OUR NETWORK

10 Tempat Wisata Terbaik di Sungai Penuh yang Wajib Kamu Kunjungi

Sungai Penuh di sini bukan berarti sungai yang meluap, melainkan nama salah satu kota yang berada di provinsi Jambi. Menurut informasi, Sungai Penuh adalah pemekaran dari kabupaten Kerinci dan menjadi kota terbesar kedua di Jambi, yang dibentuk berdasarkan UU Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008. Lokasinya yang tak jauh dari gunung Kerinci membuat kota yang satu ini memiliki banyak bukit yang indah dan menawan. Namun tak hanya bukit, karena masih banyak destinasi wisata lainnya yang layak untuk kamu kunjungi ketika berada di Sungai Penuh. Nah, berikut adalah 10 destinasi wisata terbaik di Sungai Penuh yang wajib untuk dikunjungi.

Bukit Impian

Sumber: Instagram@zabetanggraini26

Yang pertama adalah Bukit Impian, yang secara administratif terletak di Sumur Gedang, Pesisir Bukit, Sungai Penuh. Di sini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan berupa bentang alam hijau Jambi. Selain itu, di sini juga disediakan banyak spot foto yang tentunya cukup Instagramable.

Bukit Kayangan

Sumber: Instagram@pegi_pegi

Kemudian ada Bukit Kayangan, yang bisa dibilang sebagai destinasi wisata terpopuler di Sungai Penuh. Secara administratif bukit ini terletak di Sungai Jernih, Sungai Penuh, kota Sungai Penuh, dan masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Sesampainya di Bukit Kayangan, kamu akan langsung disuguhkan oleh pemandangan alam hijau yang sangat menyejukkan. Dari atas, kamu juga bisa menyaksikan segerombolan awan yang bergerak secara perlahan, menciptakan suasana mistis nan romantis.

Bukit Sentiong

Sumber: Instagram@ivon_septiandri

Setelah itu ada juga Bukit Sentiong, yang terletak di dusun Sungai Akar, desa Pelayang Raya, kecamatan Sungai Bungkal, kota Sungai Penuh. Bukit ini dinamakan demikian karena memang di kaki bukit terdapat banyak makam China. Dari atas Bukit Sentiong, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan kota Sungai Penuh, sembari ditemani oleh semilir angin sejuk yang berhembus dan suasana tenang yang memanjakan pikiran.

Bukit Simancik

Sumber: Instagram@jayakesuma

Masih tentang bukit, kali ini ada Bukit Simancik yang berada di dusun Sungai Jeruan, desa Sungai Jernih, kota Sungai Penuh. Bisa dibilang Bukit Simancik adalah destinasi wisata baru yang ada di Sungai Penuh, jadi jangan heran kalau tempat ini masih jarang didatangi oleh wisatawan. Akses jalan menuju ke Bukit Simancik juga belum begitu memadai, dan bahkan kamu harus berjalan kaki dengan jarak yang lumayan jauh untuk bisa sampai di atas bukit.

Bukit Tapan

Sumber: Instagram@januarefendi5

Bukit Tapan adalah salah satu destinasi wisata yang berada di Sungai Penuh, kota Sungai Penuh. Berbeda dengan Bukit Simancik, akses jalan menuju ke Bukit Tapan cukup memadai dan bahkan bisa dilewati oleh kendaraan roda empat. Perpaduan antara perbukitan dan pepohonan yang rindang membuat bukit ini sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata liburan bersama keluarga.

Jembatan Kerinduan

Sumber: Instagram@lukman_prayanka

Kemudian ada Jembatan Kerinduan, yang juga memiliki pemandangan cukup menawan. Jembatan ini sering kali menjadi tempat muda-mudi menghabiskan waktu sore hari mereka, karena memiliki pemandangan sunset yang sangat cantik dan romantis.

Masjid Agung Pondok Tinggi

Sumber: hoteljayawisata.com

Setelah berwisata alam, kini saatnya kita berwisata religi di Masjid Agung Pondok Tinggi, yang terletak di Jl. Kol. M. Koekoeh, Pd. Tinggi, Sungai Bungkal, kota Sungai Penuh. Berdasarkan informasi yang didapat, ini adalah masjid tertua yang berada di kabupaten Kerinci dan kota Sungai Penuh. Bapak proklamator Indonesia, Bung Hatta bahkan pernah menunaikan sholat di masjid yang sati ini pada tahun 1953 yang lalu.

Masjid Raya Hamparan Rawang

Sumber: facebook.com

Ada juga Masjid Raya Hamparan Rawang yang terletak di Jl. Koto Dian-Simpang Tiga Rawang, Sunga Penuh, kota Sungai Penuh. Konon, masjid ini sudah ada sejak tahun 1800’an dengan bangunan yang terbuat dari bambu dan beratapkan ijuk. Akan tetapi masjid ini kemudian direnovasi pada tahun 1938 yang lalu, yang di mana bangunan barunya berarsitektur gabungan antara Eropa dan Persia, yang didesain oleh Angku Lunak.

Rumah Larik

SUmber: ennyzaliavari.blogspot.com

Tahu gak apa itu rumah Larik? Ya, rumah Larik adalah rumah khas orang Kerinci di zaman dahulu. Rumah Larik biasanya memiliki panjang sekitar 100 meter, dengan posisi menghadap ke timur dan barat. Yang unik dari rumah ini adalah pembangunannya yang tidak menggunakan paku untuk menyambungkan satu bagian dengan yang lainnya, melainkan hanya menggunakan pasak yang terbuat dari bambu betung tua.

Taman Bunga Puti Senang

Sumber: tanziaberbagiinformasi.blogspot.com

Yang terakhir adalah Taman Bunga Puti Senang, yang terletak di desa Talang Lindung, Sungai Penuh. Di tempat tersebut, kamu akan disuguhkan berbagai jenis bunga yang cantik dan pemandangan alam kota Sungai Penuh yang memanjakan mata.

Comments

Loading...