OUR NETWORK

10 Tempat Wisata Terbaik di Sawahlunto, Kamu Wajib ke Sini

Sumatera Barat memang dikenal sebagai kabupaten yang memiliki sejuta keindahan alam. Hal itu tidak lepas dari banyaknya dataran tinggi yang menghiasai provinsi dengan ibu kota di Padang tersebut. Salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Barat adalah Sawahlunto, yang terletak 95 km di sebelah timur laut Kota Padang.

Sawahlunto juga terkenal sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berkunjung ke Sawahlunto tidak akan lengkap jika kamu tak berkunjung ke-10 destinasi wisata ini. Dijamin, kamu tidak akan pernah menyesal.

Danau Biru

Sumber: Instagram @tourjambisumbar

Yang pertama ada Danau Biru, yang terletak di Tumpuak Tangah, Talawi. Danau ini tercipta dari hasil galian tambah batubara yang sudah sejak lama ditinggalkan oleh para penambang. Meskipun memiliki keindahan yang cukup menawan, namun jalanan sekitar danau yang masih berbatu membuatmu harus lebih berhati-hati. Meskipun demikian, kamu dijamin akan betah menikmati indahnya pemandangan di Danau Biru.

Danau Kandih

Sumber: Instagram @neelampiliank

Sama seperti Danau Biru, Danau Kandih juga tercipta hasil dari bekas galian tambang batubara. Meskipun sama-sama bekas galian tambang batubara, namun Danau Kandih tidak memiliki air yang berwarna biru. Namun jangan berkecil hati dulu, karena Danau Kandih memiliki pemandangan alam sekitar yang tidak kalah menawan. Air di Danau Kandih sendiri bersumber dari Sungai Batanghari.

Lubang Mbah Soero

Sumber: Instagram @sucihandayaniasri

Sumber: Instagram @putriana15

Kemudian ada Lubang Mbah Soero, destinasi di Sawahlunto lainnya yang harus kamu kunjungi. Lubang Mbah Soero adalah terowongan sepanjang 1.5 km, yang merupakan salah satu fasilitas untuk pertambangan batubara di masa lalu. Nama Soero sendiri diambil dari nama mandor tambang batubara kala itu. Untuk ke sini, ada baiknya kamu menggunakan jasa guide, yang akan menemanimu menyusuri Lubang Mbah Soero, sambil sesekali bercerita mengenai sejarah dari lubang tersebut.

Puncak Cemara

Sumber: Instagram @herisupriadi_hs

Ingin menikmati Kota Sawahlunto dari atas ketinggian? Jika iya, maka kamu wajib mengunjungi Puncak Cemara, yang lokasinya tidak jauh dari kota. Selain menikmati pemandangan kota, di sini kamu juga bisa bermain di playground yang sudah disediakan, atau mungkin bersantai di beberapa fasilitas gazebo yang ada di sana.

Lubang Kalam

Sumber: Instagram @infoduri

Lubang Kalam adalah terowongan kereta api yang dibangun menembus kaki Bukit Barisan. Meskipun sudah tidak lagi digunakan, terowongan yang menghubungkan antara Stasiun Kereta Api Sawahlunto dengan Stasiun Kereta Api Muara Kalaban ini masih kokoh berdiri. Di masa lampau, Lubang Kalam adalah terowongan yang menjadi akses perdagangan batubara di Sawahlunto.

Batu Runcing

Sumber: Instagram @runasyaheselfitra

Batu Runcing terletak di Kecamatan Silungkang, Sawahlunto. Batu Runcing sendiri adalah batuan kapur yang mengalami pengikisan akibat air hujan selama ribuan tahun. Tidak banyak yang tahu mengenai lokasi Batu Runcing, sehingga kamu pun harus menyewa guide untuk pergi ke sana. Satu pesan untukmu, selalu jaga keselamatan.

Padang Savana Kolok

Sumber: Google

Pingin menikmati padang savana seperti yang ada di Sumbawa? Kamu tidak perlu jauh-jauh, karena di Sawahlunto juga terdapat padang savana yang tidak kalah indahnya, tepatnya terletak di Desa Kolok. Meskipun akses ke sana masih cukup sulit karena minimnya petunjuk arah, namun kamu dijamin puas dengan keindahan yang disuguhkan.

Puncak Polan

Sumber: Instagram @badril.hs

Jika sebelumnya ada Puncak Cemara, kini ada Puncak Polan, yang juga menyajikan view point lain dari Kota Sawahlunto. Bedanya dengan Puncak Cemara adalah kamu bisa melakukan olahraga ekstrem paralayang di Puncak Polan. Lokasi Puncak Polan juga tidak jauh dari Puncak Cemara, yakni masih di sekitaran Kota Sawahlunto.

Air Terjun Sungai Bikan

Sumber: Instagram @mudihari

Pingin ke air terjun? Sawahlunto juga memiliki air terjun, yakni Air Terjun Sungai Bikan yang terletak di Kenagarian Sijantang di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Air Terjun Sungai Bikan sendiri terletak di tengah-tengah hutan, dan tidak jauh dari lokasi air terjun terdapat bumi perkemahan.

Bukit Teletubbis

Sumber: Google

Yang terakhir adalah Bukit Teletubbis. Dinamakan demikian karena memang lokasi ini memiliki beberapa bukit yang sambung menyambung, mirip seperti serial tv anak-anak, Teletubbies. Dengan pemandangan yang menakjubkan dan udara yang masih sejuk, kamu pun dijamin betah berlama-lama di sini.

Comments

Loading...