 km dari jalan Lintas Timur Jambi-Pekanbaru. Karena lokasinya yang cukup jauh dari jalan utama, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk bisa sampai di Air Terjun Bukit Bawah. Namun jangan khawatir, lelahmu akan langsung dibayar lunas dengan keindahan yang disuguhkannya.

Air Terjun Calista Irawan

Sumber: k-tista-1.blogspot.com

Namanya cukup unik bukan? Ya, memang begitulah nama air terjun yang satu ini, mirip seperti nama perempuan cantik. Tapi memang seperti namanya, air terjun ini juga memiliki pemandangan yang cantik. Memang tidak terlalu tinggi dan aliran airnya pun tak terlalu deras, namun suara gemericik air dan sejuknya suasana mampu menyihir setiap pengunjung yang datang menyambanginya.

Air Terjun Seng

Sumber: lelungan.net

Kemudian ada juga Air Terjun Seng, yang berlokasi di Desa Muara Danau, Kecamatan Renah. Tak banyak informasi yang bisa digali dari Air Terjun Seng, karena memang masih tergolong sebagai destinasi wisata baru, dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun yang jelas air terjun ini juga memiliki pemandangan yang indah.

Bukit Senyum

Sumber: facebook.com
Sumber: Instagram@nanikashari_

Di Tanjung Jabung Barat juga ada sebuah bukit yang cukup terkenal, namanya Bukit Senyum. Tidak ada yang tahu pasti kenapa bukit ini dinamakan demikian. Namun menurut salah satu informasi, dinamakan Bukit Senyum karena jalan menuju ke lokasi berbentuk setengah lingkaran, sehingga mirip seperti orang tersenyum. Suasana bukit yang terletak di Pematang Lumut, Kecamatan Betara ini cukup sunyi, karena memang jauh dari keramaian. Sehingga cocok untuk mereka yang butuh ketenangan.

Danau Hijau

Sumber: Pintaram.com

Setelah puas bermain di Bukit Senyum, kamu bisa melanjutkan perjalananmu menuju ke Danau Hijau, yang berlokasi di kawasan PT. Bukit Kausar, Desa Rantau benar, Kecamatan Renah. Dinamakan demikian karena memang air danau ini berwarna kehijauan, yang dikelilingi oleh gundukan berwarna putih yang menjulang ke atas. Danau ini sendiri terbentuk di lahan bekas galian tambang yang telah lama ditinggalkan.

Hutan Mangrove

Sumber: prasojo2014.files.wordpress.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, area pesisir Tanjung Jabung Barat banyak ditumbuhi oleh tanaman bakau. Jadi gak heran, kalau di sana kamu bisa menemukan areal hutan bakau yang cukup luas. Pemandangannya pun indah, apa lagi ketika senja.

Kompleks Perkantoran Bukit Menderang

Sumber: Instagram@missdongja

Sebenarnya ini bukan tempat wisata umum. Akan tetapi banyak orang yang berkunjung ke sini di kala sore hari, untuk sekedar menikmati tamannya yang indah. Adanya danau buatan juga membuat tempat ini semakin terlihat cantik.

Pantai Kuala Tungkal

Sumber: Instagram@leo.chandra

Ingin menikmati suasana pantai di Tanjung Jabung Barat? Berkunjung saja ke Pantai Kuala Tungkal. Namun jangan berharap untuk menjumpai pantai dengan pasir putihnya, karena pantai di sini lebih banyak dihiasi oleh lumpur. Meskipun demikian, pantai ini masih menjadi lokasi liburan favorit warga, karena memang lokasinya yang dekat dengan pusat kota.

Pantai Pasir Putih

Sumber: wonderfuljambi.blogspot.co.id

Kemudian ada Pantai Pasir Putih, yang mungkin saja menjadi satu-satunya pantai berpasir di Tanjung Jabung Barat. Meskipun demikian, area tepi pantainya juga tak cukup luas, karena banyak ditumbuhi tanaman bakau. Akan tetapi semilir angin laut dan deburan ombak sudah cukup untuk menenangkan batin.

Water Front City

Sumber: tanjabbarkab.go.id

Bangunan ini sebenarnya berfungsi untuk memecah ombak. Akan tetapi bangunannya yang strategis, dengan menghadap langsung ke laut, membuatnya lambat laun banyak dikunjungi oleh wisatawan. Waktu terbaik untuk menikmati tempat ini adalah di saat sore hari, di mana senja mampu menjadikan suasana lebih syahdu.

Comments

Loading...