OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Banggai Laut, Kabupaten dengan Sejuta Keindahan Pantai

Banggai Laut adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah. Kabupaten ini sendiri hasil dari pemekaran dari Kabupaten Banggai Kepulauan, yang disahkan oleh DPR RI pada 14 Desember 2014 yang lalu.

Sama seperti Kabupaten Banggai Kepulauan, wilayah Banggai Laut juga didominasi oleh perairan. Jadi gak heran, kalau kabupaten dengan luas wilayah 598,8 km persegi ini banyak memiliki pulau yang cantik nan indah.

Akan tetapi Kabupaten Banggai Laut juga tidak hanya memiliki pantai yang indah, mereka juga masih memiliki beberapa destinasi wisata menarik lainnya yang patut untuk dikunjungi. Mau tahu selengkapnya? Silahkan simak saja yang berikut ini.

Pulau Bandang

Sumber: Instagram @achyuyu

Sumber: Instagram @faisal_mataiya

Pulau Bandang adalah salah satu pulau yang terletak di Kecamatan Banggai Tengah, Kabupaten Banggai Laut. Pulau Bandang bisa dibilang belum banyak terjamah oleh manusia, jadi jangan heran kalau pulau yang satu ini masih terlihat ‘perawan’ dan terjaga akan kebersihannya. Untuk menuju ke sini, kamu harus menyewa perahu nelayan setempat. Karena memang belum banyak dijamah manusia, fasilitas di Pulau Bandang pun sangat minim. Namun satu yang pasti, kamu akan disuguhkan oleh keindahan alam yang tiada duanya.

Pulau Bukakan

Sumber: Detik Travel

Kemudian tidak jauh dari Pulau Bandang, kamu juga bisa menyusuri Pulau Bukakan. Untuk ke sana, kamu akan memakan waktu perjalana selama kurang lebih 30 menit dengan menggunakan perahu nelayan. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana, mulai dari berenang hingga snorkling.

Pulau Bakakang

Sumber: Instagram @anto.scout

Sumber: Instagram @anthhyanthy

Ada juga Pulau Bakakang, satu dari sekian banyak pulau cantik yang ada di Banggai Laut. Di sini kamu benar-benar akan merasa berada di surga, dengan pemandangan yang menawan, semilir air laut, dan suara deburan ombak yang bergantian akan menghiasi hari-harimu di sini. Selain bisa menikmati keindahan pulau, kamu juga bisa berkeliling pulau dengan menggunakan perahu nelayan setempat.

Pantai Bongo

Sumber: Instagram @rizqie_lakers

Masih banyak pulau cantik di Kabupaten Banggai Laut yang harus kamu kunjungi, salah satunya adalah Pulau Banggai. Yang istimewa dari pulau ini adalah keberadaan Pantai Bongo. Pantai itu terasa istimewa karena dibatasi langsung oleh tebing yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau. Pantainya yang bersih menjadikan Pantai Bongo menjadi lokasi favorit bagi penduduk setempat untuk berenang.

Desa Mandel

Sumber: Instagram @dst_drone

Sumber: Instagram @real_1602

Kenapa harus desa? Ada apa dengan Desa Mandel? Bukan seperti desa pada umumnya, karena desa yang satu ini terletak persis di tepi pantai. Meskipun letak pantainya tidak jauh dari pemukiman, namun pantai di sana masih tetap terjaga kebersihannya. Jadi selain bisa menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal setempat.

Pantai Batu Lubang

 
Sumber: Instagram @iamhenryws

Selanjutnya ada Pantai Batu Lubang. Yang menarik dari pantai ini adalah keberadaan sebuah tebing di tepi pantai, yang di mana tebing tersebut terdapat lubang yang menganga cukup besar. Selain itu, keberadaan beberapa batu karang di tepi pantai juga akan menambah keindahan dari pantai yang satu ini.

Padang Laya

Sumber: Instagram @donalnadjil

Banggai gak melulu pantai lho! Ternyata, Mulai Dari Air Terjun Hingga Bukit, Semua Ada di Banggai. Puas berwisata pantai, kamu juga bisa berkunjung ke Padang Laya, yang merupakan daerah perbukitan dengan pemandangan yang cukup menawan. Memang tidak banyak yang bisa kamu lakukan di sini kecuali berfoto ria atau pun camping, namun kamu dijamin akan takjub dengan keindahan yang disuguhkan oleh Padang Laya.

Air Terjun Piala

Sumber: Instagram @sedikitgendut

Selanjutnya ada juga Air Terjun Piala. Dinamakan demikian karena air terjun yang satu ini berundak dengan lebar yang cukup besar. Dengan debit air yang tidak terlalu deras dan tidak terlalu tinggi, kamu pun bisa dengan leluasa bermain air tepat di bawah air terjun.

Pantai Bulung

Sumber: Google

Kembali lagi ke pantai, kali ini Pantai Bulung. Sama seperti pantai yang ada di Kabupaten Banggai Laut, Pantai Bulung juga memiliki keindahan panorama yang mengagumkan. Namun ada hal seru lainnya yang bisa kamu lakukan di sini, yaitu snorkling. Karena memang Pantai Bulung memiliki pemandangan bawah laut yang cukup indah.

Pantai Lambangan Pauno

Sumber: Instagram @moh_iqbal_supa

Kemudian yang terakhir adalah Pantai Lambangan Pauno. Hampir sama dengan Pantai Batu Lubang, di mana di Pantai Lambangan Pauno juga terdapat karang berlubang yang jadi ikon pantai tersebut. Soal keindahan alam, baik Pantai Batu Lubang atau Pantai Lambangan Pauno sama-sama mengagumkan.

Comments

Loading...